Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Kopi Terbaik di Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Kopi Terbaik di Indonesia

Indonesia memang menjadi ‘surga’ bagi para penikmat kopi. Setidaknya terdapat 7 jenis kopi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan citarasa dan aroma khas. Bagi kamu pecinta kopi, sebaiknya mengenal jenis-jenis kopi dari masing-masing daerah di Nusantara.

Jenis-Jenis Kopi

Mengenal berbagai macam kopi asli Indonesia akan membuat Sobat lebih mencintai kopi dalam negeri. Berikut 7 jenis kopi terbaik dari daerah-daerah di Indonesia.

  • Kopi Aceh Gayo

Dimulai dari daerah Aceh, salah satu jenis kopi terbaik di Indonesia pertama bernama Kopi Aceh Gayo. Kopi berjenis arabika ini banyak ditanam di dataran tinggi di sejumlah kabupaten, seperti Kabupaten Gayo Lues, Bener Meriah, dan Aceh Tengah.

Dibanding dari daerah lain, jenis kopi arabika asal Aceh Gayo memiliki citarasa yang khas. Tidak hanya punya rasa khas namun juga enak dan tidak terlalu pahit. Belum lagi, baunya yang harum membuat kopi Gayo populer sebagai kopi terbaik di dunia.

  • Kopi Toraja

Siapa yang tidak kenal kopi asal Sulawesi Selatan ini? Kopi ini tidak hanya populer di Indonesia namun juga sudah mendunia. Di Amerika Serikat dan Jepang, misalnya, kopi Toraja masuk dalam daftar sebagai salah satu minuman premium.

Bahkan, di Jepang, sebuah perusahaan bernama Key Coffee sudah membuat paten minuman dari bahan utama kopi Toraja ini sejak 2005. Buat Sobat pecinta kopi Toraja, ada dua varian yang bisa dipilih, yakni arabika dan robusta.

  • Kopi Papua Wamena

Jenis kopi paling populer di Indonesia asal wilayah Timur lainnya adalah kopi Papua Wamena. Jeni kopi arabika yang tumbuh di Lembah Baliem Pegunungan Jayawijaya ini memiliki citarasa khas dengan aroma coklat dan bunga.

Selain citarasanya yang unik, kopi Wamena juga ditanam dengan menggunakan peralatan tradisional. Penduduk Papua menanam kopi ini tanpa menggunakan pupuk dari bahan kimia dan obat pestisida. Sehingga menjamin biji kopi lebih sehat dan higienis.

  • Kopi Kintamani

Jenis kopi favorit asal Pulau Dewata ini memiliki citarasa eksklusif – pahit beraroma jeruk. Perpaduan rasa pahit dan asam ini dihasilkan dari jarak antara kebun kopi dan kebun jeruk yang berdekatan, sehingga mempengaruhi citarasa kopi.

Perpaduan citarasa ini dibiarkan dan menjadi salah satu daya tarik kopi Kintamani Bali. Karena cita rasanya yang khas, kopi petani Bali ini sudah cukup populer di sejumlah negara, seperti Jepang, Perancis, dan negara Eropa lainnya.

  • Kopi Bajawa Flores

Flores tidak hanya dikenal sebagai ‘rumah’ bagi satwa langka Komodo. Selain punya kadal raksasa purba, Flores juga memiliki kopi dengan citarasa khas. Ditanam di ketinggian lebih dari 1000 mdpl, kopi Bajawa Flores punya aroma kacang-kacangan.

Selain beraroma kacang-kacangan, jenis kopi tradisional yang berasal dari perkebunan di Kabupaten Ngada ini juga memiliki tekstur kental. Aromanya juga khas dengan rasa sedikit asam. Tapi, jangan khawatir, kopi ini tetap aman untuk lambung kamu.  

  • Kopi Java Ijen Raung

Jenis kopi terkenal lainnya yang layak Sobat coba adalah kopi Java Ijen Raung. Kopi khas daerah Bondowoso ini sudah cukup populer di luar negeri. Terbukti, ekspor kopi ini terus meningkat setiap tahun.

Bagi Sobat penikmat kopi, jika ada kesempatan berkunjung ke Bondowoso. Jangan lewatkan untuk mencicipi nikmatnya secangkir kopi yang memiliki sensasi rasa pedas dengan aroma wangi-wangi bunga.

  • Kopi Rangsang Meranti

Jenis kopi ini termasuk eksklusif. Umumnya, kopi yang tumbuh di Indonesia merupakan jenis kopi arabika dan robusta. Namun, kopi Rangsang Meranti Riau ini termasuk spesies Liberika. Layak jika kopi ini banyak penggemarnya di luar negeri, terutama Malaysia.

Itulah 7 jenis kopi terbaik yang tumbuh di Indonesia. Dari jenis-jenis kopi diatas,  mana jenis kopi yang menjadi favorit kamu? Sebagai penikmat kopi, pernahkah Sobat mencicipi semua jenis kopi diatas?

RELATED ARTICLES:

 

Photo by Mike Kenneally on Unsplash

Penulis: Raka 06 Jul 2020 116