Agar Tidak Cedera, Ikuti 8 Pemanasan Sebelum Olahraga

Agar Tidak Cedera, Ikuti 8 Pemanasan Sebelum Olahraga

Sebelum melakukan kegiatan olahraga, kamu harus mengawalinya dengan gerakan pemanasan dulu ya Sobat WE+. Pemanasan ketika berolahraga ini banyak sekali manfaatnya. Salah satu manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah menghindari kram pada kaki atau cedera. Apabila tubuh kamu kram saat berolahraga, maka hal itu bisa merusak jaringan yang ada di dalam tubuh.

Sebab, ketika kamu melakukan aktivitas yang berat tanpa ada persiapan maka tubuh akan terlalu lelah dan tidak kuat. Beberapa gerakan pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga akan mengatur kesiapan tubuh saat akan berolahraga. Pemanasan yang baik dilakukan selama 15 menit saja. Dampak baik dari pemanasan adalah melancarkan kegiatan olahraga dan tubuh siap melakukan berbagai gerakan, jika dilakukan pemanasan terlebih dulu.

8 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga yang Tepat

Berikut ini gerakan yang biasa dilakukan dalam pemanasan, sebelum melakukan kegiatan olahraga:

1. Memutar Kepala

Gerakan yang satu ini sangat mudah, yaitu dengan menggerakkan leher yang searah dengan jarum jam dalam hitungan 8 detik saja. Kemudian lakukan lagi ke arah sebaliknya juga dalam waktu 8 detik. Kepala akan merespon gerakan ini dengan meningkatkan detak jantung, fungsi otak, serta penyerapan oksigen yang akan membantu kegiatan olahraga.

2. Memutar Pinggang

Bagian pada gerakan ini berbeda di bagian tubuhnya saja tetapi gerakan kepalanya sama. Caranya yaitu dengan meregangkan kaki yang searah dengan pundak kemudian putar searah jarum jam selama 8 detik. Lakukan dengan gerakan sebaliknya.

3. Memutar Lutut

Lutut juga harus mengalami proses pemanasan sebelum kamu melakukan olahraga. Caranya yaitu rapatkan kedua lutut kemudian goyangkan dengan arah jarum jam selama 8 detik saja. Fungsi pemanasan ini adalah untuk melenturkan lutut.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

4. Memutar Bahu

Gerakan pemanasan berikutnya yaitu pada bagian bahu. Gerakan tubuh selalu berkaitan dengan gerakan bahu. Hal ini akan memudahkan kegiatan berolahraga yang Sobat WE+ lakukan seperti misalnya berlari.

5. Memutar Kedua Lengan

Sama halnya dengan bahu, lengan juga terkait dengan area gerak untuk melakukan pemanasan. Kedua lengan digerakkan seperti kincir angin dalam waktu 8 detik dengan gerak yang teratur.

6. Meregangkan Pergelangan Paha

Bagian berikutnya yang juga penting dalam pemanasan adalah meregangkan paha. Apalagi jika kamu senang berolahraga lari dan sanggu berlari hingga 10 Km. Caranya juga mudah, regangkan jarak pada kedua kaki dan berpangku di salah satu paha baik dari samping kiri maupun kanan.

7. Menekuk Pergelangan Kaki

Cara melakukan pemanasan ini adalah mengangkat kaki sekaligus untuk menjaga keseimbangan. Gerakan pemanasan ini hampir selalu dilakukan di setiap kegiatan olahraga apapun seperti olahraga renang, sepak bola, berlari atau bersepeda.

Fungsi dari latihan pemanasan ini adalah untuk melatih kelenturan di bagian tumit, kaki dan juga paha. Tubuh pun akan mengatur keseimbangan dengan memberi sinyal dalam mengatur suhu sebelum mulai melakukan olahraga.

8. Menekuk Pergelangan Tangan

Bagian pergelangan tangan kamu juga harus ditekuk saat melakukan gerakan pemanasan ya Sobat WE+. Supaya bagian pergelangan tangan kamu tidak mengalami cedera. Cara pemanasannya yaitu dengan melipat tangan ke arah yang berlawanan. Misalnya tangan kanan ke tangan kiri kemudian tekan dengan perlahan memakai tangan kiri. Lakukan gerakan sebaliknya dengan tangan kanan.

Nah, itulah beberapa gerakan pemanasan yang penting dilakukan sebelum olahraga ya sobat WE+. Dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga maka kamu bisa terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan selama berolahraga ya Sobat WE+. Jadi jangan sepelekan gerakan pemanasan.

Penulis: Raka 18 Jan 2021 479