4 Kriteria Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

4 Kriteria Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Kesehatan itu mahal harganya adalah ungkapan yang sudah sering sekali kita dengar namun sayangnya masih banyak yang belum peduli. Kebanyakan orang baru menyesal setelah sakit mengapa tidak menjaga kesehatan. Padahal menjaga kesehatan itu mudah yang paling sederhana adalah konsumsi makanan sehat. Salah satu kriteria makanan sehat yaitu mengandung gizi yang seimbang. 

Kalau dulu kita mengenal makanan empat sehat lima sempurna yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan dilengkapi susu. Makanan sehat secara sederhana bisa diartikan seperti empat sehat lima sempurna tersebut yaitu mampu memenuhi semua kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi tidak ada yang namanya zat gizi tertentu lebih bagus dari yang lainnya.

Berbagai Kriteria Makanan Sehat 

Pola makan sehat dan seimbang menjadi kunci untuk menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi terbaiknya. Terlebih saat ini ketika pandemi masih melanda dunia termasuk Indonesia, menjaga kesehatan adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Nah, oleh sebab itu kamu harus tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan makanan sehat itu?

  1. Mengandung Makronutrien dan Mikronutrien

Apa yang disebutkan dalam empat sehat lima sempurna pada dasarnya adalah zat yang makronutrien dan mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Makronutrien terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak pada makanan. Sedangkan mikronutrien terdiri dari seluruh vitamin dan juga mineral yang terdapat pada sumber makanan.

Jadi kalau kamu ingin tubuh selalu sehat dan terjaga kondisinya makanan yang dikonsumsi haruslah mengandung makronutrien dan mikronutrien tersebut. Contoh makronutrien misalnya yaitu :

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  • Karbohidrat : nasi merah, roti gandum, oatmeal
  • Protein : daging merah, daging unggas, telur, tahu, tempe
  • Lemak : daging merah, daging unggas seperti ayam atau bebek,   kacang-kacangan.

Contoh mikronutrien misalnya adalah :

  • Buah-buahan : jeruk, nanas, apel, anggur, pepaya
  • Sayuran : kale, brokoli, bayam 
  1. Kandungan Gulanya Rendah

Pastikan juga sobat WE+ tidak menambahkan terlalu banyak gula ke dalam makanan karena bisa mengganggu kesehatan. Adanya kandungan gula yang cukup tinggi di dalam darah akan memicu munculnya penyakit diabetes tipe 2, obesitas dan penyakit jantung. Penuhi kebutuhan gula kamu secara alami saja yaitu melalui konsumsi buah-buahan. Takaran gula bagi orang dewasa maksimal hanya 50 gram atau 4 sendok makan saja per hari.

  1. Rendah Garam

Bukan hanya garam saja yang bisa berbahaya bagi kesehatan kalau dikonsumsi dalam jumlah berlebihan melainkan garam juga demikian. Garam mengandung sodium dan natrium yang jika dalam tubuh jumlahnya berlebihan bisa memicu terjadinya serangan stroke, jantung dan darah tinggi.

Batasilah konsumsi garam setiap hari yaitu sebanyak 5 gram atau 1 sendok teh saja. Namun perlu kamu ketahui bahwa garam dapur justru bukan penyumbang natrium dan sodium terbanyak tapi keduanya didapatkan dalam kadar tinggi pada makanan ataupun minuman olahan pabrikan.

  1. Tidak Mengandung Lemak Tinggi

Satu lagi kriteria dari makanan sehat yaitu tidak mengandung lemak tinggi. Fungsi lemak di dalam tubuh adalah sebagai cadangan energi namun jika kadarnya berlebihan malah bisa menyebabkan masalah kesehatan. 

Lemak yang harus kamu batasi dalam hal ini adalah jenis lemak jahat yang berasal dari makanan seperti gorengan atau jeroan. Sebaiknya kamu konsumsi lemak tidak lebih dari 67 gram atau sekitar 5 sendok makan saja.

Itulah berbagai kriteria dari makanan yang bisa dikategorikan sehat. Dengan mengetahui kriteria makanan sehat diharapkan kamu bisa memilih menu terbaik bagi kesehatan tubuh. Semua zat dari makanan dibutuhkan oleh tubuh hanya saja tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Penulis: Raka 31 Jul 2021 61