Tips dan Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Selama Pandemi

Tips dan Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Selama Pandemi

Pandemi wabah Covid-19 ini memang berdampak pada banyak sektor, ekonomi merupakan salah satunya. Banyak masyarakat yang terkena pemotongan gaji, berstatus dirumahkan, bahkan mengalami pemutusan hubungan kerja. Pun bagi para pebisnis, beberapa mengalami kegoyahan, bahkan tak sedikit juga yang merugi. Hal ini, tentu dapat memberi efek pada keuangan keluarga. Lalu, bagaimanakah cara mengatur keuangan rumah tangga selama pandemi ini?

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Masa Pandemi

Kita memang belum tahu, kapan semua ini berakhir. Namun yang pasti, kehidupan kita harus tetap berjalan. Berusaha semaksimal mungkin sudah menjadi kewajiban. Manajemen keuangan yang baik sangat kita perlukan saat ini, agar semua tetap bisa tercukupi. Beberapa tips berikut ini, bisa kamu coba agar keuangan keluarga tetap bisa terkendali meski di tengah pandemi, diantaranya:

1. Evaluasi Sumber Penghasilan

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang pertama adalah dengan mengevaluasi darimana kita mendapat penghasilan, serta berapa jumlahnya. Karena dengan evaluasi tersebut, kamu bisa memetakan antara pemasukan dengan hal-hal yang dibutuhkan. Termasuk hingga angka detailnya. Pastikanlah pengeluaran tidak lebih besar dari yang kita dapatkan.

2. Memastikan Kebutuhan Pokok Sudah Terpenuhi

Hal yang utama pada saat ini adalah kebutuhan pokok. Pastikan poin ini sudah tercukupi terlebih dahulu seperti makan, pakaian dan tempat tinggal. Namun, bukan berarti kita harus panic buying ya. Waspada perlu, tapi jangan egois. Karena hal itu juga bisa merugikan diri sendiri.

3. Hindari Pembelian Barang yang Tak Dibutuhkan

Setelah kebutuhan pokok terpenuhi, bukan berarti kita bisa foya-foya atau membeli berbagai barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Baiknya kita mengutamakan hal-hal penting terlebih dahulu.

4. Kurangi Membeli Makanan dari Luar

Salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga di masa yang cukup menyulitkan ini adalah dengan berhemat. Kamu bisa mulai menghindari atau mengurangi pembelian makanan dari luar. Sebagai gantinya, kamu bisa membeli bahannya dan mengolah sendiri.

Selain menghindari harga yang mahal dan ongkos kirim yang tinggi, dengan membuat makanan sendiri, kita bisa lebih memastikan nutrisinya. Mengingat kini semua harus lebih menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat.

5. Mencari Hiburan yang Terjangkau

Meski di tengah keterbatasan akibat pandemi, sebagai manusia pasti kita juga merasa bosan dan butuh hiburan. Tak apa sesekali kita mencari hiburan, karena hati yang senang juga dapat bantu menjaga imun tubuh. Namun, usahakan untuk mencari kesenangan yang terjangkau atau lebih hemat, seperti bermain game tradisional di rumah bersama keluarga, membaca buku dan lain sebagainya.

6. Mencari Sumber Penghasilan Lain

Jika memungkinkan, kita bisa mencari sumber penghasilan lainnya. Misalnya mulai bisnis sebagai reseller atau dropship, mencari pekerjaan paruh waktu dan berbagai hal lainnya yang bisa membantu ekonomi keluarga.

Baca Juga : Usaha Sampingan Online Mudah yang Bisa Dilakukan Siapa Saja

7. Menyiapkan Keuangan untuk Keadaan yang Bersifat Emergency

Setelah mengatur setiap pos keuangan sebaik mungkin, memastikan kebutuhan pokok terpenuhi, bahkan bisa menghasilkan budget tambahan, sebaiknya kita mulai memikirkan untuk menyiapkan emergency fund, agar kedepannya kita setidaknya bisa merasa lebih tenang, dan menghindari kekacauan yang mungkin saja terjadi karena pandemi yang belum diketahui kapan berakhir ini. salah satunya dengan memilih produk asuransi.

Baca Juga : 4 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Hidup Lebih Aman

Beberapa poin di atas bisa membantu kamu menyiapkan dan mengelola keuangan di tengah pandemi ini. Diharapkan dengan mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga ini, kondisi finansial yang kamu miliki bisa lebih stabil ya Sobat WE+.

Penulis: Raka 12 Oct 2020 61

Penulis: Raka
06 Sep 2020
143
Penulis: Raka
11 Sep 2020
36
Penulis: Raka
11 Sep 2020
48