Hal Kecil Ini Bisa Habisin Uang Kamu Tanpa Kamu Sadari, Lho!

Hal Kecil Ini Bisa Habisin Uang Kamu Tanpa Kamu Sadari, Lho!

Sobat WE+, jika kamu sedang melakukan pengelolaan keuangan, maka kamu wajib waspada terhadap hal kecil yang bisa habisin uang. Karena berbagai hal ini terlihat remeh dan seringkali tidak kamu sadari. Padahal jika kamu melakukannya terus menerus, ini bisa menjadi penyebab dari keborosan. Lalu, apa saja hal kecil tersebut? 

Waspadai 5 Hal Kecil yang Bisa Habisin Uang

Banyak orang yang hanya waspada dan sensitif terhadap pembelian dalam nominal besar saja. Kebanyakan mengabaikan pengeluaran receh rutin yang bisa berdampak pada keadaan keuangannya. Inilah beberapa hal kecil tersebut: 

1. Rokok

Pengeluaran yang sering terabaikan adalah rokok. Apabila mengakumulasikannya dalam sebulan, bisa saja kamu mendapati nominal yang lumayan. Bahkan, kamu dapat menggunakannya untuk hal yang lebih bermanfaat. Jadi, jika ingin tubuh dan keuanganmu sehat, mulailah berhenti merokok sekarang juga.

2. Ngopi

Hal kecil lainnya yang ternyata berdampak besar bagi pengeluaran adalah kebiasaan ngopi di cafe. Dengan alasan melakukan me time, ternyata keseringan ngopi juga bisa bikin kantong jebol. Perhitungkan melakukan penghematan dengan melakukan me time yang lebih ramah di kantong.

Tidak ada salahnya nongkrong di cafe dan minum kopi favorit. Namun, lakukan hal itu hanya pada saat momen spesial  saja. Selain menjadi lebih berkesan, kamu juga bisa melakukan penghematan besar-besaran dan terhindar dari pemborosan.

3. Snack dan Minuman Kemasan

Ah, hanya 10.000. Bisa jadi itulah alasan yang muncul ketika kamu tergoda snack dan minuman kemasan. Namun, apabila mengalikan jumlah tersebut dalam sebulan, kamu akan mendapati totalnya adalah 300,000. Nominal yang cukup besar, bukan? Sayang sekali, padahal jumlah segitu bisa untuk investasi.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Solusinya, kamu bisa membawa bekal minum dan snack buatan sendiri. Pilihan lainnya adalah membawa camilan buah. Tentu selain lebih murah, juga baik untuk kesehatan. Dengan demikian, pengeluaran bulanan juga bisa berkurang banyak.

4. Biaya Transaksi Antar Bank

Selanjutnya, hal kecil yang bisa habisin uang lainnya adalah biaya transfer bank. Setiap transaksi, ada biaya yang harus kamu keluarkan. Jumlahnya akan semakin besar jika transaksi tersebut berlangsung antar dua bank yang berbeda. Jika dalam sebulan kamu sering transfer, jelas akan membebani keuangan.

Solusinya, gunakan aplikasi layanan transfer yang tidak memungut biaya, alias gratis. Selain itu, gunakan fasilitas bebas biaya transfer yang tersedia di beberapa bank. Hanya saja, untuk mendapatkan fasilitas ini, kamu harus memiliki saldo dalam jumlah tertentu.

5. Kartu Keanggotaan yang Tidak Perlu

Punya kartu keanggotaan gym, tetapi jarang berolahraga di sana? Jelas ini termasuk pengeluaran yang tidak perlu. Sayangnya, banyak jenis kartu member seperti ini. Padahal, untuk memilikinya, ada sejumlah uang iuran keanggotaan yang harus kamu bayarkan. 

Jadi, untuk memangkas pengeluaran, cobalah menyeleksi beberapa kartu keanggotaan tersebut. Pilah mana yang benar-benar kamu perlukan. Selanjutnya, hentikan keanggotaan yang tidak perlu, sehingga iurannya pun akan terhenti.

Nah sobat WE+ itulah berbagai hal kecil yang bisa habisin uang tanpa kamu sadari. Meski terlihat remeh, nyatanya kebiasaan yang buruk namun tetap dibiarkan, bisa berakibat keborosan yang berujung buruk pada kondisi finansial kamu. Untuk itu, sebisa mungkin hindari berbagai hal kecil ini yang bisa habisin uang kamu ya sobat WE+. Alihkan pada hal-hal yang lebih bermanfaat seperti menabung agar keuangan senantiasa sehat! 

Penulis: Raka 09 Mar 2022 186