Kenali Manfaat Kopi Tanpa Gula Bagi Kesehatan Tubuh Kamu

Kenali Manfaat Kopi Tanpa Gula Bagi Kesehatan Tubuh Kamu

Kopi termasuk salah satu minuman populer di Indonesia. Saking populernya, kini menjamur kedai kopi di berbagai pelosok nusantara. Cara menikmati kopi umumnya diseduh dengan gula. Namun banyak juga yang menikmati kopi pahit  karena tahu manfaat kopi tanpa gula bagi tubuh.

Manfaat Kopi Tanpa Gula

Bagi Sobat penikmat kopi tanpa gula, ada beberapa keuntungan dari kebiasaan minum kopi pahit. Berikut keuntungannya.

 

  • Meningkatkan Daya Ingat

 

Siapa sangka manfaat minum kopi tanpa gula ternyata dapat meningkatkan daya ingat. Jika demikian, kopi pahit cocok diminum oleh orang-orang yang sudah berkurang daya ingatannya, alias pikun, akibat faktor bertambahnya usia.

 

  • Meningkatkan Aktivitas Fisik

 

Untuk Sobat yang aktivitasnya lebih banyak di lapangan, disarankan untuk rutin minum kopi tanpa gula. Sebab, minum kopi pahit ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, minum kopi pahit juga akan memacu adrenalin kamu untuk meningkatkan aktivitas fisik.

 

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

 

Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting yang harus dijaga kesehatannya. Tahukah Sobat jika khasiat kopi tanpa gula dapat meningkatkan kesehatan jantung?

Jika diminum secara teratur, kopi pahit dapat meningkatkan tekanan darah. Manfaat lain, kopi tanpa gula dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke, hingga mengurangi resiko peradangan di tubuh.

 

  • Menurunkan Berat Badan

 

Untuk Sobat yang mengalami masalah dengan berat badan, cobalah untuk mengkonsumsi kopi tanpa gula secara rutin. Kopi hitam dipercaya dapat membakar lemak di dalam perut. Selain itu, minum kopi tanpa gula juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

 

  • Membersihkan Racun

 

Khasiat mengkonsumsi kopi pahit lainnya adalah dapat membersihkan racun dalam tubuh. Umumnya, orang yang suka minum kopi pahit menjadi sering kencing. Kopi pahit akan mendorong racun keluar bersamaan dengan keluarnya air kencing (urin).

 

  • Meningkatkan Kecerdasan

 

Kebiasaan minum kopi tanpa gula dipercaya dapat meningkatkan fungsi kognitif. Selain fungsi kognitif, kopi hitam juga mampu memperbaiki energi dan suasana hati (mood). Itu semua muaranya adalah meningkatnya kecerdasan otak.

 

  • Mengurangi Risiko Diabetes

 

Inilah manfaat utama kopi tanpa gula, yakni mengurangi risiko diabetes. Konsumsi gula yang berlebihan merupakan salah satu penyebab diabetes. Dengan minum kopi tanpa gula maka produksi insulin meningkat yang secara otomatis dapat membantu menurunkan risiko diabetes.

 

  • Mengurangi Risiko Kanker

 

Khasiat minum kopi tanpa gula ternyata bukan main-main. Risiko penyakit berat seperti kanker pun bisa dikurangi dengan mengkonsumsi kopi tanpa gula secara rutin. Bagaimana cara kerjanya?

Dalam biji kopi terdapat senyawa yang dapat membantu mencegah salah satu penyakit paling mematikan ini. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi kopi pahit antara lain kanker hati, payudara, dan usus besar.  

 

  • Mencegah Penyakit Alzheimer

 

Selain kanker, manfaat kopi hitam tanpa gula juga dapat mencegah penyakit mematikan lainnya, yakni Alzheimer. Penyakit yang hingga kini belum ditemukan obatnya ini umumnya menyerang orang berusia lanjut. Untuk itu, bagi para manula disarankan agar sering-sering minum kopi tanpa gula.

 

  • Mengurangi Stress

 

Jika Sobat mengalami stres karena urusan pekerjaan. Cara menenangkannya,  jangan tunda lama-lama, dan segera seduh kopi tanpa gula. Inilah khasiat minum kopi tanpa gula untuk mengurangi stress.

Percayalah, mood kamu akan cepat membaik dengan secangkir kopi pahit. Perlu Sobat tahu, manfaat kopi dapat meningkatkan hormon serotonin yang berfungsi meningkatkan suasana hati seseorang.

 

  • Membuat Bahagia

 

Bahagia adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres atau depresi. Dengan bahagia, seberat apapun permasalahan yang sedang kamu hadapi akan terasa ringan. Bagaimana cara membuat bahagia? Cukup minum kopi tanpa gula secara rutin setiap hari.

Jika sudah tahu manfaat kopi tanpa gula, disarankan agar mulai sekarang kamu tidak memakai gula saat menikmati secangkir kopi. Kopi pahit itu lebih sehat, karena dapat mengurangi risiko penyakit gula (diabetes).

 

RELATED ARTICLES:

Penulis: Raka 06 Jul 2020 143