Lakukan Hal Ini Agar Motor Tidak Cepat Rusak

Lakukan Hal Ini Agar Motor Tidak Cepat Rusak

Lakukan Hal Ini Agar Motor Tidak Cepat Rusak

Halo Sobat We+, seperti yang kita ketahui motor harus dirawat dengan baik agar tidak cepat rusak. Tidak sebatas motor matic saja, bahkan motor bebek dan motor sport juga bisa cepat rusak lho, kalau tidak dirawat dengan baik. Bahkan ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan pengguna motor sehingga motor cepat rusak. Nah supaya motor tetap awet digunakan dalam jangka panjang, mulailah untuk menerapkan 5 hal ini agar motor tidak cepat rusak.

Lakukan 5 Hal Ini Agar Motor Tidak Cepat Rusak  

  1. Memanaskan Motor Sebelum Digunakan

Hal yang sepele tapi jarang sekali dilakukan oleh pengguna motor adalah memanaskan kendaraan sebelum digunakan. Banyak pengguna motor yang tidak mengetahui pentingnya memanaskan motor sebelum motor digunakan. Padahal ini dapat berdampak terhadap kerusakan mesin motor jika tidak dilakukan. 

Memanaskan motor sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan dianjurkan hanya memanaskan selama 1 menit sebelum digunakan. Cukup dengan nyalakan mesinnya, dan biarkan saja selama 1 menit hingga motor siap digunakan. Kebiasaan memanaskan motor dapat membantu mengurangi gesekan antar komponen mesin ketika motor dipacu, karena dengan cara ini oli dapat kembali melapisi setiap komponen pada mesin motor. 

  1. Mengganti Oli Secara Rutin 

Motor jadi gampang cepat rusak akibat oli yang jarang diganti. Seperti yang kita tahu, oli berfungsi sebagai pelumas serta perapat antara komponen mesin supaya dapat bekerja dengan baik dan bebas gangguan. Selain itu oli juga bermanfaat untuk mendinginkan mesin ketika bekerja. 

Ganti oli disarankan dilakukan setiap 2 bulan sekali atau saat sudah mencapai jarak tempuh 2000km. Waktu ganti oli disesuaikan tergantung dari yang mana indikator yang dicapai duluan. Meskipun jarak tempuh motor belum mencapai 2000 km, akan tetapi jika sudah berjarak 2 bulan sejak ganti oli sebelumnya maka wajib untuk kamu membawa motor ke bengkel untuk ganti oli. 

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Akibat jika kamu telat ganti oli bisa menyebabkan menurunnya kinerja mesin, bensin jadi boros, mesin mengalami overheating, mesin jadi tidak tahan lama, dan bisa menyebabkan motor tiba-tiba mati saat digunakan.  

  1. Membersihkan Filter Udara

Agar motor kamu tidak cepat rusak, pastikan untuk membersihkan filter udara secara berkala. Fungsi dari filter udara pada motor adalah untuk menyaring udara yang akan masuk ke dalam mesin motor. Sehingga filter akan cepat kotor dan perlu dibersihkan. Udara yang masuk melalui filter berguna dalam proses pembakaran. 

Karena mesin tidak hanya membakar bensin saja, akan tetapi juga udara yang masuk. Udara luar yang bercampur dengan debu harus disaring terlebih dahulu dengan menggunakan filter agar proses pembakaran terjadi dengan semestinya. Oleh karena itu lakukan pembersihan pada filter secara berkala setidaknya sebulan sekali. 

  1. Selalu Cek Kondisi Ban

Penting halnya bagi kamu untuk selalu mengecek kondisi ban motor sebelum digunakan. Karena ban merupakan bagian yang vital dari kendaraan roda dua, sehingga akan sangat membahayakan keselamatan jika motor digunakan saat ban dalam kondisi yang kurang baik. 

Kondisi seperti kekurangan angin, ban aus, tanda TWI ban terlihat samar bahkan tidak kelihatan sama sekali, hingga adanya retakan pada ban harus diperhatikan dan diatasi supaya tidak menyebabkan kecelakaan. 

  1. Servis Rutin

Terakhir supaya motor kamu tidak cepat rusak adalah dengan melakukan servis rutin. Servis harus dilakukan setiap mencapai 5000 KM atau kelipatannya. Sebaiknya servis di bengkel resmi, dan pilihlah sparepart original dan oli berkualitas agar motor tetap awet dalam jangka panjang. 

Itulah 5 hal yang bisa sobat WE+ lakukan supaya motor awet dan tidak mudah rusak. Mengingat betapa pentingnya performa motor dengan keselamatan di jalan raya, maka jangan sampai mengabaikan hal ini ya! 

Penulis: Raka 08 May 2021 55