Cara Mengatasi Insomnia Menurut Ahli

Cara Mengatasi Insomnia Menurut Ahli

Sobat WE+, insomnia yang terjadi terus menerus dalam jangka waktu lama tentu saja akan berimbas pada tingkat produktivitasmu. Tahukah kamu, kalau ternyata ada beberapa cara mengatasi insomnia menurut para ahli tanpa harus mengkonsumsi obat? Yuk, simak caranya berikut ini!

Inilah 8 Cara Mengatasi Insomnia Yang Bisa Kamu Lakukan

Gangguan tidur pada malam hari ini dapat mengganggu aktivitas harianmu karena tubuh akan merasa lelah di pagi hari. Beberapa cara sederhana ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia. Penasaran apa saja caranya? Simak, yuk!

 

  • Tidur Dalam Ruang Gelap dan Nyaman

 

Masih suka menyalakan lampu saat tidur? Kamu harus mengubah kebiasaan ini dan mulai belajar untuk tidur di ruangan gelap. Saat kamar tidak ada pencahayaan, maka kamu akan lebih mudah mengantuk karena otak tidak terus terjaga. 

Buatlah kamar senyaman mungkin. Pada tahap awal, jika kamu belum bisa tidur tanpa penerangan, maka ubahlah lampu tidur dengan yang lebih redup. Hindari menyalakan televisi di dalam kamar saat akan tidur.

 

  • Hindari Tidur Siang

 

Kamu terganggu dengan insomnia tapi masih suka tidur siang? Nah, sudah saatnya kamu mengubah pola tidurmu. Saat kebutuhan untuk tidur sudah tercukupi pada siang hari, maka besar kemungkinan kamu akan mengalami insomnia.

Cobalah untuk memiliki pola tidur yang rutin, sehingga tubuhmu akan menyesuaikan. Saat jadwal tidurmu berantakan, maka tubuh akan sulit mengenali kapan waktunya tidur dan bangun pagi.

 

  • Ayo Olahraga secara Rutin

 

Olahraga secara rutin terbukti dapat membuatmu cepat mengantuk di malam hari. Saat tubuhmu merasa lelah karena berolahraga, maka hal ini dapat memicu datangnya rasa ngantuk. Tubuh yang lelah setelah berolahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Tunggu apalagi? Segera jadwalkan untuk berolahraga secara rutin ya.

 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  • Tetap Relaks

 

Tahukah kamu? Terlalu banyak pikiran dan juga khawatir itu ternyata dapat memicu insomnia. Cobalah untuk rileks dan tidak memikirkan sesuatu yang membuatmu tidak tenang sebagai salah satu cara mengatasi insomnia. Memutar musik relaksasi dapat menjadi salah satu cara agar kamu merasa tenang. Saat ini tentu kamu bisa dengan mudah untuk mengunduh musik-musik relaksasi sesuai dengan kebutuhan.

 

  • Mandi Sebelum Tidur? Mengapa Tidak?

 

Salah satu cara untuk membuatmu merasa nyaman dan mudah mengantuk adalah dengan mandi sebelum tidur. Bagaimana jika ternyata daerahmu hawanya dingin? Gunakan air hangat untuk mandi malam hari. Peredaran darah akan lancar sehingga kamu merasa tenang dan akan mudah mengantuk. 

 

  • Stop Begadang

 

Masih suka begadang? Hentikan kebiasaan ini kalau kamu mau terbebas dari insomnia. Tubuhmu akan terus berjaga apabila kamu terbiasa tidur terlalu larut. Secara bertahap, ubahlah jam tidurmu menjadi lebih awal. Dengan demikian tubuhmu akan melakukan penyesuaian sehingga tidak lagi merasa bugar meski sudah larut malam.

 

  • Hindari Minuman yang Mengandung Kafein dan Alkohol Sebelum Jam Tidur

 

Secangkir kopi di malam hari yang dingin tentu saja memang nikmat. Namun kamu harus menghindarinya jika tidak ingin terjaga sepanjang malam. Agar tidurmu menjadi nyaman dan terbebas dari insomnia, abaikan makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum jam tidur.

 

  • Pijat, Yuk!

 

Menurut para ahli nih, pijat ternyata bisa menjadi cara mengatasi insomnia yang bisa kamu lakukan. Pijat dapat membuatmu merasa relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. Selain itu, kegiatan ini dapat menghilangkan rasa lelah, pegal-pegal di tubuh, dan bahkan dapat mengurangi rasa khawatirmu.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi insomnia yang mudah dan sederhana. Buang jauh-jauh kekhawatiranmu sebelum berangkat tidur dan coba cara-cara diatas. 

Penulis: Raka 27 Nov 2021 25