Manfaat Tiga Olahraga Crossfit dan Tips Melakukan yang Benar

Manfaat Tiga Olahraga Crossfit dan Tips Melakukan yang Benar

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang menyehatkan tubuh dan banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Jenis olahraga yang bisa Sobat WE+ lakukan tentunya ada banyak, Sobat WE+ bisa memilih jenis olahraga yang cocok dan sesuai kebutuhan tubuh. Misalnya olahraga crossfit yang kini sedang banyak digandrungi masyarakat dan menjadi tren lho! 

Program olahraga yang satu ini merupakan kegiatan olahraga yang menggabungkan berbagai macam gerakan. Seperti gerakan senam, angkat beban, mendayung dan juga powerlifting. Crossfit kini sudah menjadi latihan yang rutin dan populer. Olahraga ini meliputi senam, pliometrik dengan intensitas yang tinggi hingga olimpiade yang dilakukan dengan cara berurutan.

Manfaat dari Olahraga Crossfit yang Harus sobat WE+ Tahu

Crossfit menjadi bentuk  high-intensity power fitness atau termasuk ke dalam jenis olahraga yang intensitasnya sangat tinggi. Hal ini tidak mengherankan karena olahraga ini memadukan beberapa jenis olahraga lain. Nah, bagi sobat WE+ yang ingin melakukan olahraga crossfit, inilah berbagai manfaat yang bisa didapatkan untuk tubuh:

1. Meningkatkan Kekuatan pada Fisik

Dengan melakukan olahraga crossfit, kekuatan pada fisik sobat WE+ bisa bertambah lebih baik. Sebab, gerakan dengan intensitas yang tinggi pada olahraga ini akan menambah kekuatan pada otot serta stamina tubuh. Menambah berat badan pada latihan agar lebih meningkatkan otot dan menambah beban di otot.

2. Membakar Kalori dan Menjaga Berat Badan

Saat melakukan latihan olahraga ini juga akan membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Latihan ini akan membakar 15-18 kalori setiap menitnya. Sobat WE+ juga bisa membakar kalori dalam masa pemulihan.

3. Meningkatkan Keseimbangan, Ketangkasan serta Fleksibilitas

Latihan crossfit meliputi latihan yang sudah biasa ada pada gerakan di kehidupan sehari-hari ditambah dengan latihan yang fungsional dan Gerakan fungsional seperti ayunan kettlebell, squat dan tekanan overhead. Latihan ini juga bisa membuat keseimbangan, ketangkasan dan fleksibilitas terus meningkat. 

Cara Melakukan Olahraga Crossfit dengan Benar

Beginilah cara melakukan olahraga crossfit dengan cara yang tepat:

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

1. Lakukan Burpee, Body Weight Squat, dan Sit Up

Beberapa gerakan tersebut harus dilakukan sesuai kemampuan sobat WE+ dan lakukan selama 10 menit saja. Usahakan tidak istirahat ketika sobat WE+ melakukan pergantian gerakan. Catat pencapaian sobat WE+ di buku dan berapa pencapaian sobat WE+ saat melakukan gerakan ini.

2. Lari 400 m dan Lakukan Squat 50 Kali

Cara kedua yaitu melakukan lari dengan jarak 400 m kemudian lanjutkan dengan melakukan gerakan squat. Hitung berapa jarak titik awal sampai akhir untuk mencapai 400 m tersebut.

3. Sit Up dan Lunges Sebanyak 15 Kali

Langkah berikutnya yaitu melakukan gerakan Sit Up dan Lunges masing-masing sebanyak 15 kali. Setiap jeda pergantian gerakan sobat WE+ harus beristirahat dahulu selama 2 menit. Setelah itu ulang kembali seluruh rangkaian gerakan yang tadi sudah dilakukan.

4. Lakukan Pistol Squat, Pull Up, Box Jump, Push Up dan Sit Up 10 Kali

Lakukan beberapa gerakan tersebut masing-masing sebanyak 10 kali saja. Latihan ini berdurasi sekitar 15 menit dan lakukan sebanyak mungkin sesuai kemampuan kalian ya Sobat WE+.

5. Lakukan Gerakan Pull Up, Push Up dan Squat

Durasi dari latihan pada gerakan ini yaitu sekitar 20 menit dan jangan beristirahat setiap kali pergantian gerakan dilakukan. Catat berapa jumlah gerakan yang berhasil sobat WE+ lakukan untuk patokan di latihan selanjutnya.

Tips Melakukan Olahraga Crossfit yang Benar dan Nyaman 

Saat melakukan olahraga ini, ada beberapa hal yang bisa sobat WE+ lakukan agar bisa berolahraga dengan nyaman. Seperti: 

  1. Pilih jenis sepatu yang tepat dan nyaman. Sebaiknya pilih sepatu yang memiliki sol yang rata supaya lebih nyaman untuk crossfit. 
  2. Pakai pakaian olahraga yang nyaman dan bisa menyerap keringat. 
  3. Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu misalnya seperti asma, sobat WE+ bisa segera menyampaikannya kepada coach crossfit. Jika melakukan sendiri, maka sesuaikan olahraga tersebut dengan kekuatan tubuh dan jangan pernah memaksakan diri. 
  4. Lakukan crossfit dengan benar dan tepat. 

Itulah manfaat, cara melakukan, serta tips saat melakukan olahraga crossfit dengan benar, yang bisa sobat WE+ coba. Dengan melakukan olahraga ini, sobat WE+ bisa menjaga kekuatan otot dan badan dengan lebih baik. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba olahraga ini? 

Penulis: Raka 26 Jan 2021 36