Uang Cepat Habis? Begini Cara Mengatur Keuangan dengan Benar

Uang Cepat Habis? Begini Cara Mengatur Keuangan dengan Benar

Konsep keuangan sebenarnya simpel dan sederhana. Besaran nominal jumlah uang yang bisa kamu belanjakan harus dibawah penghasilan yang kamu miliki. Karena jika pengeluaranmu sama besar atau bahkan lebih besar dari pendapatanmu, maka bisa dipastikan keuanganmu akan hancur. Karenanya sangat penting untuk memahami bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik. 

5 Cara mengatur Keuangan Dengan Benar

Agar tidak terjebak dalam penggunaan keuangan yang salah, inilah 5 Cara Efektif Untuk Mengatur Keuangan Dengan Benar

1. Membuat Rencana Anggaran Keuangan 

Cara mengatur keuangan dengan benar yang pertama adalah dengan membuat catatan anggaran keuangan. Walaupun hal ini terkesan simpel, tidak banyak orang yang mau melakukan dengan konsisten budget planningnya sendiri. Karenanya tetapkan niat untuk mengatur keuangan  menjadi lebih baik, lalu buat anggaran keuangan dengan skala prioritas secara spesifik. Setelah itu, konsistenlah. Dengan membuat anggaran keuangan, kamu akan tahu batasan  dari setiap pengeluaranmu.

2. Selalu Upayakan untuk Menabung dan Berhemat

Cara untuk mengatur keuangan dengan benar selanjutnya adalah dengan berhemat dan mulai menabung. Jangan menunggu sisa uang baru kamu mulai menabung tapi sisihkan dari penghasilan perbulannya. Kamu juga harus mengurangi makan di resto atau membeli kopi di kafe. 

Bukan berarti tidak boleh sama sekali, hanya saja kamu harus mengatur intensitasnya. Termasuk membeli makanan dengan menggunakan jasa kurir. Ini mungkin terdengar klise, tapi jika kamu benar-benar melakukannya, keuanganmu pasti akan menjadi lebih baik.

3. Memanfaatkan Adanya Diskon atau Promo dengan Maksimal 

Saat ini sepertinya semua jenis usaha berlomba-lomba untuk memberikan diskon, juga promo menarik. Nah, ini menjadi salah satu cara untuk mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan setiap kali kamu butuh belanja. Tapi ingat, untuk tetap bijak. Jangan kalap hanya karena melihat diskon dan promo padahal kamu tidak terlalu membutuhkan barang tersebut. Hindari berbelanja secara berlebihan meski ada diskon atau promo.

4. Selalu Simpan Uang Receh 

Cara untuk mengatur keuangan selanjutnya adalah dengan menyimpan uang receh. Saat ini banyak sekali orang yang menyepelekan uang receh. Padahal uang receh juga uang yang berharga. Kamu bisa menggunakan celengan untuk menyimpan semua uang recehmu. Nantinya tanpa terasa uang receh yang kamu kumpulkan itu akan menjadi banyak dan dapat kamu gunakan untuk membeli barang yang kamu inginkan.

5. Mencari Penghasilan Tambahan 

Jika sudah banyak pengeluaran yang kamu hindari tapi masih belum berdampak terhadap keuanganmu, maka cara mengatur keuangan yang harus kamu lakukan yang terakhir adalah mulai mencari penghasilan tambahan. Entah itu dengan mencari pekerjaan tambahan, membuka bisnis, berjualan online atau dengan investasi.

Investasi sendiri menjadi sebuah cara untuk mengatur keuangan yang bisa menjamin keuangan di masa depan. Selain itu, berinvestasi sekaligus bisa membuatmu mendapatkan penghasilan pasif. Apalagi saat ini ada banyak pilihan produk investasi yang ditawarkan bahkan dengan nominal yang relatif rendah. Hasil dari investasi ini bisa menjadi passive income yang sangat menguntungkan untukmu. 

Dengan menerapkan cara mengatur keuangan dengan benar ini sedini mungkin, itu artinya kamu juga sedang menata hidupmu menjadi lebih baik lagi kedepannya. Meski uang bukanlah segalanya, mengatur uang dengan tepat juga akan memastikan kehidupan orang terdekatmu berjalan dengan lebih baik pula. Bagaimana? Cara yang mana yang sudah kamu terapkan? Semoga bermanfaat ya Sobat WE+. 

Penulis: Raka 16 Oct 2020 21

Penulis: Raka
10 Sep 2020
100
Penulis: Raka
10 Nov 909
34
Penulis: Raka
11 Sep 2020
28