Atur Pola Makan Sehat yang Benar untuk Hidup Sehatmu

Atur Pola Makan Sehat yang Benar untuk Hidup Sehatmu

Halo Sobat WE+, seperti yang kita tahu makanan yang kita konsumsi setiap harinya memang memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan kita. Oleh sebab itu, sangat diperlukan pola makanan sehat agar kesehatan tubuh terjaga. Lalu, apa saja pola makan yang sehat untuk tubuh? 

Inilah 5 Cara Pola Makanan Sehat untuk Tubuh

Berikut ini akan Kami jelaskan 5 Tips Pola Makanan Sehat Untuk Tubuh Kamu.

1. Makan-makanan Sehat

Sedari kecil, kita sudah tidak asing lagi dengan istilah empat sehat lima sempurna. Isinya tentang makan-makanan yang sehat dan imbang. Semboyan ini selalu saja digaungkan, tetapi sedikit orang yang mempraktekannya. Padahal, mengkonsumsi makanan sehat sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan tubuhmu.

Ahli gizi Cheryl Forberg menyatakan bahwa tubuh harus mengkonsumsi makanan yang mengandung paling tidak 45% karbohidrat, 35% lemak baik, dan 30% protein. Di sini, banyak orang yang salah persepsi dan justru takut mengonsumsi lemak. Padahal, kekurangan lemak dapat membuat tubuh mudah lapar.

2. Perbanyak Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Pola makan sehat berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah memperbanyak mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau sendiri, tinggi akan kandungan sehat dan kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang. Oleh karena itu, ahli gizi Forberg menyarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau ini dalam porsi yang cukup per harinya.

Ada jenis sayuran hijau yang mudah ditemukan di tengah masyarakat kita. Baik di pasar, supermarket, maupun dalam hidangan makanan. Contoh sayuran hijau sendiri seperti bayam, kangkung, kacang polong, dan lain sebagainya yang bisa kita olah menjadi semangkuk sup maupun sayur bening.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Hindari Makanan dengan Tinggi Lemak

Sobat We+, meskipun tubuh juga membutuhkan asupan lemak sebesar 35% tetapi kita juga tidak bisa serta merta mengonsumsi makanan dengan tinggi lemak. Karena jumlah lemah berlebihan yang masuk dalam tubuh juga akan menimbulkan berbagai macam penyakit serius lainnya, seperti jantung koroner, sampai stroke.

Oleh karena itu, pastikan kamu mengganti makanan berlemak tinggi dengan makanan yang tidak mengandung banyak lemak. Misalnya saja, kamu bisa membatasi penggunaan minyak, mentega, dan santan, pada olahan masakanmu. Kamu bisa memilih sumber lemak pada kacang-kacangan dan biji-bijian yang tidak terlalu tinggi.

4. Memperbanyak Makan Sayur dan Buah

Cara mengatur pola makan sehat berikutnya adalah, pastikan kamu rutin mengkonsumsi sayuran dan buah setiap harinya. Pasalnya, buah dan sayuran mengandung serat yang mampu mengikat karsinogen. Karsinogen ini sendiri adalah zat yang dapat menyebabkan kanker. Untuk itu, pastikan kamu selalu rutin mengkonsumsi buah maupun sayuran tiap harinya.

Namun, perlu kamu tahu bahwa tidak semua buah itu menyehatkan. Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang sebaiknya kamu hindari. Misalnya saja durian karena kandungan lemaknya yang sangat tinggi, dan juga melinjo karena mengandung purin yang bisa menyebabkan asam urat. 

5. Atur Porsi Makanan Setiap Hari 

Cara mengatur pola makanan sehat yang terakhir adalah perhatikan banyaknya makanan yang kamu konsumsi. Meskipun pada dasarnya semua makanan baik dan menyehatkan, namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menimbulkan efek tersendiri bagi tubuh. untuk itu, kamu harus mengatur porsi makan. Berhentilah sebelum kenyang, dan makanlah sebelum lapar. Dengan begitu, porsi makan bisa lebih terjaga.

Itulah lima cara mengatur pola makanan sehat yang bisa sobat WE+ terapkan. Selain menjaga pola makan, jangan lupa untuk berolahraga agar tubuhmu tetap sehat dan terhindar dari serangan virus berbahaya. Stay healthy! 

Related Article : Tips Menjaga Kesehatan Dengan Pola Makan Sehat

Penulis: Raka 12 Oct 2020 2429