Cara Merawat mobil Agar Tetap Aman Saat Berkendara di Jalan

Cara Merawat mobil Agar Tetap Aman Saat Berkendara di Jalan

Macam-macam Cara Merawat mobil

Banyak sekali cara merawat mobil yang harus diterapkan oleh pemilik kendaraan. Hal tersebut harus dilakukan sebaik mungkin supaya kendaraan selalu dalam kondisi terbaik sehingga tidak khawatir macet ketika berada dalam perjalanan jauh. Inilah beberapa cara merawat mobil agar tetap aman di jalan raya:

  1. Mengganti Oli mobil

Cara merawat mobil yang pertama adalah dengan mengganti oli mobil. Ada dua jenis oli yang harus diperhatikan dan diganti secara berkala oleh pemilik kendaraan yakni oli mesin dan oli gardan. Oli gardan harus lebih sering diganti daripada oli mesin.

Jika oli tidak diganti secara berkala dengan tepat waktu, maka mobil akan kurang nyaman untuk dikendarai. Hal tersebut juga menyebabkan onderdil mobil yang lainnya rusak serta mobil pun mudah macet secara tiba-tiba.

  1. Mencuci mobil Secara Rutin

Selain kenyamanan mobil, kebersihannya pun juga harus diperhatikan dengan baik. Cucilah mobil minimal 2 minggu sekali saat musim panas. Jika musim hujan tiba, mobil akan cenderung mudah kotor. Oleh sebab itu, cucilah kurang lebih selama 21 minggu sekali saja dengan menggunakan shampo mobil yang aman agar tidak merusak cat mobil.

Di samping mencuci langsung dengan menggunakan air dan shampo, pemilik mobil juga harus merawat segala cat mobil dan onderdil mobil lainnya menggunakan cairan pembersih semprot. Ini akan memberikan perlindungan ganda terhadap kebersihan mobil yang dimiliki.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Service Mobil ke Bengkel Secara Berkala

Selama kurun waktu 6 bulan sekali, sebaiknya mobil diservis ke bengkel yang memang berkualitas. Hal ini tujuannya adalah untuk mengetahui semua performa mobil dan mengganti serta memperbaiki jika ada onderdil mobil yang sudah tidak berfungsi seperti halnya aki mobil, kanvas rem, dan lain-lain sebagainya.

Saat melakukan service mobil, benar-benar ganti dan perbaikilah komponen-komponennya yang rusak. Sebab, hal itu akan membahayakan pengendara dan penumpang jika tiba-tiba salah satu komponen mobil tidak berfungsi dengan baik ketika sedang berada di perjalanan jauh.

  1. Mengganti Ban Kendaraan Jika Sudah Tidak Nyaman

Ban adalah salah satu komponen mobil yang sangat penting. Maka dari itu, jika ban mobil sudah mulai tipis, jangan ragu untuk menggantinya. Ban tipis akan membahayakan pengendara daa hal tersebut dapat meletus secara tiba-tiba saat di jalan.

Jika sudah begini, maka penumpang dan pengendara mobil akan sangat repot. Tidak hanya itu, meletusnya ban di jalan raya tentu akan membahayakan pengendara mobil itu sendiri karena bisa menyebabkan kendaraan oleng. 

Tidak hanya itu, sobat WE+ juga bisa membawa selalu ban mobil cadangan yang dalam kondisi baik untuk berjaga-jaga ketika ban kempes atau meletus saat berada dalam perjalanan yang sulit akses dengan bengkel ban. 

Selalu rawat kendaraan dengan menerapkan cara merawat mobil yang telah disampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semua pembaca. Tidak merawat kendaraan sama dengan merugikan diri sendiri karena nanti harga jual kendaraan yang dalam kondisi kurang baik akan semakin berkurang. Di samping itu, hal tersebut bisa mencelakakan orang yang sedang mengendarainya. 

Penulis: Raka 08 May 2021 160