Wajib Tahu! Ini 6 Manfaat Nasi Merah untuk Kesehatan Tubuh

Wajib Tahu! Ini 6 Manfaat Nasi Merah untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu jenis makanan yang sering digunakan untuk proses diet adalah nasi merah. Tidak seperti nasi putih yang biasanya kita makan, beras yang berwarna merah memiliki kandungan karbohidrat lebih sedikit dan tinggi serat. Kedua hal tersebut sangat bermanfaat dan membantu orang yang ingin menurunkan berat badannya.

6 Manfaat Nasi dari Beras Merah untuk Kesehatan

1. Mengendalikan Berat Badan

Tidak salah kalau mereka yang sedang diet untuk mengurangi berat badan lebih memilih beras merah dibandingkan dengan beras putih biasa. Kandungan serat yang cukup tinggi pada beras merah akan membuat perut merasa lebih lama kenyang sehingga jumlah makanan yang dikonsumsi berkurang.

Selain itu kandungan karbohidrat yang merupakan sumber kalori pada beras merah lebih sedikit dari beras biasa sehingga mengurangi pembentukan lemak. Nasi yang berasal dari beras merah memiliki kandungan protein lebih tinggi yang akan meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak dalam tubuh.

2. Menangkal Radikal Bebas

Setiap hari tubuh kita terpapar radikal bebas yang berasal dari asap kendaraan, polusi dan sejenisnya. Akibat paparan radikal bebas sel jaringan organ tubuh bisa mengalami kerusakan lebih cepat sehingga mudah terserang penyakit. Radikal bebas juga menyebabkan terjadinya penuaan dini yang membuat kamu menjadi terlihat lebih tua dari umur sebenarnya.

Mengkonsumsi nasi dari beras merah bisa membantu tubuh melawan radikal bebas. Adanya kandungan zat besi dan mangan didalamnya membuat beras merah kaya akan antioksidan. Zat antioksidan inilah yang berperan melawan paparan radikal bebas pada tubuh.

3. Sumber Vitamin B6

Agar bisa berfungsi baik maka tubuh membutuhkan vitamin salah satunya adalah vitamin B6. Fungsi vitamin B6 yaitu meningkatkan produksi hormon serotonin yang bermanfaat untuk meningkatkan mood dan menstimulasi perasaan gembira. Serotonin akan menjauhkan seseorang dari kemungkinan mengalami depresi dan stres.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Di samping itu vitamin B6 membantu organ-organ yang ada di dalam tubuh untuk bisa bekerja secara maksimal. Ketika semua organ mampu menjalankan tugasnya dengan baik maka kesehatan tubuh akan terjaga.

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler seperti jantung bisa sangat mematikan bahkan menjadi penyebab kematian yang cukup tinggi di dunia. kamu bisa mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler dengan rutin makan nasi yang dimasak dari beras merah.

Antioksidan berupa mangan, kalium dan zat lignan telah terbukti mampu mengurangi kadar lemak dan kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu zat antioksidan tersebut juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah serta mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh.

5. Mengontrol Gula Darah

Diabetes juga menjadi jenis penyakit yang cukup berbahaya dan sering menyebabkan kematian mendadak. Seseorang yang menderita diabetes disebabkan oleh ketidakmampuan insulin memecah gula di dalam darah dan akhirnya menumpuk di dalamnya. Gula darah yang jumlahnya tidak terkontrol inilah yang memicu munculnya penyakit diabetes pada seseorang.

Mengganti nasi putih dengan yang berwarna merah secara tidak langsung membantu tubuh untuk mengendalikan gula darah. Nasi berwarna merah mengandung Indeks Glikemiks yang jauh lebih rendah sehingga tidak akan memicu kenaikan gula darah.

6. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Makan nasi yang diolah dari beras merah juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Beras merah mengandung senyawa magnesium tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang sehingga menjadi lebih kuat.

Mulai sekarang Sobat We+ bisa secara perlahan mengganti beras putih dengan nasi merah agar kesehatan semakin terjaga. Rasanya memang tidak seenak nasi putih namun menyimpan manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba nasi merah ini ya sobat WE+!

Penulis: Raka 22 Jan 2021 249