Kenali Tanda-tanda Kamu Terkena Penyakit Jantung!

Kenali Tanda-tanda Kamu Terkena Penyakit Jantung!

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang memegang peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. Jika sudah tidak ada aktivitas di bagian ini, maka bisa dipastikan tidak ada lagi kehidupan di dalam orang tersebut. Oleh karena itu, pemahaman mengenai gejala penyakit jantung harus dilakukan semaksimal mungkin.

Sebab, tidak sedikit orang yang mengabaikan dengan kondisi jantung mereka, terutama para pemuda. Hal ini tentu sangat disayangkan, karena penyakit jantung tidak memandang usia dan terkadang tidak disertai dengan gejala yang signifikan. Dengan kata lain, waspada itu perlu demi keberlangsungan hidup yang lebih baik. 

Gejala Awal Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

Menurut data yang dimiliki oleh Sample Registration System, penyakit jantung menempati urutan ke-2 dalam kategori penyebab kematian di Indonesia. Di samping itu, biaya pengobatannya pun bisa dikatakan lebih mahal dari penyakit lainnya. Oleh karena itu, kenali gejala penyakit jantung sejak dini, agar bisa dilakukan langkah pencegahan sejak awal.

1. Kepala Pusing

Pusing pada kepala memang hal umum terjadi, tetapi jika disertai dengan kesulitan dalam mengatur napas, maka kamu patut curiga. Sebab, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa kinerja jantung sedang tidak stabil. Segera periksakan diri, jika kamu sering mengalami hal ini disertai dengan nyeri pada dada.

2. Nyeri Dada

Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu gejala penyakit jantung yang paling umum terjadi, yaitu nyeri dada. Nyeri pada dada yang menjadi pertanda sakit jantung terasa lebih berat, sangat sesak, dan sakit. Hal ini dikarenakan terjadi penyumbatan pada arteri atau biasa disebut dengan serangan jantung.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Lengan Terasa Sakit

Pada penderita penyakit jantung, rasa nyeri pada dada seringkali menyebar hingga ke daerah lengan. Rasanya seperti kebas yang tidak berkesudahan, pegal, dan saat dipegang terasa sakit. Namun, biasanya rasa sakit tersebut lebih cenderung ke bagian tubuh sebelah kiri. Segera lakukan pemeriksaan, jika lenganmu kebas tetapi tidak melakukan pekerjaan berat.

4. Kaki Bengkak

Tak hanya tangan, kaki pun bisa dijadikan pertanda adanya gejala penyakit jantung. Cirinya, kaki terasa kebas dan sakit yang diikuti dengan pembengkakan hingga ke daerah pergelangan kaki. Hal ini juga disebabkan adanya penyumbatan pada arteri dan semakin berisiko pada seseorang yang obesitas (kelebihan berat badan).

5. Mudah Lelah

Rasa lelah memang hal yang lumrah, terutama setelah melakukan aktivitas berat, seperti berolahraga atau pindah rumah. Namun, jika rasa lelah tersebut muncul tanpa melakukan aktivitas apapun dan terjadi selama berhari-hari, maka kamu patut waspada. Sebab, selain kekurangan vitamin atau darah, hal ini juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit jantung.

6. Mendengkur

Pernah mendengar seseorang tidur mendengkur? Coba perhatikan dengkuran tersebut, jika terdengar normal dan teratur, maka kemungkinan sedang kelelahan. Namun, jika dengkuran terdengar seperti suara cegukan, pekikan, atau bahkan tercekik, maka berhati-hatilah. Sebab, orang itu bisa saja mengalami sleep apnea yang bisa menyebabkan kematian saat tidur.

7. Detak Jantung Tidak Teratur

Detak jantung memang bisa saja berubah menjadi tidak teratur, terutama saat sedang gugup, kerja keras, over kafein, atau terlalu bersemangat. Namun, jika hal itu terjadi tanpa sebab dan muncul secara tiba-tiba, maka segera periksakan diri ke dokter. Sebab, kemungkinan kamu mengalami gangguan jantung.

Berdasarkan 7 gejala penyakit jantung di atas, rata-rata memang terlihat biasa saja. Namun, bisa saja memburuk jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, selain memeriksakan diri secara berkala, terapkan pola hidup sehat. Lakukan olahraga secara rutin agar kinerja jantung tetap optimal.

Penulis: Raka 21 Jan 2021 224