Cara Sehat yang Murah

Cara Sehat yang Murah

Kesehatan merupakan aset utama dalam hidup. Dengan kondisi yang sehat, tentu bisa melakukan semua kegiatan tanpa hambatan. Namun, untuk meraihnya, Tidak perlu biaya yang mahal. Banyak cara sehat murah, bisa kamu lakukan untuk meraihnya.

7 Rekomendasi Cara Sehat Murah

Siapa bilang untuk sehat harus mahal? Nyatanya, ada pilihan untuk melakukannya dengan cara mahal. Namun, ada juga yang murah. Jika ingin cara lebih ramah di kantong, kamu bisa melakukannya seperti pada cara yang ada di bawah ini.

1. Jalan Kaki dan Jogging

Di pusat kebugaran, kamu akan mendapati banyak alat olahraga yang akan membantu dalam menjalani sesi latihan. Misalnya untuk melatih otot tangan, perut, kaki, dan sebagainya. Termasuk juga alat angkat beban, treadmill, dan sepeda statis.

Namun untuk berolahraga di gym, kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, agar olahraga tetap murah, kamu bisa berjalan kaki maupun jogging di seputaran rumah. Lakukan 30 menit setiap hari untuk mengoptimalkan hasilnya. Ada baiknya melakukannya di pagi hari saat udara masih segar.

2. Memasak Makanan Sehat Di Rumah

Cara murah lainnya untuk meraih sehat adalah dengan memasak makanan sendiri. Dengan melakukannya, kamu bisa mendapat keuntungan, yaitu bisa menghemat biaya, sekaligus memastikan penggunaan bahan berkualitas dan pengolahannya higienis.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan penghematan dengan mengganti ke bahan yang lebih murah. Contohnya, mengganti daging dengan ikan maupun telur yang nilai gizinya setara. Dengan demikian, tentu bisa menyajikan menu sehat seimbang dengan harga terjangkau dan lebih hemat.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Menanam Sayur Sendiri

Sebagai pelengkap gizi, sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur. Agar lebih murah, kamu bisa menanamnya sendiri. Adapun teknik penanamannya bisa kamu sesuaikan dengan kondisi lahan. Bisa tanam langsung di tanah, polybag, maupun wadah bekas. Ada juga teknik menanam hidroponik.

4. Melakukan Meditasi

Kehidupan sehari-hari yang sibuk dengan berbagai permasalahannya sangat rawan menimbulkan stres. Untuk itu, ada baiknya rutin melakukan meditasi sendiri di rumah. Salah satu cara sehat murah ini berguna dalam menjaga stabilitas emosi, menurunkan tekanan darah, meredakan stres, dan lainnya.

Sisihkan setidaknya 30 menit untuk melakukan meditasi. Biarkan pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang. Jika melakukannya dengan baik, maka detak jantung akan menjadi stabil dengan ritme yang tepat. Selain itu, tubuh pun terasa lebih segar dan bersemangat.

5. Mengurangi Makanan Cepat Saji 

Selain melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan, sebaiknya juga mengurangi konsumsi makanan siap saji, baik itu yang ada di restoran, maupun produk instan. Jenis makanan ini, selain mahal, juga memiliki banyak kekurangan yang merugikan kesehatan. Di antaranya adalah kandungan lemak, gula, dan garam tinggi.

6. Cara Sehat Murah Dengan Melakukan Hobi yang Positif

Berikutnya, kamu juga perlu menyisihkan waktu untuk melakukan hobi yang positif. Kegiatan ini dapat memicu produksi hormon endorfin yang bisa menjadi pereda rasa sakit alami. Selain itu, hobi bisa memicu meningkatnya kinerja otak dan mendorong berkembangnya kreativitas.

7. Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit di dalam tubuh. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Jadi, jika terdeteksi ada penyakit, bisa segera mengobatinya.

Namun, mengingat saat ini biaya pengobatan medis tergolong mahal, penting untuk memiliki asuransi. Produk perlindungan ini bisa membuat ongkos berobat terasa lebih murah. Hal itu karena risiko tersebut telah beralih pada perusahaan asuransi, ketika kamu membayar preminya. Untuk produk asuransi terbaik, silahkan kunjungi WePlus.id. Ada banyak sekali perusahaan asuransi dan penawaran produknya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan budget. 

Nah, sobat WE+ itulah beberapa cara sehat murah yang bisa kamu terapkan. Mulai sekarang, jangan abaikan pentingnya hidup sehat agar kamu senantiasa bugar ya! 

Penulis: Raka 08 Mar 2022 111