Mau Beli Rumah? Intip 8 Tips Memilih Lokasi Rumah yang Tepat

Mau Beli Rumah? Intip 8 Tips Memilih Lokasi Rumah yang Tepat

Rasanya, memiliki rumah yang nyaman menjadi impian atau keinginan setiap keluarga. Karena ia bisa menjadi hunian atau tempat kita melepas penat setelah beraktivitas di luar seharian. Nah, jika sobat WE+ adalah salah satu orang yang sedang dalam proses membeli rumah, maka lokasi rumah juga harus dipertimbangkan dengan matang. 

Lokasi rumah akan memegang peranan penting dalam kenyamanan kita sebagai penghuninya. Lalu, bagaimana cara memilih lokasi dari rumah yang tepat agar sebagai pemilik kita bisa dimudahkan dengan lokasinya? 

Tips Dalam Menentukan Lokasi Rumah 

Berikut ini beberapa tips yang bisa dipertimbangkan ketika akan memilih lokasi rumah, diantaranya:

  1. Kondisi Jalan Utama

Perhatikanlah kondisi jalan utama menuju rumah yang rencananya akan dibeli. Karena jalan inilah yang nantinya akan kita lewati setiap hari. Jika kondisi terlihat kurang baik, berlubang dan sulit untuk dijangkau karena terlalu sempit misalnya, sebaiknya kita menyiapkan alternatif pilihan lain.

  1. Strategis

Strategis disini dalam arti kita dapat melakukan berbagai kegiatan dengan waktu yang efisien atau tidak terlalu banyak waktu terbuang di perjalanan. tak hanya itu, lokasi rumah yang strategis bisa menjadi daya tarik dan juga memiliki daya jual tinggi di kemudian hari. Perhatikan aksesnya, bisa dijangkau kendaraan pribadi dan atau kendaraan umum atau tidak juga berbagai faktor pendukung mobilitas kita yang lain. Intinya, perhatikanlah kemudahan dalam kita bertransportasi.

  1. Fasilitas Publik

Kita juga dapat memilih lokasi rumah yang tak jauh dari fasilitas publik, seperti misalnya rumah sakit, sekolah dan lain sebagainya. berbagai fasilitas tersebut merupakan penunjang kebutuhan kita. Sehingga baiknya jangan dihiraukan.

Selain dekat dengan fasilitas publik, kita juga bisa memilih lokasi rumah yang dekat dengan fasilitas penunjang lain seperti apotek, pusat perbelanjaan, sarana olahraga dan berbagai tempat lainnya.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Kondisi Pelayanannya

Sebetulnya, kondisi pelayanan seperti air dan listrik adalah fasilitas penunjang nantinya. Namun terkadang, lokasi juga menjadi penentu akan kualitas air atau bahkan kualitas jaringan internet. Jika misalnya kawasan tersebut dikenal sulit air, sering terjadi pemadaman listrik atau susah sinyal, sebaiknya pertimbangkan kembali pemilihan lokasi rumahnya.

  1. Bebas Banjir

Selain itu, kita juga bisa menghindari lokasi rumah dengan riwayat banjir ataupun longsor, karena hal ini bisa mendatangkan kesulitan juga bisa berdampak pada nilai jual rumah di kemudian hari.

  1. Kebersihan Lingkungan

Kebersihan tentu akan menjadi faktor penting dalam menentukan lokasi rumah. Karena berawal dari lingkungan yang bersih tersebut, akan berpengaruh pada pola hidup sehat kita kedepannya, mengingat kita dan juga keluarga akan menghabiskan waktu yang cukup lama disana. Maka, faktor yang satu ini jangan sampai dilupakan ya.

  1. Keamanan Lingkungan

Selain faktor kebersihan, keamanan pun tak kalah pentingnya. Kita pasti ingin tinggal dan hidup tenang di lingkungan rumah kan? Maka, ketika survey kita bisa sambil bertanya pada warga sekitar tentang keamanan kawasan rumah tersebut juga mempertimbangkan penunjang keamanan tersebut seperti cctv ataupun security yang bertugas.

  1. Suasana

Perhatikan pula suasana lokasi rumah yang akan kita pilih. Jika di kota besar dengan tingkat polusi tinggi, kita bisa mempertimbangkannya lagi. Karena hal tersebut bisa membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Tak hanya polusi udara sebetulnya, ada pula polusi suara yang dalam artian bising dan dapat mengganggu kenyamanan kita ketika di rumah. 

Lebih baik lagi jika kita memilih lokasi rumah dengan penghijauan yang baik. Penghijauan tersebut memberikan kesan relaksasi untuk mata. Dengan lebih banyak penghijauan, biasanya kualitas udara juga akan menjadi lebih baik.

 

Itulah beberapa tips untuk memilih lokasi rumah yang tepat. Diharapkan, dengan mengetahui informasi ini sobat WE+ bisa menentukan rumah terbaik sekaligus lokasinya untuk ditempati. 

Penulis: Raka 18 Jul 2021 14