Berbagai Macam Perlengkapan P3K dan Fungsinya, Wajib Ada!

Berbagai Macam Perlengkapan P3K dan Fungsinya, Wajib Ada!

Sobat WE+, cedera atau luka bisa terjadi secara tiba-tiba dan penanganannya pun harus cepat dilakukan untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Itulah mengapa kotak P3K sangat diperlukan. Selain itu, perlengkapan p3k memiliki fungsinya masing-masing yang harus disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Lalu, apa saja fungsinya? Berikut ulasannya.

Berbagai Macam Perlengkapan P3K dan Fungsinya

 

1. Kasa Steril Terbungkus

Kasa Steril berfungsi untuk menutupi luka yang telah dibersihkan. Caranya, lipat kasa steril untuk menyesuaikan ukuran lebar kasa dengan ukuran luka. Kemudian, tutup luka tersebut dan rekatkan dengan menggunakan plester.

2. Perban

Sobat WE+ terdapat 2 ukuran lebar perban dalam perlengkapan p3k, yaitu 5 cm dan 10 cm. Perban ini berfungsi untuk membalut luka yang sudah ditutup dengan kasa steril dan juga sebagai bantalan menghentikan luka yang pendarahan terus.

3. Plester

Perlengkapan selanjutnya adalah plester. Plester digunakan dalam perlengkapan p3k adalah plester yang berukuran 1,25 cm. Hal ini berfungsi untuk merekatkan luka yang telah ditutupi dengan kasa atau perban.

4. Plester Cepat

Plester Cepat berfungsi untuk menutupi luka yang kecil. Plester cepat pada umumnya sudah terdapat kasa bantalan yang diberi obat luka.Contohnya adalah Hansaplast. Sobat WE+ pasti sudah sering mendengarnya. 

5. Kapas

Kapas dalam perlengkapan p3k digunakan untuk membersihkan luka dan juga sebagai bantalan luka. Setelah membersihkan luka dengan kapas, harus memastikan tidak ada kapas yang tersisa pada luka.

6. Gunting

Gunting berfungsi untuk menggunting perban, plester ataupun perlengkapan p3k lainnya agar sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

7. Peniti

Fungsi Peniti yaitu untuk merapikan balutan yang berantakan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

8. Sarung Tangan Sekali Pakai 

Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan Sobat WE+ agar tidak terjadi kontak langsung dengan luka pasien dan juga untuk melindungi tangan dari bahaya terkena bahan kimia ataupun bakteri. Pakailah sarung tangan steril yang terbuat dari karet.

9. Masker

Masker digunakan sebagai alat perlindungan terhadap pernapasan bagi Sobat WE+ sendiri maupun korban. Penggunaan Masker yang baik adalah menutupi bagian hidung dan mulut.

10. Pinset

Pinset merupakan alat yang digunakan untuk mengambil alat steril ataupun benda asing yang ada pada luka.

11. Lampu Senter

Lampu Senter berfungsi untuk memperjelas dalam melihat luka ataupun pupil mata pasien pingsan. Jika mata pupil tetap melebar atau antara pupil kanan dan pupil kiri tidak sama artinya pasien benar-benar pingsan. Namun jika pupil mata mengecil saat disinari berarti pasien masih sadar.

12. Kantong Plastik Bersih

Kantong Plastik digunakan sebagai tempat untuk membuang bekas-bekas perawatan luka.

13. Povidone Iodine

Povidon Iodine adalah obat antiseptik yang digunakan untuk mengobati luka tersayat atau tergores yang tidak dalam. Caranya, oleskan povidon Iodine pada bagian luka. Jenis obat povidon Iodine sering ditemukan di pasaran seperti Betadine.

14. Alkohol 70%

Alkohol 70% digunakan sebagai antiseptik luka dan juga dapat digunakan sebagai perangsang orang yang pingsan agar segera sadar.

15. Buku Panduan P3K di Tempat Kerja

Sobat WE+ buku ini dipergunakan sebagai panduan dalam perlengkapan p3k. Isi dari buku tersebut adalah cara-cara untuk melakukan pertolongan pertama pada pasien patah tulang, luka bakar, korban keracunan, serangan asma, orang pingsan, dan untuk tindakan pertolongan pertama lainnya sebelum dibawa ke rumah sakit.

Itulah berbagai macam perlengkapan p3k yang wajib dibawa beserta fungsinya. Dengan pentingnya peran p3k ini untuk keselamatan dan kesehatan kita, jangan lupa untuk selalu menyiapkan p3k ini dirumah atau membawa perlengkapan ini ketika sobat WE+ bepergian ya! 

Penulis: Raka 19 Nov 2020 85454