Pemula Wajib Tahu 7 Tips Investasi Properti Agar Tidak Rugi

Pemula Wajib Tahu 7 Tips Investasi Properti Agar Tidak Rugi

Pemula Wajib Tahu 7 Tips Investasi Properti Agar Tidak Rugi

Tertarik untuk ikut terjun ke dunia investasi utamanya properti? Yup, itu adalah salah satu ide yang bagus! Mengingat sejauh ini investasi properti merupakan salah satu investasi yang cukup menjanjikan. Dilihat dari harganya, setiap tahun akan selalu mengalami kenaikan. Dari sini sudah terlihat bahwa investasi ini akan mendatangkan banyak keuntungan.

Namun, jangan silau dengan potensi keuntungannya saja. Pasalnya investasi ini selain berpotensi mendatangkan keuntungan tinggi juga tingkat risiko yang lumayan tinggi. Untuk itulah sebaiknya kamu jangan beranjak hingga selesai membaca artikel ini, karena panduan yang diberikan akan sangat berguna.

7 Tips Investasi Properti yang Harus Diperhatikan

Mengelola keuangan dengan investasi adalah pilihan cerdas dan properti juga menjadi salah satu pilihan investasi yang menarik berkat nilai jualnya yang selalu naik secara signifikan. Sebelum memulai investasi di bidang ini ada baiknya kamu memperhatikan tips penting berikut ini:

1. Pastikan Kondisi Finansial Sehat

Untuk memulai investasi properti dibutuhkan modal yang cukup besar, lho, karena investasi ini tidak murah tidak seperti investasi lainnya. Tentunya akan menjadi berita bagus jika kamu memiliki dana berlebih, jadi tidak perlu mengajukan pinjaman. 

Dari investasi ini tidak bisa langsung menghasilkan uang. Pastinya terdapat tambahan biaya seperti pemeliharaan dasar, pemeliharaan tahunan, pengeluaran dan yang lainnya. Apabila kamu terpaksa menggunakan pinjaman, perhitung semuanya. Jangan sampai untuk kebutuhan dan yang lainnya jadi terabaikan.

2. Pastikan Membeli Rumah dengan Tujuan Investasi

Ketika kamu melakukan investasi, mungkin terbesit niat untuk menjualnya. Well, hal tersebut lumrah sekali karena ingin mendapatkan keuntungan. Pada dasarnya sebagian besar orang terjun dalam investasi ini memang tujuannya demikian. Namun, dari keuntungan tersebut kamu bisa juga lho, berinvestasi lebih banyak lagi untuk investasi yang lebih besar.

3. Tipe Properti

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Selektif dalam memilih adalah tips penting selanjutnya dalam investasi properti. Terutama untuk kamu yang memiliki dana terbatas, pemilihan seperti ini harus disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Pilih properti yang tidak membutuhkan banyak renovasi sehingga biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak.

4. Pahami Dulu Tentang Capital Gain

Capital Gain atau keuntungan modal adalah suatu keuntungan yang diperoleh dari investasi dalam surat berharga. Dimana nilainya akan melebihi harga pembelian. Nah, dalam investasi properti ini, Capital Gain terjadi ketika investor membeli properti tersebut dan menahan untuk tidak langsung menjualnya. Untuk mendatangkan cash flow, disewakan lebih dulu.

5. Periksa Lokasi Rumah

Agar tidak mengalami kerugian di masa yang akan datang, pastikan bahwa kamu telah memeriksa kondisi lokasi properti tersebut. Apakah lokasinya strategis, dalam sengketa, kondisi lingkungan dan fasilitasnya harus kamu perhatikan dengan detail, lho. Jangan sampai karena tergiur dengan harga miring, hal tersebut kamu abaikan.

6. Gabung Komunitas Properti

Ingin tahu lebih banyak tentang investasi properti? Perluas jaringan dengan membangun komunikasi dengan ahlinya. Paling tidak kamu harus memiliki daftar kontak orang yang akan kamu butuhkan dalam investasi ini.  Nah, jaringan ini paling mudah didapatkan dengan bergabung bersama komunitas properti.

7. Jika Perlu Gunakan Jasa Finansial Advisor

Untuk memulai investasi ini dengan baik, kamu harus menyiapkan sejumlah dana untuk keperluan tertentu. Akan lebih baik jika tidak mengganggu rencana keuangan harian kamu. Oleh sebab itu, dalam hal ini tak ada salahnya apabila kamu gunakan jasa financial advisor jika memang dibutuhkan.

Bagaimana? Seluk beluk investasi properti ini menarik, bukan? Pada dasarnya, investasi di bidang properti memang bisa menjadi keputusan yang tepat mengingat trend harga properti yang memang selalu naik. Ditambah dengan memahami berbagai tips ini, semoga sobat WE+ bisa melakukan investasi dengan baik dan optimal ya! 

Penulis: Raka 05 Jun 2021 89