Simak! Berikut 5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Jantung

Simak! Berikut 5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Jantung

Halo Sobat WE+, kesehatan jantung merupakan hal penting yang harus dijaga mengingat jantung merupakan organ terpenting dalam menopang kehidupan manusia. Untuk itu menjaga kesehatan jantung sangat penting salah satu caranya dengan mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat untuk jantung terdiri dari buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. 

Selain mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung, alangkah baiknya jika kamu menghindari mengkonsumsi makanan cepat saji karena mengandung banyak kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat mengganggu fungsi jantung yang ada pada tubuh kamu. 

5 Makanan Sehat untuk Jantung  yang Sehat

Agar jantung sehat, kamu juga disarankan untuk berhenti merokok dan mulai menjalani pola hidup yang sehat seperti rutin berolahraga, menjaga asupan makanan, dan istirahat yang cukup. Dengan melakukan hal-hal tersebut kamu akan terhindar dari serangan penyakit jantung hingga 82 persen. Nah, berikut ini daftar makanan sehat untuk jantung yang harus kamu konsumsi setiap hari agar jantung senantiasa sehat dan berfungsi dengan baik.

1. Teh Hijau

Dengan rutin mengkonsumsi teh hijau setiap hari dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Namun, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan harus disesuaikan karena makanan sehat sekalipun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan masalah. 

Mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit batu ginjal. Untuk itu konsumsi secara wajar dan jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi dan sistem kemih tetap lancar.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

2. Buah Apel

Makanan sehat untuk jantung selanjutnya yaitu buah apel. Buah apel disinyalir dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Dengan kondisi tersebut  secara tidak langsung buah apel dapat mengurangi gangguan pada organ jantung. 

Buah apel mengandung fitonutrien dan juga senyawa lain bernama epicatechin. Kedua senyawa tersebut merupakan zat antioksidan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah pada penderita penyakit darah tinggi. Tidak heran jika buah ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

3. Buah Beri

Makanan sehat untuk jantung diantaranya adalah kelompok buah beri seperti blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry. Buah-buahan beri tersebut dapat dijadikan makanan sehat yang enak untuk menjaga kondisi jantung tetap sehat. Hal itu terjadi karena buah beri-berian memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyakit serangan jantung. Namun, masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat buah beri terhadap kesehatan jantung secara uji klinis.

4. Buah Anggur

Selain buah dari kelompok beri, buah anggur juga dapat mengurangi risiko penyakit serangan jantung. Selain itu juga, buah anggur dapat mencegah penyakit darah tinggi. Hal tersebut dapat terjadi karena kandungan serat dan flavonoid yang ada di dalamnya yang dapat mencegah gangguan pada organ jantung.

5. Biji-bijian Utuh

Makanan sehat untuk jantung selanjutnya dalam kategori biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, dan jagung yang dapat dikonsumsi setiap harinya sebagai makanan pokok pengganti nasi. Jenis makanan tersebut dapat mengurangi risiko terkena penyakit serangan jantung, diabetes, dan obesitas. Itu karena di dalam biji-bijian tersebut mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti serat, protein, antioksidan, vitamin B, zat besi, dan magnesium.

Setelah kamu mengetahui makanan sehat untuk jantung tersebut, untuk selanjutnya Sobat WE+ dapat mulai menjalani pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan di atas. Jangan lupa untuk selalu rajin berolahraga dan berhenti merokok agar kondisi organ jantung tetap terjaga.

Penulis: Raka 25 Jan 2021 155