Cara Membagi Pengeluaran Agar Gaji Tidak Cepat Habis

Cara Membagi Pengeluaran Agar Gaji Tidak Cepat Habis

Sobat WE+, kesulitan mengatur gaji bulanan, tidak hanya dialami segelintir orang saja. Banyak juga masyarakat atau mungkin juga kamu yang mengalami kesulitan dalam mengatur gaji setiap bulan yang diterima agar tidak cepat habis. Bahkan kemungkinan Sobat WE+ sering kehabisan uang sebelum menginjak pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karena tidak membagi pengeluaran dengan baik. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena ada tips untuk membagi pengeluaran agar gaji tidak cepat habis. 

Cara Membagi Pengeluaran Agar Gaji Tidak Cepat Habis

1. Membuat Anggaran Bulanan

Untuk cara membagi pengeluaran. Sobat WE+ mulailah dari membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Yaitu untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain-lain. Kemudian untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, dan anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja Sobat We+. 

2. Segera Bayar Tagihan

Saat Sobat We+ sudah mendapatkan gaji, hal yang pertama harus dilakukan adalah membayar semua tagihan di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain-lain. Hal ini penting dalam cara membagi pengeluaran, supaya tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari Sobat We+. Dengan membayar tagihan lebih awal akan membuat kamu lebih tenang untuk mengatur pengeluaran yang lainnya.

3. Sisihkan Untuk Tabungan

Apabila selama ini Sobat We+ terbiasa menyisihkan sisa gajinya untuk ditabung, sekarang ini cobalah menyisihkan gaji untuk tabungan sebelum Sobat We+ menggunakannya untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Hal ini untuk lebih menekan pengeluaran lain yang tidak terlalu penting.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Caranya, buatlah dua rekening bank yang berbeda fungsi. Satu rekening digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti, menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Sedangkan rekening satunya digunakan khusus untuk menyimpan uang tabungan saja. Targetkan jumlah minimal berapa persen yang harus ditabung dari gaji bulanan. Lakukan seperti kewajiban yang harus dipenuhi setiap bulannya.

4. Buat Laporan Keuangan Harian

Simpanlah struk belanja setiap kali Sobat WE+ berbelanja. Catatlah semua pengeluaran setiap harinya. Selain cara ini membantu mengetahui ke mana saja uang yang digunakan selama ini, juga bisa membantu kamu menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya tidak harus dibeli pada bulan yang akan datang.

5. Investasi

Setelah mengatur cara membagi pengeluaran, tetapi masih ada kelebihan dana dari gaji tersebut, ada baiknya Sobat  WE+ menggunakan dana tersebut untuk investasi. Kamu bisa memilih instrumen asuransi seperti reksadana, saham, atau instrumen lainnya. Investasi berbeda dengan menabung, jika menabung kamu bisa mengambilnya setiap saat. Di Investasi, uang yang kamu simpan dalam bentuk lain tidak bisa diambil kapanpun sesuai keinginan. Cara ini tidak hanya membuat uang Sobat WE+ diam di tempat, namun juga dapat menguntungkan di masa depan.

6. Lakukan  Perbandingan 

Terakhir, lakukanlah perbandingan antara pengeluaran dengan anggaran. Hal ini untuk mengetahui apakah pengeluaran kamu sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat, atau malah melebihi dari target anggaran yang telah buat. Jika yang terjadi seperti itu, sudah seharusnya Sobat WE+ melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Bandingkan dengan catatan pengeluaran harian yang telah dibuat, untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang mengeluarkan dana cukup besar.

Itulah cara membagi pengeluaran agar gaji tidak cepat habis. Dengan mengetahui informasi ini diharapkan pengaturan keuangan kalian bisa menjadi lebih baik ya. Selamat mencoba!

Penulis: Raka 13 Dec 2020 260