Tidak Hanya Uang, Berikut 5 Investasi Diri Sendiri yang Penting

Tidak Hanya Uang, Berikut 5 Investasi Diri Sendiri yang Penting

Halo Sobat WE+, pasti jika berbicara mengenai investasi selalu tertuju pada hal materi. Namun investasi diri juga termasuk hal yang sangat penting sebelum kamu melakukan investasi harta benda. Pada dasarnya investasi terbaik yang tidak berisiko mengalami kerugian dan dapat meningkatkan kualitas hidup adalah investasi pada diri sendiri. Dalam kata lain, sebanyak apapun kamu berinvestasi dalam hal materi jika tidak diiringi dengan investasi diri akan terasa kurang. 

5 Investasi Diri yang Sangat Penting Dilakukan

Pada dasarnya investasi diri memiliki manfaat hingga seumur hidup. Investasi pada diri sendiri memiliki arti suatu upaya atau pengorbanan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri. Belajar adalah salah satu contohnya, semakin banyak kamu mempelajari sesuatu akan semakin banyak juga yang dapat kamu hasilkan. Untuk mengetahui jenis-jenis investasi diri lebih lanjut, berikut ini pembahasannya:

1. Memprioritaskan Pendidikan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu dari investasi diri yaitu belajar. Oleh karena itu pendidikan akan sangat penting dalam mengembangkan diri kamu. Dalam artian, pendidikan merupakan modal awal ketika kamu memasuki dunia kerja, dalam menempuh pendidikan tidak hanya untuk mengejar gelar saja. 

Namun yang terpenting adalah kecerdasan pola pikir dan cara berkomunikasi yang baik dengan orang-orang di sekitar. Menjalin hubungan baik dan memperbanyak relasi juga merupakan investasi yang akan mendatangkan manfaat di kemudian hari.

2. Mengembangkan Bakat

Kebanyakan orang tidak menekuni minat dan bakat mereka karena suatu alasan, seperti dilarang orang tua atau orang tersebut tidak terlalu ahli pada bidang tersebut. Namun jika dikembangkan dengan sungguh-sungguh, pasti akan berhasil dan suatu hari nanti kamu akan merasa bangga dengan bakat yang kamu miliki. Bakat tidak sepenuhnya muncul dengan sendirinya tapi juga perlu dikembangkan agar kualitas diri kamu bertambah.

3. Mengikuti Pelatihan

Meluangkan waktu mengikuti pelatihan untuk mengembangkan keterampilan juga merupakan investasi diri yang akan berguna di kemudian hari. Kamu bisa memilih mengikuti keterampilan sesuai dengan bidang pekerjaan, hobi, dan minat yang kamu sukai.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Selain itu, bisa juga menyesuaikan dengan kebutuhan keterampilan yang sedang dicari kebanyakan perusahaan di era sekarang. Contohnya seperti mengikuti pelatihan bahasa asing, saat ini kebanyakan perusahaan asing yang ada di Indonesia akan memprioritaskan pegawai yang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik.

4. Memenuhi Target Pencapaian

Setelah mempelajari banyak hal, kamu harus mencapai target pencapaian yang kamu buat dengan begitu kerja keras kamu selama ini akan berbuah hasil. Apapun yang keterampilan atau bakat yang kamu kembangkan cobalah untuk membuat pencapaiannya dan diwujudkan secara nyata. Contohnya ketika kamu menekuni dan mengembangkan kemampuan memasak, buatlah usaha catering kecil-kecilan di awal target. 

Jika dirasa kamu sudah mencapainya dan mampu menjalankan bisnis tersebut menaikkan level target pencapaian selanjutnya misalnya seperti membuat resto atau membuka cabang catering di beberapa wilayah. Menentukan dan berusaha mencapai target tersebut merupakan investasi diri yang perlu kamu terapkan pada diri sendiri.

5. Menjaga Kondisi Kesehatan

Menjaga kondisi kesehatan juga merupakan investasi pada diri sendiri yang juga sangat penting. Pasalnya kesehatan merupakan tiang utama, apalah arti semua keterampilan dan kecerdasan yang dimiliki jika kondisi badan sakit-sakitan. Oleh karena itu, memiliki tubuh yang sehat merupakan modal utama yang harus kamu miliki. Menjalani pola hidup yang sehat dan selalu rajin berolahraga akan menjaga kondisi kesehatan tetap prima. 

Selain itu juga memiliki kondisi tubuh yang sehat akan menghemat pengeluaran, bayangkan jika kamu sakit pasti akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pasalnya biaya perawatan medis saat ini tergolong mahal. Hal buruk lain yang ditimbulkan yaitu kamu tidak bisa bekerja seperti biasanya. Tentu akan sangat merugikan jika menyepelekan pentingnya memiliki tubuh yang sehat.

Investasi memang tidak selalu mengacu pada materi, investasi diri juga sangat penting diterapkan mulai sekarang karena akan bermanfaat untuk diri kamu sendiri. Jadi, Sobat WE+ jangan lupa untuk menerapkan beberapa investasi diri di atas ya!

Penulis: Raka 21 Jan 2021 1093