Tips Mudik Lebaran Menggunakan Kendaraan Pribadi

Tips Mudik Lebaran Menggunakan Kendaraan Pribadi

Tips Mudik Lebaran Menggunakan Kendaraan Pribadi

Lebaran sudah semakin dekat. Para perantau yang mengadu nasib di kota-kota besar tentunya ingin sekali mudik ke kampung halaman. Hal ini sangat penting karena untuk melepas rindu bersama keluarga tercinta di sana. Supaya perjalanan mudik aman dan lancar, inilah beberapa tips mudik menggunakan kendaraan pribadi yang bisa sobat WE+ ikuti. 

Macam-macam Tips Mudik Lancar dan Menyenangkan

Membawa barang-barang menuju ke kampung halaman bukanlah perkara mudah. Apalagi mudik yang akan dilakukan menggunakan kendaraan pribadi. Hal tersebut harus dilakukan dengan persiapan yang sangat matang karena resikonya juga lumayan besar di perjalanan. 

Maka dari itu, persiapkanlah mental, tenaga, dan barang-barang yang akan dibawa ketika mudik dengan sebaik mungkin supaya perjalanan aman dan tidak ada hambatan dalam bentuk apapun. Selain itu, sobat WE+ juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini: 

  1. Kemas Barang Bawaan dengan Rapi

Tips mudik menggunakan kendaraan pribadi yang pertama yakni mengemas barang-barang yang akan dibawa ke kampung halaman serapi mungkin. Sebab, jika barang banyak dan tidak dikemas rapi, maka akan memenuhi mobil dan itu akan membuat penumpang tidak nyaman.

Kemas barang dengan rapi menggunakan kardus dan pastikan isi di dalamnya aman. Setelah itu, letakkan di dalam bagasi mobil, agar anggota keluarga bisa istirahat secara leluasa saat berada di perjalanan. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Cek Kondisi Kendaraan

Melakukan pengecekan terhadap semua kondisi kendaraan sangatlah penting dilakukan agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan diri karena rusaknya elemen kendaraan ketika sedang asyik berada di perjalanan. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan siap untuk dibawa bepergian jauh.

Bawalah kendaraan mudik ke bengkel terlebih dahulu. Servicelah semua komponennya dan jika ada yang rusak, maka gantilah. Hal ini lebih aman dan minim terhadap risiko ban bocor kendaraan macet, serta permasalahan lainnya saat di perjalanan.

  1. Pastikan Tubuh Sehat dan Mampu Menyetir Jarak Jauh

Selain kendaraan yang dalam kondisi baik, tubuh yang sehat juga penting untuk dibawa mudik. Jika tubuh dalam keadaan kurang fit, maka fokus menyetir tentunya juga akan berkurang. Pastikan untuk istirahat dan tidur cukup sebelum melakukan perjalanan jauh.

Di samping itu, sediakanlah pengganti sopir atau anggota keluarga lainnya yang bisa menggantikan untuk menyetir. Jangan paksakan diri untuk menyetir sendiri dan tanpa istirahat dengan tujuan agar cepat sampai karena ini sangat berbahaya. 

  1. Istirahat di Perjalanan

Banyak sekali rest area yang disediakan oleh pemerintah di sepanjang jalan ketika waktu mudik lebaran telah tiba. Jika salah satu anggota keluarga sangat capek, maka berhentilah sejenak di rest area tersebut untuk beristirahat. Dengan begitu, tubuh akan kembali fresh dan siap melakukan perjalanan kembali. Istirahat mudik yang paling baik adalah selama 1,5-2 jam.

  1. Penuhi Kebutuhan Makanan Saat di Perjalanan

Perjalanan akan terasa lebih asyik ketika bercengkrama bersama anggota keluarga sambil menikmati makanan ringan. Oleh sebab itu, sediakan lah makanan dan minuman di mobil untuk stok ketika di perjalanan. Jangan lupa juga untuk membawa vitamin serta obat-obatan dalam menjaga kesehatan tubuh. Selalu terapkan pola hidup sehat saat mudik agar sampai kampung halaman dengan kondisi sehat nan ceria. 

Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai tips mudik menggunakan kendaraan pribadi. Ketika capek di perjalanan, jangan lupa mengistirahatkan diri terlebih dahulu di rest area karena keselamatan adalah yang paling utama. Selalu taati peraturan lalu lintas dan jangan membawa muatan yang melebihi batas normal. Selamat menikmati perjalanan mudik dan selamat berbahagia bertemu keluarga di kampung halaman. 

Penulis: Raka 06 May 2021 49