Ketahui 5 Manfaat Lari Pagi ini Demi Kesehatanmu

Ketahui 5 Manfaat Lari Pagi ini Demi Kesehatanmu

Lari pagi merupakan salah satu olahraga menyehatkan yang mudah sekali dilakukan. Selain itu, olahraga ini juga tidak memerlukan perlengkapan khusus, sehingga cukup ekonomis dan bisa dilakukan oleh segala jenis usia, baik muda, dewasa, hingga orang yang sudah lanjut usia sekalipun. Lalu, apa saja manfaat lari pagi untuk menjaga kesehatanmu?

5 Manfaat Lari Pagi Demi Kesehatan Tubuh

Berikut ini akan Kami Jelaskan Apa saja Manfaat Lari Pagi demi Kesehatan Tubuh Kamu.

1. Menguatkan Tulang

Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa dengan olahraga, mungkin lari pagi akan membuat mereka capek dan tak jarang juga tulang terasa pegal-pegal. Namun, tahukah kamu sobat WE+, ternyata manfaat lari pagi yang jarang kita sadari adalah dapat menguatkan tulang.

Hal ini juga sudah dibuktikan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Missouri. Penelitian ini menemukan bahwa seorang pelari, cenderung memiliki tulang yang lebih padat dan kuat jika dibandingkan dengan seorang pesepeda. Untuk itu, jangan salah menilai jika lari pagi hanya akan membuatmu pegal-pegal saja ya, sobat WE+.

2. Menyehatkan Jantung

Tidak hanya bermanfaat untuk tulang kakimu saja. Faktanya, lari pagi juga akan membuat jantungmu aktif memompa darah, sehingga sangat baik bagi kesehatan jantungmu. Aliran darah yang masuk ke jantung ini akan membawa berbagai nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk tubuh. bisa dibayangkan, jika jantung tidak teraliri darah dengan baik.

Sebuah penelitian juga telah membuktikan bahwa seseorang yang berlari sejauh 16 KM dalam seminggu, bisa menurunkan resiko penyakit maupun gangguan tekanan darah hingga 39%. Tidak hanya itu, masalah endapan kolesterol pada pembuluh darah jantung, atau yang biasa disebut aterosklerosis juga bisa menurun di angka 34%.

3. Menurunkan Berat Badan

Dalam tubuh, seseorang memiliki cadangan energi berupa glikogen pada otot, hati, dan juga lemak. Semua asupan energi ini didapat melalui makanan. Jika tubuh kurang aktivitas, maka sumber energi dari makanan ini akan menjadi tumpukan lemak sehingga menyebabkan seseorang mengalami obesitas.

Obesitas sendiri merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disepelekan. Pasalnya, lemak yang berlebihan dalam tubuh seseorang bisa menyumbang aliran darahnya ke jantung, sehingga bisa menyebabkan resiko terjadi stroke. Manfaat lari pagi dalam hal ini adalah dapat menurunkan berat badan seseorang. Sehingga tubuh bisa memecah lemak menjadi energi. Tidak heran jika olahraga ini akan sangat bagus untuk menunjang program diet yang sedang dilakukan. 

4. Menyehatkan Paru-Paru

Manfaat lari pagi selanjutnya adalah menyehatkan organ paru-paru kita menjadi lebih sehat dan bersih. Pasalnya, saat seseorang lari pagi tentu dia akan menghirup udara bersih dengan kandungan oksigen tinggi. Hal inilah yang bisa membuat pernapasan menjadi lebih sehat, terutama untuk kamu yang memiliki penyakit pada saluran pernapasan.

Sebuah penelitian yang melibatkan penderita asma, telah menguji manfaat dari lari pagi selama 3 bulan berturut-turut. Dari penelitian ini, didapatkan bahwa serangan asma mereka jarang kambuh, karena rutinnya melakukan olahraga yang satu ini.

5. Mencegah Kanker Usus

Sobat WE+, masalah sampah ternyata tidak berhenti dengan apa yang kita lihat melalui mata saja. Pasalnya, dalam tubuh, ternyata terdapat sampah yang berasal dari sisa makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sampah dalam tubuh yang tertimbun ini, bisa membuat seseorang terkena kanker usus. Untuk itu, melakukan olahraga ringan seperti lari pagi selama 30-60 menit ternyata cukup efektif untuk mencegah kanker usus.

Itulah lima manfaat lari pagi yang wajib kamu ketahui untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Aktivitas ini tergolong olahraga yang sangat mudah dilakukan oleh segala jenis usia. Untuk itu, jangan lupa membiasakan diri hidup sehat mulai sekarang! 

Penulis: Raka 12 Oct 2020 45