6 Manfaat Vitamin C yang Perlu Kamu Tahu, Simak di Sini!

6 Manfaat Vitamin C yang Perlu Kamu Tahu, Simak di Sini!

Ada banyak kegunaan dari vitamin C khususnya dalam menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Apalagi vitamin C juga aman dikonsumsi dan mudah diperoleh ya Sobat WE+. Karena jenis vitamin ini banyak dijual di berbagai tempat. Tapi tahukah kamu apa saja manfaat vitamin C yang baik bagi tubuh?

Sumber vitamin C itu sendiri bisa kamu peroleh dari apa saja, yang tentunya termasuk jenis makanan sehat. Misalnya dari buah-buahan seperti jeruk, pepaya, mangga, dan sebagainya. Tubuh memerlukan vitamin C untuk perkembangan dan untuk menjaga fungsi dari organ tubuh. Vitamin C juga erat kaitannya dengan fungsi kekebalan tubuh.

Manfaat Vitamin C untuk Menunjang Kinerja Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat vitamin C untuk kulit dan juga tubuh:

1. Mencegah Stres Oksidatif

Manfaat pertama dari asupan vitamin C adalah untuk pencegahan stress oksidatif. Jika tubuh kekurangan vitamin C maka ada banyak penyakit atau gangguan kesehatan yang terjadi. Salah satunya stress oksidatif yang disebabkan oleh jumlah radikal bebas yang tinggi.

Para penderita obesitas, peminum alkohol atau perokok biasanya memiliki tingkat stres oksidatif yang cukup tinggi. Maka konsumsi vitamin C adalah solusi yang tepat untuk mencegah stres oksidatif tersebut ya sobat WE+.

2. Membantu Mengatasi Flu

Tidak hanya stress oksidatif, vitamin C juga ampuh dalam mengatasi flu, walaupun vitamin ini bukanlah untuk flu secara langsung. Namun konsumsi vitamin C bisa mencegah terjadinya komplikasi yang serius pada tubuh. Terbukti bahwa vitamin C bisa mengurangi risiko terjadinya infeksi pada paru-paru dan pneumonia, pada saat sedang flu.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3. Mencegah Stroke

Sebagai salah satu penyakit yang bisa berakibat fatal untuk tubuh, stroke memang sangat penting untuk dicegah. Sobat WE+ bisa mencegah stroke ini dengan mengkonsumsi vitamin C. Kadar vitamin C yang tinggi dalam darah akan meminimalisir terjadinya stroke. 

Kadar vitamin C yang tinggi tersebut juga berhubungan erat dengan kebiasaan konsumsi buah-buahan dan sayur. Kebiasaan konsumsi buah dan sayur ini bukan hanya baik untuk mencegah stroke saja, tetapi juga membuat asupan vitamin, serat dan mineral dalam tubuh menjadi lebih optimal.

4. Memperlambat Penuaan Kulit

Manfaat lainnya dari vitamin C ini adalah untuk memperlambat penuaan kulit. Kandungan antioksidan di dalam vitamin C juga akan mempengaruhi sel yang berada di dalam atau luar tubuh. Menurut penelitian, konsumsi vitamin C juga bisa memperlambat penuaan pada kulit misalnya keriput serta kulit kering. Maka penampilan pun akan menjadi lebih prima.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin C juga mampu menjaga kesehatan mata dengan baik. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan degenerasi makula. Atau yang disebut dengan menurunnya kualitas penglihatan yang disebabkan oleh penuaan dini. Rutin konsumsi vitamin C juga bisa mencegah terjadinya katarak.

6. Mengontrol Tekanan Darah dan Mempercepat Penyembuhan Luka dan Infeksi

Vitamin C juga baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi karena memiliki kemampuan dalam mengontrol tekanan darah. Vitamin C yang tinggi juga memberi efek diuretik yang mampu mendorong kelebihan cairan yang ada di dalam tubuh. Yang bisa menurunkan tekanan darah.

Tidak hanya itu, vitamin C juga berkontribusi dalam produksi kolagen. Kolagen ini merupakan komponen dalam pembentukan jaringan otot, ligamen, usus, kulit dan sebagainya. Kandungan antioksidannya juga mampu melawan infeksi.

Nah sobat WE+, itulah berbagai manfaat vitamin C yang berguna untuk kesehatan tubuh. Dengan berbagai manfaat ini, tentunya vitamin C punya peran yang besar ya untuk kesehatan kita. Maka dari itu, selalu penuhi asupan vitamin C kamu agar tubuh senantiasa sehat dan bugar ya sobat WE+.

Penulis: Raka 23 Jan 2021 258