Ketahui Apa itu Spooring Mobil dan Fungsinya

Ketahui Apa itu Spooring Mobil dan Fungsinya

Dalam dunia perawatan mobil, istilah spooring mobil memang sudah tidak asing lagi. Spooring dapat diartikan sebagai kegiatan yang berfungsi untuk meluruskan roda antara bagian depan dan bagian belakang. Seperti yang kita tahu, bahwa ban mobil merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika menggunakan mobil. Lalu, kapan waktu terbaik untuk melakukan Spooring Untuk Mobil kita?

Kenali 5 Tanda Berikut untuk Melakukan Spooring Mobil

1. Setir Bergetar saat Berkendara

Sobat WE+, saat kamu sedang mengendara dan terlihat setir bergetar maka itu tandanya kamu harus waspada. Pasalnya, setir yang bergetar menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan ban depan. Bahkan hal ini bisa sangat mengganggu kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Saat kamu merasakan tanda-tanda ini, maka itulah saatnya kamu melakukan spooring pada mobil agar ban bagian depan diperbaiki sehingga tidak menimbulkan setir bergetar saat mobil dikendarai.

2. Mobil Belok Sendiri saat Melaju Lurus

Kondisi berikutnya yang membuatmu wajib melakukan spooring pada mobil adalah saat terjadi “keanehan” pada mobilmu. Keanehan ini menjadi tanda paling nyata bahwa memang ada yang tidak beres pada mobilmu. Ketika kamu sedang mengendarai mobil dengan setir lurus, coba rasakan apakah mobil akan berbelok sendiri atau masih dalam keadaan stabil dengan mengikuti arus jalanan. Jika mobil cenderung berbelok ke arah tertentu dengan sendirinya, maka ini adalah indikasi kamu harus segera memperbaiki dan melakukan spooring pada mobil.

3. Setir Terasa Lebih Berat dari Biasanya

Masalah berikutnya yang bisa mengindikasikan kapan waktunya mobil kamu harus melakukan spooring adalah saat setir terasa lebih berat dari biasanya. Tentunya hal ini akan mengganggu kenyamanan saat berkendara. Melihat setir merupakan komponen utama yang sangat mempengaruhi keselamatan saat berkendara.

Bisa dibayangkan, bagaimana jadinya saat setir yang seharusnya membuat berkendara kita menjadi nyaman dan aman justru malah sebaliknya, menimbulkan masalah baru di jalan raya karena setirnya berat dan sulit untuk dikendalikan. Untuk itu, jangan lupa melakukan spooring mobil agar mobil bisa nyaman ketika dikendarai.

4. Terasa Goncangan Saat Membelokkan Mobil

Masalah yang sering terjadi ketika berkendara adalah terkadang merasakan adanya goncangan ketika sedang membelokkan mobil, padahal kondisinya jalannya lurus dan tidak berkerikil. Mungkin bagi sebagian orang hal ini dianggap biasa dan tidak begitu memperdulikannya.

Padahal, merasakan guncangan ketika membelokkan mobil merupakan salah satu indikasi kapan kamu harus melakukan spooring mobil. Fungsi spooring pada mobil sendiri dalam hal ini adalah menghindari keausan pada ban mobil yang tidak merata. Efek guncangan yang terasa ini, biasanya berasal dari ban mobil yang bergelombang dan tidak rata.

5. Ada Rasa Hilang Keseimbangan Mobil

Efek paling parah yang bisa saja muncul karena tidak adanya jadwal untuk spooring pada mobil adalah hilangnya keseimbangan mobil. Hal ini tentunya bisa sangat membahayakan nyawa dan keselamatan berkendara di jalan raya.  Untuk itu, pastikan kamu selalu mengontrol kondisi mobil sebelum memutuskan untuk berkendara ke tempat yang cukup jauh dengan mobil pribadi. Lakukan spooring dan pemeriksaan rutin secara berkala untuk memastikan jika mobilmu dalam keadaan kondisi yang baik-baik saja dan aman untuk digunakan.

Itulah tanda-tanda kapan saatnya kamu harus melakukan spooring mobil. Fungsi spooring mobil sendiri adalah dapat membuat berkendara menjadi lebih nyaman lagi, mengurangi suara decitan pada saat ban mobil berkelok, meningkatkan stabilitas kendaraan, dan juga menghemat penggunaan bahan bakar. Jadi, jangan lupa untuk melakukan spooring pada mobil kamu ya Sobat WE+. 

Penulis: Raka 21 Oct 2020 83