Seberapa Penting Sih Dana Darurat?

Seberapa Penting Sih Dana Darurat?

Masalah pengaturan keuangan memang selalu menjadi hal yang harus sangat diperhatikan. Termasuk dana darurat yang penting untuk kestabilan keuangan. Jika sobat WE+ belum memilikinya, pentingnya dana darurat harus mulai dipikirkan, agar ketika dalam kondisi terjepit, kamu tidak kelimpungan.

Memang benar, bekerja keras juga harus menyenangkan diri, semisal dengan membelanjakan uang untuk menghargai kerja keras yang dilakukan. Namun juga jangan lupa diri, yang jatuhnya malah jadi boros, tidak menabung dan memikirkan masa depan. Kamu juga wajib memikirkan pentingnya dana darurat yang sewaktu-waktu bisa dipakai saat dalam kondisi kesulitan.

4 Alasan Pentingnya Dana Darurat

Penting tidak sih dana darurat itu? Jelas sangat penting, karena semua orang tidak ada yang tahu bagaimana masa depan. Berikut adalah alasan pentingnya dana darurat yang harus ada dalam prinsip keuangan kamu. 

1. Pentingnya Dana Darurat Saat Sakit Atau Kecelakaan Menimpa 

Setiap orang pasti tidak ingin sakit, termasuk kamu bukan? Begitu juga dengan kecelakaan, tidak ada yang ingin mengalami namanya kecelakaan. Kamu dan semuanya memang akan berusaha untuk menjaga kesehatan serta berhati-hati di jalan. Namun jika ternyata kamu atau keluarga yang mengalaminya? 

Pastinya sesegera mungkin akan pergi ke tempat pelayanan kesehatan untuk mencari pertolongan. Ketika sedang dilanda sakit pastinya akan diupayakan dengan segala cara bukan untuk mengobatinya. pastinya biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Itulah pentingnya dana darurat harus kamu miliki, sebagai antisipasi ketika datang kondisi darurat seperti ini.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Dengan memiliki simpanan dana darurat, maka ketika kamu dalam kondisi urgent (sakit atau mengalami kecelakaan), dana tersebut dapat digunakan. Jika perlu sebaiknya kamu memiliki asuransi kesehatan, baik BPJS atau asuransi swasta lainnya. Hal ini juga sangat membantu sekali jika kamu berada dalam kondisi darurat seperti di atas.

2. Ketika Barang Penting Rusak

Dana darurat juga bisa dipakai untuk memperbaiki barang penting yang kamu miliki. Contohnya begini, kamu setiap hari bekerja naik motor atau mobil, tiba-tiba saja kendaraan kamu mogok. Tidak mungkinkan, kamu akan membiarkan motor atau mobil begitu saja, tentunya dengan segera akan memperbaikinya. Karena tanpa kendaraan tersebut kamu tidak bisa sampai di kantor.

3. Ketika Tidak Bekerja

Dana darurat juga bisa dipakai saat kamu terkena PHK. Jika terkena PHK, otomatis juga tidak ada pendapatan yang masuk, jika kamu mempunyai simpanan dana darurat, maka bisa memakainya sementara. Tentunya dengan dana darurat itu juga bisa kamu jadikan modal untuk mencari pekerjaan baru.

Jadi Anda tidak akan kelimpungan saat keadaan terhimpit, karena bisa memakai simpanan darurat yang sudah disiapkan sebelumnya. Hal ini juga bisa dijadikan pengingat, jadi ketika sedang bekerja untuk senantiasa menyisihkan gaji yang di dapatkan sebagai dana darurat. Dengan mengatur uang sedemikian cermat, niscaya hidup kamu juga akan menjadi lebih terarah.

4. Untuk Membayar Tagihan

Dana darurat juga bisa dipakai untuk membayar tagihan. Misalnya saja pertengahan bulan ada tagihan yang harus dibayar, listrik atau air, sedangkan kamu belum gajian. Padahal yang namanya tagihan tetap harus dibayar. Jika kamu sudah punya simpanan dana darurat, tentunya tidak perlu pusing lagi memikirkannya. 

Dengan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan pentingnya dana darurat bagi setiap orang. Karena dengan memiliki dana tersebut sewaktu-waktu mengalami kesusahan atau keluarga dalam keadaan urgent, kamu sudah mempunyai simpanan. Jadi, jangan sampai sobat WE+ tidak memiliki dana darurat sama sekali ya! 

Penulis: Raka 09 Aug 2021 55