Keunikan Wisata Danau Toba Dibanding Wisata Danau Lainnya

Keunikan Wisata Danau Toba Dibanding Wisata Danau Lainnya

Danau Toba merupakan objek wisata yang populer di Indonesia. Wisata danau Toba terletak di Sumatera Utara ini dengan ukuran panjang 100 km, lebar 30 km, serta kedalaman 505 meter. Ukuran tersebut membuat Danau Toba menjadi salah satu danau terbesar di Indonesia.  Selain pesona danau yang indah, ada berbagai cerita rakyat dan mistis yang membuat wisatawan tertarik berkunjung. Tidak hanya wisatawan lokal saja, wisatawan mancanegara juga antusias mendatangi wisata ini.

Keunikan Wisata Danau Toba 

Ada banyak sekali pesona Danau Toba yang tidak terkalahkan oleh danau manapun. Mulai dari keindahan alam hingga keunikan lokasi dan masyarakat yang ada di sana. Apa saja keunikan wisata Danau Toba dibanding wisata danau lainnya? Simak poin-poin di bawah ini dan jangan sampai terlewat, ya sobat WE+!

  1. Danau Kaldera Terbesar Dunia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Danau Toba memiliki panjang 100 km, lebar 30 km, serta kedalaman hingga 505 meter. Oleh sebab itu, Danau Toba dinobatkan sebagai danau kaldera terbesar di dunia. Ukuran Danau Toba yang begitu besar membuat kamu tidak bisa hanya sehari saja ada di sana. Kamu perlu menyusuri berbagai lokasi yang ada di Danau Toba agar bisa merasakan nikmat keindahan Danau ini. 

  1. Terbentuk Dari Letusan Gunung Toba

Danau Toba yang begitu besar terbentuk akibat letusan Gunung Toba. Letusan pertama yang terjadi di Gunung Toba membentuk kaldera sisi selatan. Letusan kedua yang terjadi menghasilkan kaldera di sisi utara. Sementara letusan Gunung Toba yang merupakan letusan terbesar mengubah Gunung Toba menjadi danau vulkanik, yaitu Danau Toba.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Menjadi Salah Satu Danau Terdalam Di Dunia

Keunikan yang ada pada Danau Toba dibanding danau lainnya di Indonesia adalah kedalaman danau yang mencapai 505 meter menjadikannya termasuk dalam kategori danau terdalam di dunia. Menarik, bukan? Letaknya di Indonesia, lho!

  1. Terdapat 5 Pulau Di Tengah Danau

Sebagai danau terbesar di dunia, Danau Toba memiliki 5 pulau yang berada di tengah-tengahnya. Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Samosir, Pulau Tulas, Pulau Sibandang, Pulau Malau, dan Pulau Tolping. Kamu juga bisa menjelajahi pulau-pulau tersebut saat berada di sana agar bisa merasakan kehangatan masyarakat pulau.

  1. Ada Danau Di Atas Danau Toba

Keunikan selanjutnya dari danau toba adalah adanya dua danau di atas Danau Toba. Danau tersebut terletak di Pulau Samosir. Dua danau tersebut adalah Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. 

  1. Terdapat Banyak Air Terjun Di Sekitar Dana Toba

Danau yang indah ditambah dengan air terjun yang mengelilinginya membuat pesona Danau Toba di atas rata-rata. Air terjun populer yang ada di Danau Toba adalah Air Terjun Sipiso-Piso. Selain air terjun populer tersebut, terdapat beberapa air terjun lainnya yaitu Air Terjun Efrata, Air Terjun Situmurun, Air Terjun Janji, dan Air Terjun Binangalom. Banyak sekali, bukan?

Demikianlah keunikan-keunikan Wisata Danau Toba dibanding danau lainnya. Kamu tidak hanya dimanjakan oleh danau saja, namun beberapa objek wisata lainnya di sekitar danau juga patut kamu jelajahi. Kamu juga tidak cukup hanya sebentar singgah di Danau Toba. Banyak tempat yang wajib kamu kunjungi, beberapa telah disebutkan di atas.

Tidak hanya objek wisata yang ditawarkan, beberapa tradisi dan budaya juga dapat kamu nikmati di sana. Keramahan masyarakat lokal seakan menambah kenikmatan berlibur di sana. Penginapan yang ada di sana juga bermacam-macam, yang jelas bisa masih terjangkau. Selamat berkunjung ke Wisata Danau Toba ya! 

Penulis: Raka 17 Sep 2021 163