Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Bahan-Bahan Alami Berikut!

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Bahan-Bahan Alami Berikut!

Hai Sobat We+, seperti yang kita tahu, saat ini kita telah memasuki awal tahun 2021 masih dengan kondisi bumi yang belum pulih dari Covid-19. Untuk itu daya tahan tubuh kita harus tetap terjaga supaya tidak terpapar virus Covid-19. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi bahan-bahan rempah alami yang murah dan mudah didapat. Yuk, simak beberapa bahan alami yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh ini! 

4 Bahan Alami untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Jahe

Bahan alami untuk meningkatkan daya imun tubuh adalah jahe. Bahan alami ini sangat mudah kamu di temukan di Indonesia. Dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, obat herbal, hingga jamu. Mengkonsumsi jahe secara rutin dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh Sobat We+. 

Jahe memiliki kandungan antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan virus. Jahe dapat digunakan dalam bentuk akar, bubuk hingga suplemen. Jahe dapat dikonsumsi dengan cara diseduh atau dengan mencoba resep minuman jahe di bawah ini. 

  1. Campurkan air perasan lemon sebanyak 2 sdm ke dalam air matang 450ml
  2. Kemudian tambahkan jahe sebanyak 2 sdm (bubuk) atau berukuran 5 cm (akar)
  3. Kemudian didihkan air dan tambahkan madu sebanyak 1 sdm
  4. Hidangkan selagi hangat 

2. Kunyit

Bahan alami lainnya yang dapat meningkatkan imunitas adalah kunyit. Kamu pasti sering menemukan kunyit di dapur sebagai bumbu masakan. Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, kunyit juga ternyata memiliki manfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Kunyit memiliki ciri khas warna kuning  yang berasal dari bahan aktif curcumin. 

Dengan komposisinya yang dipercaya ampuh dalam menangkal radikal bebas, anti inflamasi dan dapat menghambat perkembangan sel tumor. Kunyit biasanya dikonsumsi dalam bentuk jamu, akan tetapi kunyit juga dapat dicampur dengan susu supaya kandungannya bekerja lebih efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti contohnya dengan membuat minuman golden milk atau turmeric milk. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3. Daun Meniran

Sobat We+ pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Daun meniran atau meniran hijau merupakan tanaman obat yang telah digunakan sejak jaman dahulu. Meniran hijau dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi batu ginjal. Selain itu meniran hijau juga dipercaya memiliki khasiat dalam membantu mengobati masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, hepatitis B, malaria serta meredakan nyeri. 

Namun hingga saat ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanan dari daun meniran sebagai obat herbal. Sehingga untuk dosis penggunaannya harus dikonsultasikan dulu dengan dokter. Meski begitu daun meniran memiliki sifat anti radang, antioksidan serta antibakteri yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

4. Ginseng

Bahan alami terakhir yang dapat Sobat We+ konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah ginseng. Ginseng yang umum digunakan adalah ginseng Amerika dan ginseng Korea. Kedua jenis ginseng ini memiliki khasiat yang berbeda, akan tetapi secara umum terdapat senyawa aktif yang berperan penting dalam khasiat bahan alami ini, yakni ginsenosides. 

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, jenis ginseng yang bisa dikonsumsi adalah ginseng Amerika. Selain digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ginseng Amerika juga berkhasiat untuk mengatasi flu, menghilangkan stress, menambah nafsu makan serta memperbaiki sistem pencernaan. 

Meski begitu ginseng Amerika memiliki efek samping yang cukup berbahaya, terutama bagi wanita hamil dan menyusui, penderita insomnia, penderita diabetes, serta pasien yang akan operasi. 

Itulah empat bahan alami yang dapat Sobat We+ konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh di awal tahun 2021. Selain dengan mengonsumsi bahan-bahan alami di atas, Sobat We+ juga harus mengimbanginya dengan olahraga teratur dan gaya hidup sehat. Dengan begitu kesehatan dan kebugaran tubuh bisa lebih terjaga!

Penulis: Raka 08 Jan 2021 257

Penulis: Raka
06 Jul 2020
692
Penulis: Raka
16 Oct 1212
392