Mau Investasi Tapi Modal Kecil? Berikut Pilihannya Untukmu!

Mau Investasi Tapi Modal Kecil? Berikut Pilihannya Untukmu!

Saat ini, investasi sudah menjadi hal yang tidak asing lagi. Mulai dari remaja hingga dewasa sudah mulai diajarkan bagaimana caranya berinvestasi, terutama investasi dengan modal kecil. Pemahaman yang sangat cepat tersebut juga didukung dengan adanya digitalisasi di berbagai aspek.

Namun, sayangnya masih banyak masyarakat yang berpikiran bahwa investasi hanya bisa dilakukan oleh orang banyak uang saja. Padahal ini pernyataan yang salah, kamu bahkan kini sudah bisa berinvestasi dengan modal kecil. Kamu bisa memilih investasi yang tidak perlu mengeluarkan banyak modal, tapi return yang dihasilkan juga terbilang menguntungkan. Lalu apa saja investasi tersebut? 

Pilihan Investasi dengan Modal Kecil

Investasi dengan modal kecil bisa kamu mulai dengan memanfaatkan berbagai aplikasi investasi yang kini telah tersedia. Inilah pilihan investasi tersebut: 

  1. Reksa Dana

Reksa dana masih menjadi perbincangan masyarakat, karena reksa dana menyediakan kesempatan untuk berinvestasi sangat besar. kamu bahkan bisa dengan memberikan modal Rp. 100 ribu saja. Tak hanya itu, ada juga beberapa sekuritas yang memberikan tawaran investasi reksa dana sebesar Rp. 50 ribu saja. 

Oleh karena itulah, reksa dana termasuk tempat investasi yang sangat direkomendasikan untuk pemula. Kelebihan investasi di reksa dana ini adalah adanya manajer investasi yang punya keahlian di bidangnya dan tentunya sangat professional, sehingga uang kamu bisa dikelola dengan baik.

  1. Emas

Emas yang sering digunakan untuk investasi adalah emas batangan. Emas ini juga menjadi incaran banyak orang karena nilainya selalu naik setiap tahun. Sehingga menjadi salah satu wadah yang cocok untuk investasi jangka panjang. Kelebihan investasi emas ini adalah nilainya tidak akan pernah tergerus oleh keadaan inflasi, tidak sama halnya dengan mata uang kertas. Jika ada penurunan, itu hanya sebentar dan harganya kaan kembali naik lagi.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Nabung Saham

Kamu juga bisa menabung saham untuk berinvestasi. Saham yang awalnya dibeli dengan modal kecil bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar. Namun, saham ini sangat besar resikonya, terutama bagi pemula. Saham ini punya sistem yang agak sedikit rumit jika kamu belum memahaminya. Oleh karena itu, jika kamu berkeinginan untuk investasi saham, sebaiknya pelajari terlebih dahulu, agar tidak mengalami kerugian yang besar.

  1. Deposito Berjangka

Deposito bank atau deposito berjangka tergolong investasi modal kecil yang bisa kamu coba, resiko yang dihasilkan pun juga lebih kecil, karena deposito ini termasuk jenis simpanan yang telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.

Prinsip deposito berjangka ini tidak jauh berbeda dengan program tabungan. kamu menyimpan uang di bank dengan aturan yang telah disepakati dan tidak bisa diambil sesuka hati karena penarikan hanya bisa dilakukan pada waktu yang telah ditentukan saja. Jika kamu mencairkan dana pada waktu yang tidak disepakati, maka kamu harus dikenakan denda

  1. Barang Koleksi

Investasi lain yang bisa kamu lakukan adalah barang koleksi. Barang koleksi juga bisa menjadi aset untuk investasi karena cenderung memiliki tren yang sangat fantastik seperti barang koleksi lego.

Jika kamu lihat saat ini, Lego dijual dengan sangat mahal sekali. Namun, puluhan tahun lalu harganya sangatlah murah. Sehingga kamu tidak bisa sembarangan menggunakan barang koleksi sebagai investasi karena harus melihat trend pada masa tersebut.

Tak hanya lego, kamu juga bisa investasi barang koleksi uang kuno. Uang kuno kini memiliki nilai yang sangat tinggi dan ini termasuk barang incaran para kolektor. Bahkan mereka siap menawarnya dengan harga yang sangat besar sekali.

Itulah 5 referensi yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi. Investasi dengan modal kecil adalah hal yang sangat mungkin untuk dilakukan. Asalkan kamu harus ingat bahwa saat berinvestasi harus bisa menjaga komitmen, tekun, serta up to date terhadap pergerakan investasi tersebut. 

Penulis: Raka 18 Dec 2021 51