Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Ketika Musim Hujan Datang

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Ketika Musim Hujan Datang

Memasuki musim hujan, maka ada banyak hal yang harus disiapkan. Pasalnya, seringkali musim hujan menjadi penyebab dari kondisi tubuh yang turun karena cuacanya yang selalu dingin. Untuk itu sobat WE+ harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar tidak mudah sakit. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan ketika musim hujan datang? 

9 Persiapan Penting Ketika Memasuki Musim Hujan 

Inilah beberapa persiapan penting ketika memasuki musim hujan: 

  1. Olahraga rutin

Saat akan musim hujan menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Apalagi bagi yang pekerjaannya sering berada di luar ruangan. Salah satu upaya supaya tubuh tidak mudah sakit di musim hujan adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Bisa dilakukan setiap pagi atau setiap weekend. Olahraga adalah cara paling baik untuk menjaga kondisi tubuh selalu fit.

  1. Mengkonsumsi Vitamin

Selain berolahraga, asupan vitamin juga harus diperhatikan. Dengan mengkonsumsi vitamin misalnya vitamin C atau B komplek, kekebalan tubuh akan semakin meningkat. Penyakit seperti flu yang biasa datang saat musim hujan datang tidak akan mudah menjangkiti tubuh. Vitamin akan bekerja maksimal jika ditunjang dengan olahraga rutin dan pola makan sehat.

  1. Jaga Pola Makan

Pola makan juga memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan selama musim hujan. Oleh karena itu menjaga pola makan yang baik sebelum musim hujan datang bisa membantu tubuh jadi lebih siap dalam menghadapi cuaca dingin. Nutrisi yang cukup akan menguatkan tubuh dari dalam.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Membersihkan Talang Air Rumah

Selain kondisi tubuh, ada juga yang perlu diperhatikan ketika menyambut musim hujan. Rumah adalah tempat untuk berlindung dari hujan, kondisinya perlu diperiksa sebelum hujan benar-benar datang. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan talang air. Bagian pembuangan air sebuah rumah harus dipastikan bersih sebelum musim hujan agar tidak sampai menyebabkan kebocoran pada rumah.

  1. Mengganti Genting Rumah yang Rusak

Jika talang rumah sudah rutin dibersihkan, selanjutnya menyiapkan kondisi genting rumah. Jika ada genting rumah yang rusak, baiknya segera ganti dengan yang baru dan masih bagus. Saat musim hujan datang akan sedikit susah untuk bisa mengganti atau memperbaiki genteng yang rusak. Lakukan ini sebelum musim hujan datang.

  1. Memangkas Rumput di Sekitar Rumah

Kebersihan lingkungan rumah sangat penting diperhatikan. Jika rumput sudah mulai lebat dan tinggi, baiknya segera dipangkas supaya rumah lebih terlihat bersih dan tidak menjadi sarang binatang liar seperti ular atau kadal. Biasanya hewan seperti itu suka dengan rumput yang tinggi dan lebat.

  1. Menyiapkan Hiburan di Rumah

Saat musim hujan tentu aktivitas di luar rumah akan sedikit sulit dilakukan. Ingin pergi keluar akan terhalang dengan hujan. Oleh karena itu, sebagai antisipasi agar tidak bosan di dalam rumah selama hujan, siapkan hiburan. Bisa dengan menonton film atau membaca novel.

  1. Siap Saat Ada Pemadaman Listrik

Ketika hujan turun sangat lebat disertai dengan kilat dan petir, biasanya listrik akan dipadamkan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Ini harus sudah diantisipasi dengan memiliki lilin atau mungkin lampu emergency yang secara otomatis nyala ketika aliran listrik mati. Siapkan juga powerbank untuk bisa mengisi daya smartphone ketika mati listrik.

  1. Menyiapkan Bahan Makanan dan Camilan

Bahan makanan serta cemilan sebaiknya sudah disiapkan sebelum musim hujan datang. Ini untuk mengantisipasi perut yang lapar ketika terjebak di dalam rumah. Saat hujan tentu tidak mungkin untuk pergi belanja ke pasar tradisional atau membeli cemilan di swalayan. Jadi sebaiknya setidaknya siapkan bahan makanan untuk satu minggu di kulkas serta beberapa cemilan untuk berjaga-jaga. 

Itu dia beberapa hal yang perlu disiapkan ketika menyambut musim hujan. Masa transisi musim kemarau ke musim hujan memang perlu diantisipasi karena biasanya bisa menyebabkan beberapa penyakit. Jadi pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik ya sobat WE+! 

Penulis: Raka 22 Feb 2022 437