5 Penyebab Vertigo dari Kebiasaan dan Aktivitas Sehari-hari

5 Penyebab Vertigo dari Kebiasaan dan Aktivitas Sehari-hari

Pernahkah kamu mengalami pusing hingga seolah-olah sekelilingmu berputar? Kondisi itu dikenal dengan istilah vertigo. Penyebab vertigo ini beragam, tetapi umumnya karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat. Selain itu, gangguan pada telinga juga dapat menyebabkan vertigo.

Penyebab Vertigo Kambuh Tiba-tiba

Jika kamu mengidap gangguan vertigo ini, maka perlu waspada dalam beraktivitas. Sebab, ada beberapa hal yang bisa memicu vertigo kambuh secara tiba-tiba. Vertigo yang kambuh mendadak, dapat membahayakan penderitanya, lho. Untuk itu, yuk, kita simak beberapa penyebab kambuhnya vertigo.

1. Bangun Tiba-tiba

Jika kamu pengidap vertigo, sebaiknya perhatikan caramu bergerak. Hindari bangkit dari jongkok secara tiba-tiba. Gerakan ini dapat memicu vertigo kambuh. Bangkitlah dengan perlahan agar keseimbangan tetap terjaga. Begitu juga saat bangun tidur. Duduklah sejenak di tempat tidur, kemudian berdiri perlahan. 

2. Menggerakkan Kepala Secara Drastis

Tiba-tiba mendongak atau menunduk juga dapat mengakibatkan vertigo kambuh. Gerakan kepala yang tiba-tiba dan drastis ini dapat mengakibatkan gangguan pada organ penyeimbang di telinga. Akibatnya, keseimbangan tubuh terganggu dan menjadi limbung, seolah akan terjatuh.

3. Mengonsumsi Makanan yang Menyebabkan Gangguan Pembuluh Darah

Makanan tertentu bisa menjadi penyebab vertigo kambuh. Contohnya adalah makanan berlemak, jeroan, atau gorengan. Makanan tersebut dapat mengakibatkan pembuluh darah terganggu. Sebab, kadar lemak dalam darah akan meningkat dan membentuk plak yang dapat menyumbat aliran darah. Kondisi ini dapat membuat vertigo kambuh.

4. Perokok Berat

Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol juga merupakan penyebab vertigo kambuh, lho. Merokok dapat mengganggu tekanan darah dan membuat dinding pembuluh darah menjadi kasar. Akibatnya, penumpukan plak dalam pembuluh mudah terjadi dan menyumbat aliran darah. Akibatnya, suplai oksigen ke otak kurang dan menyebabkan vertigo kambuh. 

5. Kebiasaan Konsumsi Kafein

Merasa lebih segar, bersemangat, dan tidak mengantuk setelah minum kopi? Memang kopi dapat menimbulkan efek tersebut, tetapi sayangnya juga menimbulkan risiko pada penderita vertigo. Menurut sebuah penelitian, kafein yang terkandung dalam teh dan kopi dapat mengakibatkan gangguan vertigo lebih parah.

Jadi, bagi pengidap vertigo, perlu mengubah kebiasaan buruk untuk mengurangi resiko kambuh. Biasakan hidup sehat dengan menjaga asupan makanan. Hindari makanan yang terlalu manis maupun asin. Biasakan olahraga agar peredaran darah menjadi lancar. Namun, perhatikan jenis gerakan olahraganya agar tidak malah memicu kambuhnya vertigo.

Selain lima kebiasaan dan aktivitas penyebab munculnya gejala vertigo tersebut, ada juga penyebab lainnya, yaitu adanya kondisi gangguan kesehatan tertentu. Kamu perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap gejala vertigo jika mengidapnya. Beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan vertigo adalah sebagai berikut.

  • Tumor otak

  • Migrain

  • Kencing manis

  • Tekanan darah tinggi

  • Infeksi telinga

Gejala Vertigo

Jika kamu mengalami vertigo, terutama dengan gejala yang menetap dalam waktu lama, segera konsultasikan dengan dokter, ya. Sebab, vertigo yang kambuh tiba-tiba dapat membahayakan. Misalnya saja, jika sedang berkendara, dapat mengakibatkan kecelakaan. Selain itu, penderita vertigo dapat jatuh akibat hilangnya keseimbangan. Jadi, waspadai gejala vertigo berikut ini.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Pusing dan merasa sekeliling berputar

  2. Mual dan muntah

  3. Telinga berdenging, atau hilang pendengaran

  4. Berkeringat dingin

  5. Muncul rasa seolah-olah akan jatuh

  6. Bola mata bergerak secara tidak normal

  7. Kesulitan berjalan karena limbung

  8. Pandangan seolah berbayang-bayang

Jika mengalami gejala vertigo, sebaiknya langsung menghentikan aktivitas agar tidak semakin parah. Jika sedang berkendara, sebisa mungkin menepi dan menghentikan kendaraan. Hal ini perlu untuk menghindari risiko yang fatal. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan saat mengalami gejala vertigo.

  1. Segera duduk. Jika memungkinkan, sebaiknya berbaring dengan menggunakan bantal yang tinggi

  2. Konsentrasi untuk mengatur napas

  3. Memijat kepala dengan gerakan ringan dan memenangkan

  4. Minum air putih, atau jahe hangat untuk mengurangi rasa mual

 

Itulah tadi penyebab vertigo yang berkaitan dengan kebiasaan dan aktivitas. Dengan mengetahuinya, kamu dapat menghindari kebiasaan buruk tersebut agar vertigo tidak kambuh. Sebaiknya rutin memeriksakan diri pada dokter untuk mencegah vertigo menjadi lebih parah.

Penulis: Raka 28 Dec 2020 593