Sering Dianggap Sepele, Inilah Manfaat Dari Berjemur!

Sering Dianggap Sepele, Inilah Manfaat Dari Berjemur!

Beberapa orang sering mengabaikan kegiatan berjemur, katanya itu hanya membuang waktu dan akan membuat tubuh tidak nyaman karena panasnya. Padahal, bila dilakukan dengan cara yang tepat dan di waktu yang sesuai, berjemur banyak memberikan manfaat positif bagi tubuh kita. Mengingat sinar matahari sendiri, terutama di pagi hari, memiliki berbagai vitamin D yang bagus untuk pembentukan daya tahan tubuh. Lantas, apa sajakah manfaat berjemur yang perlu diketahui?

Ragam Manfaat Berjemur

Sobat WE+, inilah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berjemur:

  1. Merangsang Hormon Serotonin

Sinar matahari pagi juga berperan dalam merangsang produksi hormon serotonin dalam otak manusia. Seperti yang diketahui, hormon serotonin sendiri merupakan neurotransmitter yang ada pada otak yang memiliki fungsi untuk mengatur suasana hati berikut perasaan lebih nyaman.

  1. Menangkal Virus Covid-19

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sinar matahari mampu mempengaruhi produksi vitamin D yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita. Sebuah riset yang dikeluarkan oleh National Center of Biotechnology Information menunjukkan jika paparan sinar matahari pagi membawa korelasi signifikan pada proses pemulihan pasien terjangkit Covid-19. Konon efek ini timbul karena sinar matahari memiliki UVB yang bisa meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh.

  1. Efektif Membantu Pertumbuhan Anak

Di masa pertumbuhan, anak-anak memerlukan paparan sinar matahari yang cukup, terlebih bagi bayi yang baru saja menjalani bulan-bulan pertama kehidupannya. Diketahui, efek sinar matahari bagi anak-anak ialah menentukan seberapa tinggi nantinya anak tersebut bisa bertumbuh kembang.

  1. Mencegah Diabetes

Baru-baru ini, sebuah studi teranyar menunjukkan korelasi antara paparan sinar matahari yang cukup dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 pada anak. Lebih lanjut, penelitian lain meyakini vitamin D3 yang dibawa sinar matahari bisa menurunkan kadar gula darah dengan merangsang penyimpanan kadar gula darah di organ hati dan otot manusia.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Detoksifikasi Tubuh

Disamping baik untuk meningkatkan sirkulasi darah, berjemur di bawah sinar matahari secara rutin diklaim ampuh mengeliminasi racun dalam tubuh dengan cara memperbaiki fungsi hati. Dimana nantinya, racun-racun tadi bakal dieliminasi lewat aliran darah.

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Sejumlah ahli berpendapat jika sinar matahari pagi merupakan salah satu pengobatan terbaik dalam meningkatkan sistem pencernaan berikut metabolisme. Konon, berjemur secara langsung di bawah sinar matahari bisa meningkatkan nafsu makan.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Pada dasarnya, kurangnya vitamin D dapat meningkatkan risiko kanker, termasuk kanker payudara dan kanker usus besar. Gabungan beberapa profesor dari University of California berpendapat bahwa ada lonjakan 3 kali lebih tinggi risiko pasien kanker akibat kekurangan vitamin D. 

Diketahui, penelitian tersebut dilakukan di Meksiko, dan disimpulkan manfaat berjemur bisa menurunkan risiko pengembangan bentuk kanker sampai 60%. Namun perlu dicatat, saat kita berjemur tanpa pengetahuan yang benar mengenai durasi dan jam yang tepat, risiko timbulnya kanker kulit pun akan meningkat.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Sebuah penelitian yang digagas oleh ilmuwan saraf dari University of Cambridge, David Llewellyn, menyatakan adanya lebih dari 1700 pria dan wanita di Inggris dengan usia sekitar 65 tahun atau lebih yang mempunyai fungsi otak menurun akibat kebutuhan vitamin D yang tidak terpenuhi.

Penelitian lain pun mendukung dengan menyatakan jika sinar matahari bisa memacu pertumbuhan sel saraf pada hipokampus, atau bagian dari otak yang memiliki tanggung jawab mengatur, membentuk, sekaligus menyimpan memori.

Itulah beberapa manfaat dari berjemur yang perlu kamu ketahui. Meskipun sering disepelekan dan jarang dilakukan, nyatanya ada banyak manfaat yang terselip dari kegiatan sederhana seperti berjemur selama beberapa menit saja. Jadi, selalu sempatkan diri untuk berjemur ya sobat WE+! 

Penulis: Raka 06 Oct 2022 76