Hindari Penggunaan Produk Berikut untuk Kalian yang Punya Kulit Sensitif

Hindari Penggunaan Produk Berikut untuk Kalian yang Punya Kulit Sensitif

Halo Sobat WE+, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif memang cukup disulitkan dalam menentukan produk skincare dan kosmetik yang sesuai dan aman digunakan. Kulit sensitif memang membutuhkan perlakuan khusus. Biasanya kulit sensitif akan mengalami gatal-gatal atau ruam kemerahan setelah menggunakan produk tertentu yang tidak cocok digunakan. 

Banyak juga diantara mereka pemilik kulit sensitif yang terganggu dengan rasa perih akibat kulit kering bersisik dan mengelupas. Kondisi kulit tersebut biasanya terjadi karena diakibatkan dari bahan-bahan yang ada di dalam produk skincare atau kosmetik yang digunakan. Untuk itu para pemilik kulit sensitif harus lebih cermat lagi dalam memilih produk kecantikan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Nah berikut ini beberapa jenis bahan-bahan yang harus dihindari ketika hendak membeli produk skincare atau kosmetik.

7 Jenis Bahan yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

1. Parfum

Bahan pertama yang harus dihindari bagi pemilik kulit sensitif yaitu kandungan parfum pada produk kecantikan yang akan dibeli dan digunakan. Itu karena baik parfum yang dibuat dengan bahan kimia ataupun bahan alami dapat menyebabkan kulit kamu menjadi iritasi.

2. Minyak Esensial

Tidak semua bahan alami yang terkandung dalam produk kecantikan aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Salah satu bahan alami yang harus dihindari yaitu minyak esensial, hal ini terjadi karena produk kecantikan yang mengandung bahan alami sulit diuji keamanannya secara medis karena kadar pH asam dari beberapa ekstrak tanaman cenderung memicu terjadinya iritasi pada kulit sensitif.

3. Alkohol

Alkohol merupakan bahan yang harus dihindari pemilik kulit sensitif karena merupakan bahan keras dan kuat yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif dan dapat membuat kulit terasa lebih kering. Untuk itu sebaiknya kamu menghindari produk skincare atau kosmetik yang mengandung alkohol agar kulit sensitif yang kamu miliki tidak mengalami iritasi. Biasanya penggunaan produk yang mengandung alkohol pada kulit sensitif dapat menyebabkan iritasi ringan hingga berat yang cukup berbahaya untuk kondisi kulit kamu.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

4. Paraben

Paraben merupakan bahan kimia yang kerap kali ditemui pada produk kosmetik yang biasanya digunakan sebagai bahan pengawet untuk menghambat timbulnya bakteri dan jamur pada produk kosmetik tersebut. Namun, produk yang mengandung paraben harus hindari bagi kamu pemilik kulit sensitif karena dapat menimbulkan iritasi yang berlebihan yang cukup mengganggu kondisi kulit kamu.

5. Oxybenzone

Bahan oxybenzone pada umumnya ditemukan pada produk seperti sunscreen dan sunblock karena bahan tersebut dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun bagi kamu pemilik kulit sensitif usahakan untuk menghindari produk skincare ataupun kosmetik yang mengandung bahan tersebut karena oxybenzone disinyalir dapat menyebabkan kerusakan pada kulit sensitif.

6. Methylisothiazolone

Bahan kimia Methylisothiazolinone merupakan bahan pengawet yang biasanya digunakan pada produk perawatan kulit yang diantaranya adalah shampo, tisu basah, sabun, pelembab, sunscreen dan lain-lain. Methylisothiazolinone juga merupakan penyebab terjadinya alergi dermatitis kontak yang paling sering terjadi. Oleh karena itu sebaiknya kamu menghindari produk-produk yang mengandung bahan tersebut.

7. Sodium Lauryl Sulphate dan Sodium Laureth Sulphate

Bahan yang harus dihindari untuk kulit sensitif selanjutnya adalah Sodium Lauryl Sulphate (SLS) dan Sodium Laureth Sulphate ( SLES). Kedua bahan tersebut merupakan bahan kimia yang berfungsi untuk menciptakan busa pada produk sabun, shampo, dan detergen. Kedua bahan tersebut terbuat dari garam mineral yang mengandung sulfur, hal ini yang memicu terjadinya kulit kering yang kronis dan rasa gatal pada pemilik kulit sensitif. Untuk itu bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari penggunaan produk yang mengandung sulfat.

Itulah beberapa bahan yang harus kamu hindari jika kamu pemilik kulit sensitif agar tidak iritasi. Iritasi pada kulit terutama pada wajah akan sangat mengganggu kondisi kesehatan kulit sehingga harus dicegah sebelum terjadi dengan menggunakan produk yang bebas dari kandungan bahan-bahan tersebut. Jadi, selalu hati-hati saat kamu memilih jenis produk untuk kulitmu ya sobat WE+.

Penulis: Raka 26 Jan 2021 688