Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil Ketika Memasuki Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil Ketika Memasuki Musim Hujan

Hai Sobat We+, seperti yang kita tahu, saat ini kita sudah mulai memasuki musim hujan. Musim hujan memang menjadi salah satu ancaman paling serius bagi kesehatan si kecil, karena bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti flu atau pilek. Sebagai orangtua yang mempunyai anak berusia dini, sangat penting untuk selalu memantau bagaimana kesehatan anak. Untuk itu, simak tips menjaga kesehatan anak ketika memasuki musim hujan berikut ini. 

  • Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Ber-Antioksidan Tinggi

Tips menjaga kesehatan anak pertama yang bisa Sobat WE+ lakukan adalah memastikan bahwa anak memiliki imunitas tubuh yang kuat. Sistem imun tubuh yang kuat inilah yang akan mencegah masuknya berbagai penyakit maupun virus yang akan menyerang kesehatan anak.

Banyak sekali makanan yang bisa dikonsumsi oleh anak untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Salah satunya, adalah makanan yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan inilah yang akan menangkal radikal bebas, dan memperkuat sistem penjagaan imun si kecil. Makanan yang mengandung antioksidan tinggi ini bisa berasal dari jenis buah-buahan, maupun sayur-sayuran. Contohnya seperti apel, anggur, jeruk, mangga, brokoli, tomat, dan umbi-umbian.

  • Tetap Memperhatikan Kebersihan Diri Anak

Saat musim penghujan, kuman akan lebih cepat menyebar dan berkembang biak. Untuk itu, Sobat WE haruslah menjaga kesehatan anak dengan selalu mengawasi apa saja mainan yang dipegangnya, dan makanan yang dikonsumsinya.

Pastikan jika anak selalu dibiasakan dengan perilaku hidup sehat, seperti rajin cuci tangan sebelum dan sesudah makan, tidak jajan di tempat sembarangan, dan menutup hidung ketika ada seseorang yang batuk dan bersin. Cara-cara kecil seperti ini secara tidak langsung bisa meminimalisir risiko penyakit menular seperti diare, batuk, dan flu.

  • Ajak Si Kecil Olahraga Teratur

Tips berikutnya yang sering diabaikan oleh sebagian orang adalah melakukan kebiasaan olahraga dengan dalih malas keluar rumah karena sedang hujan. Padahal, ada banyak sekali jenis olahraga ringan yang kita bisa lakukan di rumah, seperti jogging, push up, yoga, dan lain sebagainya.

Dengan senantiasa membiasakan diri untuk olahraga secara teratur, kamu bisa menjaga kesehatan anak agar tetap sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Untuk itu, jangan sungkan untuk mengajak si kecil olahraga bersama. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, hal ini juga bisa mengeratkan hubungan dengan si kecil.

  • Selalu Perhatikan Air Minum yang Dikonsumsi

Saat musim penghujan, sejumlah penyakit seperti diare dan kolera akan muncul. Hal ini dikarenakan jumlah asupan air yang terkontaminasi dengan bakteri. Untuk menghindari hal ini, tugasmu sebagai orang tua adalah selalu memastikan bahwa air minum yang dikonsumsi anak bersih dan aman. Cara ini adalah salah satu tips kecil yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan anak dari berbagai penyakit saat musim penghujan datang.

  • Selalu Tutup Wadah Penampungan Air

Selain keempat tips di atas, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan anak saat turun musim penghujan adalah dengan menutup wadah penampungan air. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah yang disebabkan karena nyamuk berkembang biak di air yang tergenang. Itulah sebabnya kamu harus memastikan untuk menutup wadah penampungan air dan menjauhkannya dari jangkauan si kecil. Hindari juga gigitan nyamuk dengan menggunakan lotion anti nyamuk, maupun memasang kasa anti nyamuk.

 

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan anak saat musim penghujan yang bisa diterapkan. Selain menerapkan tips-tips di atas, tidak ada salahnya jika kamu mendaftarkan anak pada asuransi kesehatan anak di www.weplus.id. Dengan perlindungan asuransi ini, jaminan kesehatan untuk anak bisa lebih terjamin di masa mendatang. 

 

Penulis: Raka 17 Sep 2020 104