Tips-tips Traveling ke Luar Negeri

Tips-tips Traveling ke Luar Negeri

Siapa yang tidak mau traveling ke luar negeri? Melihat budaya dan lingkungan yang sama sekali berbeda dari negeri kita sendiri tentu menyenangkan. Apalagi, kita juga bisa melakukan hal-hal baru, seperti mencoba kuliner atau mengunjungi tempat-tempat baru. Namun, siapkah kita ke luar negeri? Sebelum memutuskan untuk ke luar negeri, kita perlu melihat tips-tips traveling ke luar negeri agar kita siap menghadapi situasi yang berbeda dari yang kita temui sehari-hari.

Traveling ke luar negeri membutuhkan persiapan yang lebih matang daripada traveling domestik. Masalahnya, budaya yang berbeda, bahkan mungkin perbedaan bahasa, akan membuat gerak kita terbatas untuk berkomunikasi dengan orang-orang setempat. Akan lebih sulit untuk meminta pertolongan dengan kondisi seperti itu.

Maka, sebelum memutuskan untuk traveling ke luar negeri, kita harus mempelajari beberapa hal :

1. Pelajari Budaya Setempat

Setelah kita memutuskan untuk pergi ke negara tertentu, tidak ada salahnya untuk mempelajari budaya-budaya di tempat tersebut. Misalkan saja, mencari tahu tentang nilai tukar uang negara tersebut dengan rupiah supaya kita bisa mempersiapkan dana dengan baik.

Peraturan-peraturan di negara tujuan juga penting untuk dipelajari, terutama yang berlaku untuk turis asing. Yang terpenting, kita harus paham peraturan-peraturan yang berlaku di bandara, karena biasanya di tempat inilah banyak turis yang terjebak.

2. Persiapkan Paspor dan Visa

Paspor adalah salah satu dokumen wajib untuk bepergian ke luar negeri, tentu kita semua paham ini. Kalau kita belum mempunyai paspor, akan lebih baik untuk mempersiapkannya dari awal. Proses pembuatan paspor memang tidak sulit kalau kita memenuhi semua syarat-syarat dokumen dari awal, tapi tetap saja prosesnya memakan waktu.

Kita juga perlu tahu bahwa paspor terdiri dari 2 jenis, yaitu paspor 24 halaman dan paspor 48 halaman. Walaupun secara hukum fungsi paspor ini tidak ada bedanya, ternyata ada beberapa negara yang menolak paspor 24 halaman. Jadi, walaupun sedikit lebih mahal, lebih baik kita membuat paspor 48 halaman dari awal.

Visa juga sebenarnya merupakan dokumen penting untuk perjalanan ke luar negeri. Akan tetapi, sejak berlakunya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), negara-negara Asia Tenggara mencabut ketentuan visa. Tentu saja, ini harus dipelajari, karena banyak negara yang masih mewajibkan visa perjalanan ini.

3. Hitung Budget dengan Cermat

Menghitung budget ini juga sangat berkaitan dengan membuat rencana perjalanan atau itinerary selama kita di sana. Dengan rencana perjalanan yang matang, kita bisa memperkirakan budget yang akan keluar. Kita bisa melakukan riset soal biaya tempat-tempat wisata yang ingin kita kunjungi dan biaya oleh-oleh untuk teman dan keluarga, dan lain-lain. 

4. Siapkan Peralatan Medis dan Obat-obatan

Persiapan yang satu ini penting untuk semua traveler, baik yang asing atau domestik. Pergi ke luar negeri artinya kita akan menjalani perjalanan yang cukup jauh, jadi penting untuk menyiapkan perlengkapan P3K untuk berjaga-jaga. Apalagi, kita belum tentu bisa dengan segera ke apotek atau rumah sakit terdekat mengingat kita berada di tempat yang baru dan asing. 

5. Siapkan Dana Cadangan

Kita sudah siap dengan perhitungan budget dari rencana perjalanan kita, tapi siapa yang tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan. Maka, dana cadangan ini sangat penting fungsinya untuk menghindari kemungkinan yang tidak terduga.

6. Waspada Penipuan

Mempersiapkan diri juga berarti mempersiapkan mental agar kita tidak kebingungan berada di wilayah baru. Sikap kita akan menentukan apa kita akan aman dari berbagai penipuan terhadap turis asing yang tengah menghadapi situasi baru. Ini artinya, kita harus berhati-hati terhadap orang asing. Kalau bisa, selalu bertanya dan berkonsultasi dengan petugas-petugas profesional, seperti polisi.

7. Gunakan Asuransi Perjalanan

Traveling memang sangat menyenangkan! Namun, kita tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi kita di luar negeri. Maka dari itu, perusahaan asuransi kini sudah banyak menyediakan layanan berupa asuransi perjalanan, termasuk pula WE+. 

Mendengar kata asuransi, mungkin kita sudah berpikir soal premi yang mahal dan aturan-aturan yang rumit, tapi WE+ justru menyediakan asuransi travel dengan premi hanya sebesar Rp 15.000. Selain itu, tidak ada pemeriksaan kesehatan macam-macam dan pendaftarannya juga cukup dengan aplikasi saja. Untuk premi ini juga kita sudah bisa mendapatkan manfaat berupa santunan kecelakaan dan santunan meninggal dunia. Tentu saja, jangan sampai hal ini benar-benar terjadi!


Dengan WE+ kamu bisa merasakan mudahnya memiliki asuransi hanya dengan menggunakan smartphone. Aplikasi WE+ yang merupakan Smart Insurance Marketplace bisa kamu dapatkan di Google Playstore. Tunggu apa lagi? Download sekarang yuk!

Penulis: Raka 11 Sep 2020 17