Manfaat Tabungan Berjangka untuk Masa Depan Apa Saja?

Manfaat Tabungan Berjangka untuk Masa Depan Apa Saja?

Salah satu cara agar memiliki perencanaan keuangan yang baik adalah dengan menabung. Namun, tidak sedikit orang yang justru kesulitan untuk disiplin menabung. Nah, bagi sobat WE+ yang memiliki kasus yang sama yaitu kesulitan untuk disiplin menabung, mungkin kamu bisa mencoba tabungan berjangka. 

Tabungan berjangka berbeda dengan tabungan biasa. Ini adalah produk bank yang bertujuan untuk membangun nasabah dalam merencanakan keuangannya. Untuk lebih jelasnya simak pembahasannya pada artikel berikut ini

Apa Itu Tabungan Berjangka dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sesuai dengan penamaannya, tabungan berjangka adalah salah satu jenis tabungan dengan jangka waktu tertentu, yakni mulai dari 6 bulan hingga 20 tahun. Durasi yang sudah disepakati ini membuat tabungan ini tidak dapat ditarik kapan saja. Selain jangka waktu, nominal menabung pun telah disepakati di awal. 

Cara kerja tabungan berjangka berbeda dengan tabungan biasa. Dalam tabungan biasa, nasabah akan menyimpan uang di bank lalu menerima bunga yang dihitung dari jumlah uang yang ada di rekening pada periode tertentu.

Selain itu, nasabah juga bisa mengakses uang tabungannya melalui pengambilan langsung di teller ATM atau melalui online banking. Sementara pada tabungan berjangka biasanya ditarik secara otomatis atau auto debet dari rekening terdaftar setiap bulannya. Sehingga tidak ada istilah lupa menabung atau uang terpakai oleh kebutuhan lain. Tabungan berjangka memiliki kesan ‘memaksa’ nasabah untuk menabung sesuai dengan kesepakatan di awal.

Manfaat Tabungan Berjangka

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Tabungan berjangka memiliki manfaat untuk masa depan yang lebih baik. Apa saja manfaat tabungan berjangka yang dapat kamu rasakan? Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Melatih Kedisiplinan

Tabungan berjangka menjadi solusi bagi kamu yang memiliki kekhawatiran tidak disiplin dalam menabung. Dengan ketentuan tabungan berjangka yang telah disepakati di awal, kamu dipaksa untuk tetap menabung setiap bulannya.

  1. Dana Tabungan Aman

Menyimpan uang di bank tentu lebih aman dibandingkan menyimpannya secara fisik di rumah. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot membawa uang dalam jumlah besar ke bank karena uang bisa dengan langsung autodebet dari rekening. Tabungan kamu yang ada di bank juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Artinya, meski bank yang kamu pilih mengalami likuidasi atau bangkrut, dana yang dimiliki tetap aman. 

  1. Dapat Menabung dengan Setoran Rendah

Meskipun terkesan memaksa nasabah untuk menabung, namun sebenarnya tabungan berjangka justru tidak menyulitkan nasabah dalam hal penyetoran. Nominal yang disepakati boleh dimulai dari Rp100 ribu saja setiap bulannya. Meskipun terlihat kecil, namun kamu dapat mengumpulkan uang dengan jumlah besar di akhir periode tabungan.

  1. Mendapat Asuransi

Secara umum, tabungan berjangka juga menawarkan layanan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan untuk nasabahnya. Dengan hal itu, kamu juga bisa mendapatkan potensi perlindungan melalui asuransi. 

Demikianlah informasi mengenai tabungan berjangka dan manfaatnya untuk masa depan. Menabung sejak dini mungkin akan terasa menyiksa karena secara langsung pengeluaran diminimalisir, dalam uang hanya digunakan untuk kebutuhan saja. Uang yang ditabungkan bisa saja mengambil bagian pengeluaran untuk keinginan atau hiburan semata.

Namun, manfaat menabung baru akan dirasakan pada masa yang akan datang. Oleh sebab itu, untuk memiliki finansial yang teratur dan disiplin, menabung adalah salah satu solusi untuk mewujudkannya. Dan tabungan berjangka bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sobat WE+. 

Penulis: Raka 23 Jun 2021 90