7 Macam Manfaat Bersepeda Ini Baik untuk Kesehatanmu

7 Macam Manfaat Bersepeda Ini Baik untuk Kesehatanmu

Salah satu olahraga ringan yang banyak digemari adalah bersepeda. Dengan melakukan aktivitas ini, seseorang bukan hanya akan memperoleh manfaat bagi kesehatannya saja, namun juga bonus untuk menikmati pemandangan sekitar. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak manfaat bersepeda yang bisa Kamu peroleh bila melakukannya secara rutin. Tapi apa saja ya?

Apa Saja Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh ?

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari bersepeda.

1. Menambah Keseimbangan, Koordinasi Otot Tubuh, dan Kekuatan

Usut punya usut, bersepeda menjadi salah satu bentuk latihan yang tepat bagi penderita osteoporosis dikarenakan masuk ke dalam olahraga ringan yang hanya memberi sedikit tekanan pada bagian sendi. Selain itu, bersepeda juga bisa membantu memperbaiki kondisi nyeri lutut yang umum ditemui pada lansia.

2. Menurunkan Stres

Sudah bukan rahasia lagi bila olahraga sepeda bisa menurunkan tingkat stres yang dialami seseorang. Hal ini bisa terjadi karena saat bersepeda, tubuh akan memproduksi hormon endorfin. Yang mana hormon tersebut dapat memunculkan rasa nyaman sekaligus meningkatkan suasana hati yang positif. Ditambah lagi, saat bersepeda, Kamu akan melihat banyak pemandangan menarik yang akan ikut membantu menurunkan tingkat stres dalam tubuh.

3. Menjaga Berat Badan

Bersepeda nyatanya bisa menjadi alternatif sederhana untuk membantu tubuh dalam mengontrol berat badan. Alasannya adalah kegiatan ini bisa membantu membangun otot, menaikkan metabolisme, dan membakar lemak tubuh.

Manfaat bersepeda untuk menjaga berat badan ini tidak akan efektif jika tidak dipadukan dengan penerapan pola makan yang sehat. Banyaknya kalori yang akan dibakar oleh tubuh ketika sedang bersepeda sendiri bergantung pada seberapa jauh, seberapa lama, dan seberapa cepat Kamu melakukan kayuhan sepeda.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Bersepeda secara rutin pada pagi hari sedikitnya 45-60 menit memiliki pengaruh positif terhadap otak. Yakni meminimalisir adanya penurunan daya pikir (fungsi kognitif) dan resiko terjadinya demensia. Ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah menuju otak, yang juga mempengaruhi oksigen dan nutrisi yang bisa diterima oleh otak.

5. Meminimalisir Terjadinya Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Bersepeda secara teratur juga bisa membantu meminimalisir resiko penyakit kardiovaskular, memperbaiki kinerja paru-paru, jantung, serta sirkulasi darah. Disamping itu, rutin bersepeda dapat menurunkan kadar lemak yang terkandung di dalam darah dan membuat otot jantung bisa bekerja dengan lebih kuat.

6. Meminimalisir Risiko Kanker

Terdapat suatu studi yang mengungkapkan bahwa salah satu manfaat dari olahraga sepeda yang bisa diperoleh ialah mengurangi risiko kanker. Dalam studi tersebut, ditunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan jika mereka berusia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker kolorektal dan kanker paru-paru. Selain itu, muncul studi lain yang menjelaskan bahwa manfaat bersepeda secara teratur dapat mengurangi potensi hadirnya kanker payudara dan usus.

7. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Seperti yang Kita tahu, diabetes merupakan penyakit yang berbahaya sekaligus mematikan. Bukan hanya orang dewasa saja yang beresiko terjangkit diabetes, namun anak muda yang gemar mengkonsumsi makanan manis juga berpotensi untuk mengidap penyakit satu ini.

Terlebih bila mereka tidak memiliki pola hidup yang sehat, ditambah lagi keluarganya yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Nah, ternyata bersepeda bisa menstabilkan diabetes loh! Cukup dengan bersepeda minimal 30 menit setiap harinya.

Hanya dengan olahraga ringan seperti bersepeda saja, akan ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Kamu peroleh. Setelah mengetahui semua manfaat bersepeda di atas, yakin masih malas berolahraga? Yuk, bersepeda sekarang juga! 

Penulis: Raka 27 Oct 2020 109