Suka Pepaya? Ini 5 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Suka Pepaya? Ini 5 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Sobat WE+, siapa nih diantara kalian yang suka pepaya? Manfaat buah pepaya sendiri memang sangat baik bagi kesehatan tubuh meskipun harganya murah dibandingkan buah lainnya. Bagi kamu yang suka makan buah maka pepaya bisa menjadi alternatif karena selain segar juga hemat di kantong. Di dalam kehidupan masyarakat kita sendiri buah tropis tersebut dikenal sebagai pencahar alami untuk mengatasi susah BAB. 

Buah ini enak dimakan langsung ataupun diolah menjadi manisan atau rujak saat masih mengkal. Tahun 1997 yang lalu The World’s Cancer Research Fund’s menemukan fakta bahwa konsumsi buah pepaya secara rutin bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penyakit. Begitu banyaknya manfaat dari buah pepaya dalam menjaga kondisi tubuh kita rasanya sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan 

Meskipun sederhana dan sering dianggap sebagai buah murahan namun manfaat pepaya tidak bisa dianggap enteng. Dengan rutin mengkonsumsinya maka kamu bisa mendapatkan manfaat pepaya yaitu antara lain sebagai berikut.

  1. Menjaga Kondisi Kesehatan Mata

Tidak jauh berbeda dengan wortel di dalam pepaya juga terdapat beta karoten yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Kamu bisa melihat warna pepaya memang mirip dengan wortel yaitu oranye dimana hal itu menunjukkan bahwa pada keduanya memiliki kandungan beta karoten.

Makan buah pepaya membantu kamu dalam menjaga kondisi kesehatan mata. Vitamin A atau beta karoten yang ada di dalam  pepaya menyediakan pelumas yang akan membuat mata tidak kering dan selalu lembab. Di samping itu kornea mata juga menjadi lebih sehat.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Bagus untuk Kuku dan Rambut

Bagi kaum hawa memiliki kuku dan rambut yang bagus adalah sebuah kebanggaan tersendiri karena penampilannya lebih sempurna. Kamu tidak perlu melakukan perawatan berbiaya mahal kalau ingin kuku dan rambut sehat dan juga bagus. Konsumsi saja buah pepaya secara rutin agar kesehatan kuku dan juga rambut senantiasa terjaga.

Itu semua karena adanya kandungan beberapa mineral penting di dalam buah pepaya yang berguna untuk kesehatan kuku dan rambut kamu seperti vitamin C dan K. Itulah mengapa banyak produk perawatan rambut contohnya sampo memakai pepaya sebagai bahan aktifnya.

  1. Mencegah Kanker

Buah pepaya juga memiliki khasiat yang bagus bagi tubuh dalam rangka menangkal dan menurunkan risiko kanker. Pepaya mengandung senyawa likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah penyakit kanker. Likopen akan bekerja menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab munculnya kanker di dalam tubuh kita.

  1. Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Organ jantung mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh tapi sayangnya rawan sekali terkena penyakit. Padahal sekali jantung terkena penyakit maka bisa mendatangkan resiko besar termasuk kematian mendadak. Kamu bisa menjaga kesehatan jantung dengan cara mudah dan murah yaitu rajin makan buah pepaya.

Selain senyawa likopen pada pepaya terdapat kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Zat antioksidan itulah yang akan meningkatkan kesehatan jantung kamu sehingga tidak mudah terkena gangguan maupun penyakit.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat pepaya yang paling dikenal masyarakat adalah sebagai obat sembelit alami. Hal tersebut dikarenakan adanya enzim papain yang akan membuat protein lebih mudah dicerna oleh tubuh. Pepaya juga bermanfaat untuk meredakan kembung pada perut kamu.

Itulah berbagai manfaat yang bisa sobat WE+ dapatkan dari buah pepaya. Manfaat buah pepaya ternyata cukup banyak bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.  Mulai sekarang jangan ragu untuk memasukkan buah pepaya ke dalam menu makanan kalian ya! 

Penulis: Raka 31 Jul 2021 90