Kamu Tidak Percaya Diri? Lakukan Hal Ini untuk Bangkitkan Percaya Dirimu!

Kamu Tidak Percaya Diri? Lakukan Hal Ini untuk Bangkitkan Percaya Dirimu!

Memiliki rasa percaya diri merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh semua orang. Namun, realitanya tidak semua orang memiliki rasa percaya diri. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena pengalaman di masa lalu yang membuatnya trauma. 

Meski begitu rasa trauma tersebut harus dilawan karena rasa percaya diri sangat dibutuhkan, terutama dalam mengambil keputusan, bertindak di depan umum dan sebagainya. Lalu bagaimana jika tidak percaya diri? Inilah beberapa hal yang bisa sobat WE+ lakukan. 

Cara Untuk Membangkitkan Rasa Percaya Diri 

Rasa percaya diri memangs sangat penting untuk dimiliki. Jika kamu tidak percaya diri, lakukan hal ini untuk bangkitkan rasa percaya dirimu. 

  1. Jangan Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain 

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membangkitkan rasa percaya diri adalah berhenti untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Baik itu persoalan prestasi, penampilan ataupun pencapaian yang sudah diraih. Perlu kamu ingat bahwasanya hidup bukanlah perlombaan. 

Ketika kamu sedang iri dengan kehidupan orang lain, sebaiknya segera ingat apa saja yang dimiliki dan diraih dengan usaha dan kerja keras. Untuk mencegah munculnya rasa iri sebaiknya jangan terlalu sering membuka media sosial. Ini dikarenakan membuka media sosial akan memberikan peluang untuk membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain yang terlihat sempurna. 

  1. Bangun Pola Pikir Positif

Rasa percaya diri harus dibangkitkan dengan cara membangun pola pikir positif. Apabila kamu ingin melakukan sesuatu tetapi merasa tidak akan bisa melakukannya, mulai sekarang buang pikiran seperti itu. kamu harus mulai untuk memiliki pola pikir positif sehingga tidak akan ragu untuk melakukan suatu hal. Katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa belajar dan melakukan apa saja yang di mau.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Lakukan Hal-hal yang kamu Sukai 

Apabila kamu memiliki banyak waktu luang sebaiknya dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan positif, salah satunya melakukan hal-hal yang disukai. kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan waktu yang dimiliki untuk mempelajari keterampilan baru atau menggeluti hobi baru. 

Melakukan hal-hal yang disukai akan menciptakan rasa bahagia dan membangkitkan rasa percaya diri. Selain itu, juga akan menguasai keterampilan baru. Dengan begini maka kamu akan lebih fokus pada hal-hal positif dibandingkan dengan sibuk mencari kekurangan diri sendiri. 

  1. Kenali Kekurangan dan Kelebihan yang Dimiliki 

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun, tidak semua kekurangan pada diri sendiri akan membuatmu menjadi orang yang pesimis melainkan bisa dijadikan motivasi untuk lebih maju. Jika kamu memiliki kekurangan sehingga sering membuatmu melakukan kesalahan, jangan anggap itu sebagai suatu kebodohan. 

Kesalahan yang pernah dilakukan bisa dijadikan pengalaman dan motivasi untuk lebih baik lagi. Alangkah lebih baik jika kamu fokus pada kelebihan yang dimiliki dan kembangkan kelebihan tersebut untuk meraih apa yang diinginkan.

  1. Berteman dengan Orang-orang yang Positif

Dengan siapa kamu berteman juga memberikan pengaruh pada rasa percaya diri yang dimiliki. Apabila kamu berteman dengan orang-orang negatif yang suka menjatuhkan mu dan membuatmu merasa berkecil hati, sebaiknya jauhi orang-orang tersebut.

Mulai sekarang kamu harus lebih selektif dalam memilih teman. Disarankan untuk memilih teman yang positif dan selalu menghargai apa yang kamu lakukan. Teman yang positif dan suportif tentu saja akan memudahkan kamu dalam membangkitkan rasa percaya diri.

Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk membangkitkan rasa percaya diri. Rasa percaya bisa ditanamkan atau dibangun sejak masih kecil. Meski begitu, rasa percaya diri juga bisa dibangun atau dibangkitkan saat usia sudah remaja atau dewasa. 

Penulis: Raka 17 May 2022 204