Ketahui Kegunaan Vaksin Covid-19 Beserta Efek Sampingnya

Ketahui Kegunaan Vaksin Covid-19 Beserta Efek Sampingnya

Vaksin untuk Corona Virus atau Covid-19 sudah mulai diberikan sejak Desember 2020 di Indonesia. Namun, dari sekian banyak kontroversi yang ada, pemberian vaksin ini dinilai masih belum cukup aman. Selain ada yang dari metode baru, juga karena ketakutan akan efek samping yang menyertai setelah dilakukannya pemberian vaksin Covid-19 tersebut.

Akan tetapi perlu diketahui juga dari sekian banyak efek yang ditakutkan dari penggunaan vaksin ini, nyatanya ini adalah proteksi terbaik saat ini yang bisa digunakan. Sebab, Covid-19 adalah virus baru dengan kecepatan mutasi yang tinggi. Sehingga, tidak heran jika dinamakan dengan virus seribu wajah. Jadi, lebih baik amankan diri dengan segala perlindungan yang bisa digunakan saat ini.

Beberapa Hal Terkait Vaksin Covid-19 yang Perlu Dipahami

Agar tidak termakan hoax mengenai berbagi informasi terkait vaksin Covid-19 yang konon katanya memiliki efek samping bermacam-macam, maka ada baiknya memahami seperti apa vaksin itu bekerja. Ulasan lengkapnya bisa disimak dalam beberapa poin penjelasan di bawah ini.

1. Cara Kerja Dan Kegunaan Vaksin Covid-19

Vaksin yang siap edar bukanlah vaksin yang asal buat atau asal jadi. Pada awalnya, vaksin dimulai dengan pengambilan sampel virus dari banyak negara atau kasus. Selanjutnya virus dimatikan atau diberi perlakuan khusus sehingga dalam kondisi non aktif akan tetapi protein penyusunnya masih ada. Nah, protein yang dalam kondisi perlakuan tertentu ini nantinya akan dimasukkan ke tubuh inang untuk memicu reaksi imunitas.

Imunitas tubuh seperti bala tentara yang siap sedia menyerang senyawa atau zat asing. Nah, analoginya kalau sudah pernah diserang maka tubuh dengan cerdasnya bisa beradaptasi dengan menciptakan protokol penaklukannya. Oleh karena itu, vaksin dimasukkan dengan tujuan tubuh mengenali dan menciptakan formula pertahannya. Sehingga, ketika ada virus aktif beneran yang masuk, tubuh sudah siap dan tidak kaget lagi. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Jadi, fungsi vaksin ini lebih ke arah proteksi. Seperti asuransi, kalau ada kondisi terburuk bisa tetap tenang karena sudah ada yang mengcover. Sedangkan kalau tidak ada, ya tetap santai saja karena sudah memiliki amunisi untuk menghadangnya. Keren sekali bukan cara kerja tubuh? Oleh karena itu jangan ragu untuk memberikan perlindungan terbaik karena semua orang di dunia juga tidak tahu kapan pandemic ini akan berakhir.

2. Efek Samping Vaksin Covid-19

Sejak mulai digunakan secara massal dan sudah melalui berbagai uji coba, maka vaksin ini juga memiliki efektifitas yang lumayan tinggi. Bisa mencapai lebih dari 80%. Oleh karena itu tidak boleh lengah dan harus tetap dipantau setelah pemberian. Dari sekian banyak laporan yang terekam oleh media, berikut ini beberapa efek samping yang dilaporkan. 

  1. Lengan terasa nyeri dan sakit di 24 jam pertama
  2. Pada kondisi terburuk bisa memicu reaksi alergi
  3. Demam ringan
  4. Seperti kelelahan
  5. Sakit kepala

Perlu digaris bawahi, efek samping di atas juga bukan mutlak karena pemberian vaksin corona tersebut. Karena tubuh juga tidak bisa dikontrol 100% dalam kondisi yang diinginkan. Kadangkala efek sugesti, ketakutan-ketakutan berlebih juga dapat memicu gejala efek samping di atas. 

Begitu juga riwayat kesehatan juga berpengaruh besar. Meski di awal sudah di screening dengan beberapa pertanyaan seputar riwayat kesehatan yang tidak boleh divaksin, tetapi tetap saja perlu diwaspadai. 

Demikianlah pembahasan singkat mengenai vaksin covid-19 beserta efek sampingnya. Tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan. virus ini nyata dan memiliki 1000 modus yang bisa mengecoh tubuh. Jadi tetap jaga tubuh dalam kondisi sehat, aktifitas outdoor secukupnya dan focus pada memperkuat sistem imun ya sobat WE+.

Penulis: Raka 19 Jan 2021 867