Mau Mendapatkan Beasiswa Kuliah? Ini Caranya!

Mau Mendapatkan Beasiswa Kuliah? Ini Caranya!

Beasiswa memang menjadi salah satu alternatif bagi semua orang yang ingin menempuh pendidikan tinggi namun terhalang finansial. Pada era ini, beasiswa semakin banyak sehingga jika kamu mau berusaha agar persyaratan beasiswa terpenuhi, maka peluang kamu mendapatkan beasiswa semakin besar. Lantas, bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah? Simak poin-poin penting di bawah ini.

5 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah yang Bisa Kamu Coba

Bagi sobat WE+ yang ingin berkuliah dengan beasiswa, inilah beberapa tips yang bisa dicoba: 

  1. Tentukan Program Studi yang Hendak Kamu Pilih

Sangat penting bagi kamu untuk menentukan program studi terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu dapat fokus untuk meraih program studi yang kamu impikan. Tidak hanya pada tingkat sarjana saja, magister dan doktor pun juga bisa mendapatkan beasiswa. Menarik bukan? Tentukan program studi sesuai minat kamu terhadap cita-cita dan masa depan yang kamu impikan. Sehingga dapat mempercepat impianmu terwujud.

  1. Riset Informasi Beasiswa

Setelah kamu menentukan program studi yang hendak kamu pilih, saatnya kamu mencari informasi mengenai beasiswa yang tersedia bagi program studi tersebut. Di Indonesia, ada beasiswa KIP yang populer bagi tingkat sarjana. Hampir seluruh program studi baik di kampus negeri maupun swasta dicakup oleh beasiswa KIP. Selain beasiswa KIP, masih banyak lagi beasiswa yang membiayai kamu 100% selama berkuliah. Tidak hanya tingkat sarjana, pada tingkat magister dan doktor pun juga dapat dibiayai secara penuh seperti beasiswa LPDP.

Selain beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, banyak lembaga yang menyediakan beasiswa penuh maupun tidak penuh. Beasiswa tidak penuh biasanya diberikan saat mahasiswa menjalani beberapa semester di universitas. Lakukan riset atau pencarian informasi beasiswa secara detail. Catat semua persyaratan beasiswa yang akan kamu tuju. Hal ini akan memudahkan pada proses selanjutnya.

  1. Diskusikan Kepada Guru Atau Senior

Jika kamu telah mengumpulkan berbagai informasi penting mengenai beasiswa yang kamu tuju, sebaiknya kamu mendiskusikan dengan guru atau senior yang lebih memahami. Hal itu sangat membantu agar kamu terhindar dari informasi hoax seputar beasiswa. Ikuti saran-saran dari mereka jika kamu ingin sukses meraih beasiswa.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Bila perlu, kamu bisa menghubungi penyelenggara secara langsung apabila masih ada pertanyaan mengganjal lainnya. Hal ini dapat menjadi bukti bahwa kamu bersungguh-sungguh untuk meraih beasiswa.

  1. Persiapkan Persyaratan Sejak Dini

Jika kamu sudah memahami semua persyaratan beasiswa yang kamu tuju, hendaklah kamu mempersiapkan semua persyaratan tersebut. Beberapa hal dibawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi kamu menyiapkan persyaratan.

  • Belajar

Belajar di sini bukan melulu belajar mata pelajaran saja, namun belajar menjawab soal-soal ujian masuk perguruan tinggi. Tidak hanya itu, kamu juga perlu belajar tentang berbagai hal yang menyangkut program studi yang bakal kamu pilih untuk membantu proses belajar saat di Universitas nantinya.

  • Asah Kemampuan Bahasa

Tidak hanya di Indonesia, beasiswa kuliah juga banyak di luar negeri. Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, kusai bahasa negara yang akan kamu tuju. Atau kamu bisa mengupayakan bahasa Inggris kamu agar lancar karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Di manapun negara yang kamu injak, kamu bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

  • Menyiapkan Berkas

Nah, berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendapat beasiswa tidak sedikit seperti kartu keluarga, NISN (jika lulusan SMA), nilai ujian, dan lain-lain. Terlebih jika kamu mengincar beasiswa luar negeri. Berkas yang dibutuhkan biasanya harus diterjemahkan dari penerjemah tersumpah serta bukan tidak mungkin kamu diminta membuat CV atau portofolio untuk mempermudah verifikator mengenal calon penerima beasiswa.

  • Perbanyak Prestasi

Berhubungan dengan portofolio, beasiswa lebih cenderung diberikan kepada seseorang yang berprestasi. Oleh sebab itu, selagi kamu belum lulus, perbanyak prestasi dengan mengikuti olimpiade atau kompetisi-kompetisi supaya portofolio ciamik dan memperbesar mendapat peluang beasiswa.

  1. Teliti Berkas Sebelum Dikirim

Hal yang tidak kalah penting adalah meneliti aplikasi sebelum dikirim. Bisa saja secara tidak sadar kamu lalai terhadap persyaratan beasiswa yang banyak. Jika kamu sudah yakin, kirimlah berkas sesuai petunjuk.

Itulah cara mendapatkan beasiswa kuliah yang dapat kamu terapkan. Ingat! Mendapat beasiswa tidak bisa kamu lakukan dengan asal-asalan. Semua proses, persiapan, kerja keras, dan semangat. Jadi, bagi sobat WE+ yang ingin mendapatkan beasiswa, semoga tips diatas bisa membantu kalian ya! 

Penulis: Raka 20 Sep 2021 70