Lakukan Ini sebagai Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Lakukan Ini sebagai Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Serangan jantung adalah salah satu kondisi kesehatan yang sangat penting untuk diwaspadai. Jika dalam keluarga atau orang disekitar kamu memiliki riwayat penyakit jantung, maka kamu perlu mengetahui cara memberikan pertolongan pertama serangan jantung untuk menyelamatkan mereka dari kondisi yang dapat berakibat fatal. Penyakit jantung memang dikenal sebagai penyakit yang dapat mengakibatkan kematian pada seseorang. 

Terjadinya gangguan pada fungsi jantung biasanya terjadi karena jantung tidak mendapat pasokan darah karena mengalami penyumbatan pada pembuluh darah. Hal yang menjadi penyebab terjadinya penyumbatan tersebut biasanya disebabkan karena adanya pembekuan pada darah. 

Jika kondisi tersebut terjadi kebanyakan orang penderita penyakit jantung akan sangat panik jika terjadi terhadap diri mereka. Untuk itu bagi kamu yang memiliki teman atau keluarga yang mempunyai riwayat penyakit jantung, kamu harus melakukan pertolongan pertama serangan jantung berikut!

Pertolongan Pertama Serangan Jantung yang Harus Dilakukan

1. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Ketika kamu mendapati keluarga atau rekan kamu mengalami serangan jantung sebaiknya jangan termakan panik terlebih dahulu. Ketika kamu merasa panik akan mempersulit dalam berpikir dan bertindak sehingga kamu akan menyia-nyiakan waktu yang ada untuk memberikan pertolongan pertama serangan jantung dengan lebih cepat. Sehingga kamu tidak menyia-nyiakan waktu yang ada hanya untuk menuruti rasa panik yang tidak akan menyelesaikan permasalahan.

2. Melonggarkan Pakaian

Jika dirasa pakaian yang digunakan sangat ketat atau press body maka selanjutnya yang harus  kamu lakukan yaitu melonggarkan pakaian mereka. Misalnya dengan melonggarkan ikat pinggang, kancing baju, dan membuka kerah bajunya. Cara ini perlu dilakukan agar pasien tetap bisa bernafas dengan mudah sehingga mengurangi rasa sesak nafas pada dadanya.

3. Baringkan Tubuh 

Pertolongan pertama serangan jantung yang harus kamu lakukan selanjutnya yaitu membaringkan atau membuat mereka lebih rileks supaya organ jantung mereka masih dapat berfungsi dengan semestinya meskipun mengalami gangguan.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

4. Cari Obat yang Dibawa 

Kebanyakan penderita penyakit jantung biasanya membawa obat yang mereka konsumsi untuk mengatasi masalah fungsi jantung mereka dimana-mana. Oleh karena itu sebaiknya cari obat yang mereka bawa untuk menyelamatkan nyawa mereka.

5. Panggil Ambulan

Pada saat yang sama segeralah untuk telepon ambulan agar penderita penyakit serangan jantung tersebut segera mendapatkan pertolongan secara medis dengan lebih cepat. Sembari menunggu lakukan hal-hal selanjutnya.

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Penderita dalam Keadaan Sadar

Ketika penderita penyakit jantung mengalami serangan jantung sebaiknya jangan memberikan mereka makanan atau pun untuk dikonsumsi oleh mereka selain melakukan keempat pertolongan pertama serangan jantung sebelumnya. Berikan obat nitrogliserin yang biasanya diresepkan oleh dokter pada penderita penyakit jantung yang biasanya dibawa penderita. 

Cara pemberiannya yaitu dengan meletakkan obat berbentuk tablet tersebut di bawah lidah penderita serangan jantung. Jika obat yang dibawa penderita terdapat aspirin 325 mg atau di sekitar anda tersedia obat tersebut, berikan aspirin tersebut kepada penderita dan pastikan penderita mengunyah obat tersebut. Namun, perlu dipastikan jika penderita tidak memiliki riwayat perdarahan dan alergi aspirin.

Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Ketika Penderita dalam Keadaan Tidak Sadar

Pada penderita serangan jantung yang tidak sadarkan diri, lakukan RJP atau resusitasi jantung paru untuk pertolongan pertama serangan jantung. Bagi yang belum tahu cara melakukan RJP dengan baik dan benar, lakukanlah kompresi dada saja untuk pertolongan pertama. 

Cara melakukan kompresi dada yaitu dengan meletakkan satu telapak tangan pada bagian tengah dada korban lalu letakkan tangan satunya di atas tangan pertama. Selanjutnya eratkan jari-jari kedua tangan dan lakukan penekanan lalu lepaskan, ulangi gerakan tersebut hingga 100-200 kali tiap menitnya.

Pertolongan pertama serangan jantung memang kurang diketahui oleh masyarakat awam, untuk itu kamu harus tahu apalagi jika ada orang disekitar kamu memiliki riwayat penyakit jantung. Nah, itulah pertolongan pertama serangan jantung yang dapat kamu lakukan ketika mendapati teman atau keluarga kamu mengalami serangan jantung ya sobat WE+.

Penulis: Raka 30 Jan 2021 36