Jangan Mager, Ini Cara Senam Kegel yang Banyak Manfaatnya

Jangan Mager, Ini Cara Senam Kegel yang Banyak Manfaatnya

Salah satu jenis olahraga yang bisa sobat WE+ lakukan di rumah saja adalah senam kegel.  Kini, senam kegel tengah populer di kalangan para pecinta olahraga baik lelaki maupun wanita. Karena senam ini memang memiliki banyak manfaat. Awalnya, kegel hanya merupakan jenis senam yang dilakukan oleh ibu-ibu hamil menjelang persalinan. Tapi ternyata, manfaat dari senam ini sangat banyak untuk kesehatan.

Senam ini juga tidak hanya bagus untuk ibu hamil saja, karena pria juga bisa melakukan senam ini agar otot pinggulnya semakin kuat dan kencang. Apalagi cara melakukan senam ini juga gampang banget. Karena gak perlu terlalu banyak kekuatan otot atau tenaga.

Cara Melakukan Senam Kegel yang Bermanfaat untuk Pria Maupun Wanita

Pada dasarnya, cara melakukan senam kegel untuk pria maupun wanita kurang lebih sama, akan tetapi yang membedakan adalah letak otot dasar panggul pada pria dan wanita yang berbeda. Nah, untuk menentukan letak dari otot dasar panggul ini, sobat WE+ bisa melakukannya dengan sederhana.

Caranya, coba kencangkan otot pada area vagina seolah sobat WE+ sedang menahan pipis atau menahan air kencing ketika buang air kecil. Nah, jika sobat WE+ merasa ada bagian otot yang berkontraksi, itulah bagian otot dasar panggul. Sementara itu, untuk mengetahui letak otot dasar panggul pada pria juga kurang lebih sama, cukup kencangkan otot pada area organ intim seperti sedang menahan pipis juga. 

Berikut ini cara melakukan kegel untuk wanita:

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Mengencangkan otot panggul terlebih dahulu yaitu bagian otot panggul bawah, selama kurang lebih 3 detik.
  2. Selama proses mengencangkan otot sebaiknya kamu jangan mengencangkan otot perut, pantat serta paha atau bahkan menahan napas. 
  3. Lemaskan otot panggul bawah selama kira-kira 3 detik saja.
  4. Ulangi kembali latihan pengencangan otot ini sebanyak 10 kali.
  5. Lakukan latihan senam ini sebanyak 3 kali dalam sehari setiap harinya.

Jika kamu sudah melakukan olahraga senam ini, kamu bisa mencoba untuk menahan otot dasar di bagian panggul dengan waktu lebih lama. Misalnya tahan selama 5-10 detik. Waktu jedanya pun sama, sekitar 5-10 detik. Pastikan kamu tetap bernapas seperti biasa saat sedang menahan otot.

Untuk Sobat WE+ yang berjenis kelamin pria, bisa mengikuti cara berikut ini untuk melakukan kegel:

  1. Kencangkan dahulu bagian otot panggul bawah juga sekitar 3 detik.
  2. Bernafaslah seperti biasa saat kamu sedang mengencangkan otot panggul bawah tersebut. Jangan menahan otot perut, paha dan pantat.
  3. Lemaskan otot panggul bawah serta berikan jeda selama kira-kira 3 detik juga.
  4. Ulangi latihan selama kurang lebih 10 kali saja.
  5. Sebaiknya lakukan senam ini selama 3 kali dalam sehari.

Tak ada persiapan khusus yang harus kamu lakukan saat akan melakukan senam ini. kamu juga bisa melakukan olahraga kegel ini sambil duduk, berbaring atau berdiri dan berjalan kaki. Tapi kalau Sobat WE+ masih pemula, sebaiknya gunakan posisi berbaring sambil menekukkan kedua kaki.

Posisi itu akan membantu kamu menjadi lebih rileks saat sedang melakukan olahraga senam tersebut. Saat mengencangkan otot panggul, rasakan seperti saat kamu menahan laju air kencing. Hal itu juga akan membuat otot di sekitar vagina  bagi wanita menjadi lebih kencang. Otot yang saat itu sedang berkontraksi adalah otot di bagian dasar panggul. Itulah kemudahan dalam melakukan senam kegel.

Nah, sobat WE+ itulah beberapa cara melakukan senam kegel yang memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Meski sama-sama memberikan manfaat baik untuk wanita maupun pria, cara melakukan senam ini ternyata berbeda untuk pria dan wanita, sehingga harus dipahami dengan baik sebelum menjalankan senam ini ya. 

Penulis: Raka 23 Dec 2020 25