Cara Membuat Cepat Tidur, Apa Saja Rahasianya?

Cara Membuat Cepat Tidur, Apa Saja Rahasianya?

Sobat WE+ Pernah kah, kamu merasa susah tidur padahal badan rasanya capek ingin istirahat? Ternyata ada rahasianya loh, cara membuat cepat tidur tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan khusus. Penasaran? Simak sampai akhir ya, biar kamu tahu apa saja rahasianya.

Rahasia Cara Membuat Cepat Tidur Yang Wajib Kamu Tahu!

Tidur dalam waktu yang cukup dan berkualitas tentu saja akan membuatmu bangun pagi dengan bugar. Hal ini akan menjadikan harimu semakin bersemangat dan tentunya menjadi produktif. Apa saja sih, yang menjadi rahasia agar kamu bisa cepat tidur? Ini dia jawabannya.

1. Tidurlah pada Jam yang Sama Setiap Hari

Memiliki kebiasaan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan membuat tubuhmu memiliki ritme istirahat teratur. Jam biologis tubuh akan otomatis memberi alarm jika sudah tiba waktunya untuk tidur. Hal ini jika dilakukan terus menerus akan menjadi kebiasaan bagus agar bisa cepat tidur setiap harinya.

2. Lakukan Gerakan Yoga untuk Relaksasi

Melakukan gerakan-gerakan yoga sederhana sederhana sebelum tidur akan membuat tubuh segar dan pikiran lebih rileks. Hal ini akan berimbas pada suasana hati yang menyebabkan kamu jadi lebih cepat mengantuk. Saat ini kamu bisa dengan mudah menemukan tutorial yoga sederhana untuk relaksasi sebelum tidur.

3. Stop Minum Kopi dan Alkohol Sebelum Tidur

Pastinya kamu tahu, bahwa kandungan kafein di dalam kopi bisa membuat sulit tidur. Oleh karena itu, hindari untuk mengkonsumsi minuman ini jelang waktu istirahat malammu. Gantilah dengan segelas susu hangat yang akan membuatmu lebih mudah tidur.

Selain kopi, minuman yang perlu kamu hindari untuk dikonsumsi sebelum tidur adalah alkohol. Meski pada sebagian orang alkohol dapat menyebabkan lebih mudah mengantuk, namun hal ini akan membuatmu tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

4. Yuk, Latihan Pernafasan

Pernahkah kamu melakukan latihan pernafasan sebagai salah satu cara membuat cepat tidur? Jika belum, cobalah untuk melakukannya. Kegiatan ini perlu latihan untuk bisa mendapatkan hasil maksimal, jadi jangan mengharapkan hasil instan.

Caranya cukup mudah, kok. Tariklah nafas melalui hidup dalam empat hitungan, kemudian tahan selama tujuh detik. Buang nafas secara perlahan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi lagi dari awal sebanyak empat kali. Coba lakukan secara rutin dan rasakan khasiatnya.

5. Mandi dengan Air Hangat juga Cara Membuat Cepat Tidur

Mandi dengan air hangat akan membuat tubuhmu merasa segar dan relaks. Kondisi tubuh yang nyaman akan menjadikanmu lebih mudah terlelap. Apabila situasi tidak memungkinkan bagimu mandi air hangat, usahakan agar tubuhmu dalam kondisi bersih sehingga kamu tetap merasa nyaman.

6. Berhitung, Yuk!

Pernah mencoba cara ini saat kamu merasa susah tidur? Ternyata, dengan berhitung akan membuat pikiran teralihkan dari hal-hal yang membuat cemas dan khawatir. Lakukan hitung mundur mulai dari 100, dan biarkan otakmu terus berhitung hingga kamu terlelap.

7. Mendengarkan Musik Relaksasi? Mengapa Tidak?

Musik yang tenang terbukti dapat membantumu untuk lebih mudah tertidur. Pilihlah jenis-jenis musik yang memang ditujukan untuk relaksasi dan sekaligus pengantar tidur. Dengan pilihan musik yang tepat, kamu bisa banget tertidur dalam waktu kurang dari 30 detik. Saat ini tersedia banyak pilihan musik relaksasi dan pengantar tidur yang bisa kamu unduh. Pilihlah yang sesuai dengan dirimu, sehingga akan membuatmu semakin cepat terlelap. 

Itulah cara membuat cepat tidur yang bisa kamu coba saat terserang insomnia. Pada dasarnya, kamu tidak selalu membutuhkan obat-obatan kimia untuk membuatmu tidur. Sebab, ada banyak cara alami yang bisa membuatmu tertidur lelap. 

Penulis: Raka 27 Nov 2021 20