Agar Tahan Lama, Lakukan 7 Perawatan Mesin Diesel Berikut Ini

Agar Tahan Lama, Lakukan 7 Perawatan Mesin Diesel Berikut Ini

Kendaraan bermesin diesel memang dikenal lebih tangguh dan efisien dalam penggunaan bahan bakar. Meskipun demikian, jangan abaikan perawatan mesin diesel ya. Sebab jika tidak dirawat, mesin diesel akan mudah rusak dan terganggu kinerjanya. Nah sobat WE+, kali ini kita akan membahas tentang perawatan mesin diesel agar lebih tahan lama.

Mencegah Kerusakan Dini dengan Perawatan Mesin Diesel

Agar tidak cepat rusak dan kinerjanya terjaga, sebaiknya melakukan perawatan terhadapnya. Lakukan pengecekan terhadap mesin secara rutin. Hal ini ditujukan agar jika terjadi kerusakan, dapat segera diperbaiki. Dengan demikian, kerusakan tidak semakin parah. Berikut ini adalah perawatan pada mesin diesel yang harus dilakukan.

1. Gunakan Solar dengan Kualitas Bagus

Beberapa orang memilih solar dengan kualitas kurang bagus karena alasan biaya. Akan tetapi, justru penggunaan solar kualitas baguslah yang dapat menghemat biaya. Hal ini disebabkan masa pembersihan filter yang lebih panjang jaraknya. Jika kualitas solar kurang bagus, filter akan lebih cepat kotor dan harus dibersihkan untuk menghindari kerusakan.

2. Hindari Langsung Menggunakan Kendaraan Saat Mesin Dingin

Jika akan digunakan, sebaiknya lakukan pemanasan pada mesin kendaraan terlebih dahulu. Tujuannya agar mesin kendaraan terlumasi dengan baik dan tidak mengalami kejutan saat gesekan terjadi. Namun, jangan memanasi mesin terlalu lama, agar tidak terjadi polusi gas buangannya,ya.

3. Rutin Membersihkan Filter Udara

Supaya performa mesin lebih optimal dan menghemat bahan bakar, maka pemilik kendaraan harus secara rutin membersihkan filter udara. Debu dan kotoran yang masuk ke dalam mesin dapat membuatnya cepat aus, lho sobat WE+. Oleh sebab itu, kebersihan mesin dapat membantu menjaga agar awet dan tahan lama.

4. Hindari Telat Ganti Oli

Lakukan ganti oli jika jarak tempuh kendaraan telah mencapai 5000 km. Oli yang kotor akan membuat mesin menjadi mudah aus, karena adanya residu yang terkandung di dalamnya. Saat melakukan penggantian oli, sebaiknya cek juga filter olinya. Jika perlu, segera lakukan penggantian filter oli agar fungsi penyaringan tetap baik.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

5. Gunakan Oli Mesin yang Berkualitas

Jangan hanya tergiur harga murah, ya. Untuk kendaraan bermesin diesel, penting menggunakan oli yang berkualitas. Ada baiknya menggunakan sesuai yang direkomendasikan pabrik kendaraan. Penggunaan oli di bawah standar dapat merusak kondisi mesin dan menurunkan performanya.

6. Hindari Mematikan Mesin Tiba-tiba

Cara perawatan mesin diesel  yang satu ini cukup mudah. Hanya perlu sedikit ketelatenan, yaitu menunggu sejenak sebelum mematikan mesin. Saat tiba di tujuan, biarkan mesin tetap menyala setidaknya selama 5-8 menit sebelum mematikannya. Tujuannya agar mesin tidak mengalami kejutan yang membuatnya macet.

7. Lakukan perawatan Rutin Pada Bengkel Resmi

Perawatan secara rutin di bengkel perlu dilakukan untuk mendeteksi kerusakan sejak dini. Namun, sebaiknya pilih bengkel resmi, ya. Sebab, bengkel resmi tentunya memiliki tenaga ahli dan berpengalaman. Selain itu peralatan pada bengkel resmi umumnya lebih lengkap, sehingga perawatan dapat cepat selesai.

Beberapa orang menganggap mesin dengan bahan bakar bensin lebih baik. Akan tetapi, sebenarnya, mesin dengan bahan bakar diesel memiliki banyak keunggulan, lho. Beberapa di antaranya adalah lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar, dan lebih tangguh. Selain itu, mesin diesel yang menggunakan solar, lebih tahan terhadap panas.

Penggunaan bahan bakar solar juga dinilai lebih aman terhadap bahaya api jika dibandingkan dengan bensin. Hanya saja, mesin diesel memang perlu mendapatkan perawatan khusus untuk menjaga kinerjanya. Perawatan pun harus dilakukan secara rutin dan berkala di bengkel terpercaya.

Nah sobat WE+, demikianlah keunggulan dan perawatan mesin diesel yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga agar tidak telat mengganti oli. Selain itu, pastikan juga agar tangki solar tidak sampai kosong sehingga pompa injektor tidak menyedot bahan bakar di bagian dasar tangki yang penuh endapan.

Penulis: Raka 29 Dec 2020 36