7 Manfaat Saffron yang Jarang Diketahui, Sudah Tahu Belum?

7 Manfaat Saffron yang Jarang Diketahui, Sudah Tahu Belum?

Halo sobat WE+! Pernahkah kalian mendengar rempah-rempah yang bernama saffron? Ternyata sebagai rempah, manfaat saffron terkenal sangat banyak loh. Saffron ini bisa dipakai untuk segala jenis kebutuhan, misalnya digunakan untuk pewarna, penyedap atau bahkan perisa makanan alami. Selain itu, saffron juga baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Saffron merupakan jenis rempah yang berupa benang halus dan juga tipis, memiliki warna merah dan asalnya yaitu dari bunga Crocus Sativus. Sobat WE+ tahu juga nggak kalo saffron ini ternyata menjadi salah satu jenis rempah termahal di dunia. Kenapa? Karena cara menanam dan cara panennya terbilang sulit. Selain itu, juga diperlukan teknik khusus untuk menanam dan memanen rempah tersebut. Dalam memproduksi 1 gram benang saffron, diperlukan sekitar 150 bunga. Mungkin itu juga yang bikin rempah saffron ini harganya jadi mahal.

Manfaat Saffron dan Khasiatnya Menurut Sejumlah Penelitian

Lalu, apa saja manfaat dari rempah saffron ini? Yuk kita bahas lebih lengkap

1. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat pertama dari saffron adalah untuk radikal bebas. Beragam komponen antioksidan yang terkandung di dalam rempah saffron ini mampu menangkal radikal bebas. Itulah sebabnya saffron bisa melindungi sel di dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas biasanya menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker, jantung, atau penyakit kronis lainnya.

2. Mengurangi Berat Badan dan Menurunkan Nafsu Makan

Saffron juga bisa digunakan untuk Kamu yang lagi diet loh Sobat WE+. Menurut sejumlah penelitian, wanita yang konsumsi saffron selama 8 minggu akan mengalami penurunan nafsu makan. Berat badannya pun turun dengan lebih signifikan dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi suplemen mengurangi berat badan. Ukuran lingkar perut dan massa dari lemak total juga bisa berkurang jika penderita jantung koroner mengkonsumsi saffron

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3. Meningkatkan Mood dan Mengatasi Depresi

Saffron tak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga bagus untuk kesehatan mental. Masih menurut sejumlah penelitian, saffron juga bisa menjadi tambahan pengobatan bagi pasien yang menderita depresi ringan dan sedang. Apalagi efek samping dari konsumsi saffron ini juga cenderung kecil.

4. Membantu Pengobatan Penyakit Kanker

Rempah saffron ini juga bisa menekan laju pertumbuhan sel kanker yang berkembang di dalam tubuh. Terutama pada pertumbuhan sel kanker pada kanker usus. Komponen antioksidannya mampu membuat sel kanker menjadi lebih sensitif pada kemoterapi.

5. Meringankan Gejala PMS dan Nyeri Haid

Bagi sobat WE+ wanita yang sering nyeri haid, maka bisa mencoba saffron ini. Sekelompok wanita mengkonsumsi kapsul yang dibuat dari bahan saffron setiap dua kali sehari. Maka mereka mengalami gejala fisik dan emosional yang lebih ringan dibanding wanita yang tak mengkonsumsi kapsul berbahan saffron itu sendiri.

6. Menurunkan Kadar Lemak Darah

Konsumsi saffron juga bisa menurunkan kadar lemak darah atau kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik.

7. Meringankan Penyakit Alzheimer

Manfaat saffron yang terakhir adalah untuk meringankan penyakit Alzheimer. Penelitian juga dilakukan pada para alzheimer dengan mengkonsumsi kapsul saffron sekitar 15 mg sekitar 2 kali sehari. Hal itu bisa meningkatkan fungsi kognitif pada penderita alzheimer dengan hasil yang cukup signifikan.

Nah sobat WE+, itulah berbagai manfaat saffron untuk kesehatan. Selama dosisnya tidak berlebihan, konsumsi saffron ini masih aman untuk kesehatan tubuh. Efek yang biasa muncul dari konsumsi saffron yang berlebihan adalah berubahnya nafsu makan, mengantuk, sakit kepala, sakit perut dan sebagainya. Jadi, selalu konsumsi saffron dalam batas yang wajar ya! 

Penulis: Raka 05 Feb 2021 45