Berapa Biaya Jika Kamu Ingin Punya Anak?

Berapa Biaya Jika Kamu Ingin Punya Anak?

Halo Sobat We+, sebagai pengantin baru kamu mungkin mempertanyakan berapa biaya jika kamu ingin punya anak. Masalah biaya memang sudah harus dibicarakan sejak jauh-jauh hari untuk direncanakan dan dipersiapkan. Sebab biaya yang dibutuhkan tentu tidak sedikit. 

Untuk dapat memiliki anak, pasangan suami istri perlu melalui 3 tahap, yaitu program hamil, kehamilan hingga persalinan. Ketiga tahapan ini tentu memiliki biaya yang beragam. Bahkan setiap pasangan memiliki kebutuhan yang berbeda disebabkan oleh banyak faktor.

Perkiraan Biaya Jika Kamu Ingin Punya Anak 

Nah, untuk dapat memperkirakan berapa biaya jika kamu ingin punya anak, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

1. Biaya Program Hamil

Umumnya setiap pasangan yang baru menikah akan mengalami kehamilan dalam 4 sampai 6 bulan. Namun bukan berarti semuanya sama, hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor ketidaksuburan. Tak jarang juga pasangan yang baru bisa hamil beberapa tahun setelah menikah. 

Jika kamu ingin segera punya anak, maka mulailah merencanakan program hamil dari sekarang. Namun sebelum itu, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan serta mengikuti beberapa tes untuk menentukan program hamil yang tepat. 

Nah untuk konsultasi saja kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, terlebih jika ditemukan masalah penyebab infertilitas yang mengharuskan kamu melakukan pengobatan sebelum memulai program kehamilan. Berikut rincian perkiraan biaya yang harus kamu keluarkan untuk merencanakan program kehamilan: 

  • Biaya konsultasi dokter kandungan: Rp200.000 hingga Rp500.000
  • Biaya USG: Rp200.000 hingga Rp500.000
  • Biaya pemeriksaan hormon: Rp300.000 hingga Rp600.000
  • Biaya inseminasi buatan: Rp2.000.000 hingga Rp17.600.000
  • Biaya bank sperma dan embrio: sekitar Rp1.650.000
  • Biaya HSG : Rp1.400.000 hingga Rp2.500.000
  • Biaya pembekuan embrio: sekitar Rp6.000.000
  • Biaya bayi tabung: sekitar Rp55.000.000

Biaya yang tertera di atas tentunya bisa berbeda untuk setiap rumah sakit. Pilihlah rumah sakit dengan biaya yang terjangkau namun memiliki kualitas pelayanan yang bagus. Jika tidak ditemukan masalah infertilitas, kamu hanya mengeluarkan dana untuk konsultasi dan USG saja.

2. Biaya Masa Kehamilan

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Tak hanya selama program kehamilan, ketika masa kehamilan pun kamu tetap membutuhkan biaya untuk memenuhi kebutuhan selama 9 bulan. Kebutuhan selama masa kehamilan bisa jadi lebih banyak daripada kebutuhan ketika merencanakan program hamil. Besaran biaya yang biasanya dibutuhkan selama kehamilan meliputi:

3. Biaya Tes Kehamilan 

Tes kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan test pack yang bisa dibeli di apotek terdekat, atau dengan melakukan tes hormon ke klinik atau laboratorium kesehatan. Jika menggunakan test pack, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp20.000 hingga Rp50.000. Sedangkan dengan tes hormon HCG membutuhkan biaya Rp700.000.

4. Biaya Cek Kesehatan Awal Kehamilan

Untuk cek kesehatan awal kehamilan dibutuhkan tes TORCH yang meliputi toxoplasma, rubella, cytomegalovirus dan herpes. Biaya tes beragam untuk setiap rumah sakit. Rata-rata biayanya sekitar Rp2 juta.

5. Biaya Kontrol Rutin

Kontrol rutin dilakukan minimal 4 kali semasa kehamilan. Perkiraan biaya kontrol satu kali di RSUD sekitar Rp155.000. Belum ditambah dengan biaya multivitamin sekitar Rp160.000. Sehingga setidaknya kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp1.260.000.

6. Biaya Persalinan 

Biaya yang diperlukan saat persalinan termasuk pasca persalinan juga pasti tidak sedikit. Jenis persalinan biasanya ditentukan oleh dokter, dengan melihat kondisi dari si ibu. Sehingga persalinan belum tentu normal, karena ada kemungkinan harus melahirkan dengan operasi caesar. 

Belum lagi ditambah dengan biaya kontrol pasca kehamilan karena bayi masih membutuhkan perhatian intensif mengingat tubuhnya yang masih rentan. Sehingga besaran biaya yang dibutuhkan meliputi: 

  1. Biaya persalinan: untuk normal sekitar Rp5.000.000, sedangkan untuk caesar sekitar Rp11.500.000
  2. Biaya kontrol anak pasca kelahiran: sekitar Rp450.000.

Itulah rincian berapa biaya jika kamu ingin punya anak. Karena jumlahnya yang cukup banyak, maka mulailah rencanakan dan persiapkan dari sekarang ya sobat WE+. Dengan persiapan yang matang, maka proses persiapan punya anak bisa menjadi lebih lancar. 

Penulis: Raka 13 Sep 2021 3817