Perlu Tidak Sih Gadget Kita Diasuransikan?

Perlu Tidak Sih Gadget Kita Diasuransikan?

Saat dewasa ini, gadget sudah menjadi salah satu bagian penting bagi kehidupan. Wajar sih, karena benda pipih ini bisa mempermudah urusan kita, baik untuk keperluan pekerjaan, pendidikan, pergaulan, bisnis, dan lain-lain. Saking pentingnya, kini sudah hadir produk terbaru dari perusahaan asuransi, yaitu asuransi gadget.

Asuransi jenis ini termasuk ke dalam kategori asuransi elektronik, yaitu melakukan penjaminan terhadap barang elektronik, komunikasi, medis, laboratorium, dan lain-lain. Konsepnya sama seperti asuransi umum, yaitu proteksi terhadap kerugian finansial akibat kerusakan yang tiba-tiba saja terjadi.

Apa Saja Manfaat Asuransi Gadget yang Bisa Dirasakan?

Tak dipungkiri, gadget kini tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga media penyimpanan file-file penting. Oleh karena itu, banyak orang yang merasa tak sayang untuk membeli gadget dengan harga fantastis. Hal ini dikarenakan fungsi yang diperoleh sebanding dengan jumlah uang yang dikeluarkan. 

Meskipun harganya setara dengan satu unit motor baru, bagi beberapa orang tak menjadi masalah, asal pekerjaan bisa lebih mudah dan ringan. Hal tersebut semakin terasa sempurna dengan mengikutsertakan gadget ke dalam asuransi. Sebab, manfaat asuransi ini sangat banyak, yaitu: 

1. Melindungi Motherboard dan Layar

Motherboard merupakan papan konektor yang berfungsi sebagai pemersatu berbagai komponen penting di dalam gadget. Sementara layar bertugas untuk menampilkan informasi yang ingin kita dapatkan. Dalam kata lain, keduanya menjadi bagian paling krusial dan cukup rentan terjadi kerusakan. 

Sayangnya, bagian tersebut justru paling jarang tercover, baik oleh produsen maupun gerai smartphone, kecuali kerusakan akibat proses produksi. Hal ini sebenarnya masih bisa dimaklumi, karena kerusakan pada kedua bagian tersebut sama saja dengan mengganti yang baru. Di sinilah peran penting asuransi gadget bisa kita rasakan secara maksimal.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

2. Pemulihan Data

Saat gadget kesayangan rusak atau hilang, bukan hanya kerugian finansial yang kita pikirkan, tetapi data serta privasi yang ada di dalamnya. Apalagi jika kamu seorang pebisnis atau pengusaha, kehilangan gadget bisa menjadi mimpi paling buruk. Sebab, semua akan ikut lenyap begitu saja tanpa bisa dipulihkan kembali. 

Namun, dengan mengikuti asuransi elektronik khusus gadget, hal seperti ini tidak perlu dicemaskan lagi. Sebab, kita bisa memulihkan semua data dan file di gadget lama, seperti foto, video, dokumen, dan kontak telepon. Pemulihan data ini merupakan perlindungan paling bermanfaat, bukan?

3. Penggantian Baru

Sama seperti jenis asuransi yang lain, asuransi gadget juga menawarkan beberapa pilihan. Salah satunya yaitu full protection untuk memberikan proteksi menyeluruh terhadap gadget kesayangan. Dengan demikian, saat terjadi kerusakan yang menyebabkan gadget mati atau rusak total, kita bisa mendapat penggantian dengan gadget baru.

4. Berhemat 

Biaya premi yang harus dibayarkan setiap bulan jauh lebih murah daripada biaya untuk membeli gadget baru ataupun biaya perbaikan. Terutama jika yang rusak pada bagian layar atau motherboard, maka kemungkinan tidak lagi bisa diperbaiki. Oleh karena itu, mengikutkan gadget dengan asuransi menjadi langkah paling tepat.

5. Layanan Tambahan

Salah satu manfaat mencari perusahaan asuransi terpercaya, yaitu layanan tambahan yang ditawarkan. Saat ini ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan fasilitas pengklaiman secara online, sehingga kita tidak perlu lagi mendatangi kantor asuransi. Selain itu, ada juga yang siap melakukan antar-jemput gadget, baik untuk proses perbaikan atau penggantian.  

Bagaimana, tertarik untuk mengikuti asuransi gadget? Boleh-boleh saja, tetapi perlu diketahui bahwa ada syarat dan ketentuan khusus yang harus kita patuhi ya sobat WE+. Salah satunya yaitu tipe gadget yang bisa diasuransikan tidak bisa sembarangan. Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu aturan main yang mereka tawarkan, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Penulis: Raka 21 Jan 2021 231