Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan

Tahukah sobat WE+ bahwa buah sirsak juga memiliki manfaat di daunnya? Manfaat daun sirsak bahkan sudah terkenal baik untuk kesehatan loh! Daun sirsak ini tidak hanya bagus dalam mengobati penyakit kanker saja, tapi masih banyak juga manfaat daun sirsak lainnya untuk kesehatan tubuh.

Biasanya pengolahan daun sirsak ini adalah dengan direbus dan air rebusannya diminum 3 kali sehari seperti mengkonsumsi obat. Kenapa daun sirsak punya banyak manfaat? Karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya sangat banyak. Sehingga cocok juga dikonsumsi oleh penderita kanker.

5 Manfaat Daun Sirsak yang Bisa Membantu Mengatasi Macam-macam Penyakit

Manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan tubuh ini sebenarnya banyak banget. Tapi mari kita bahas lima poin utama dari manfaat konsumsi daun sirsak ini ya Sobat WE+. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Mencegah dan Melawan Penyakit Kanker

Salah satu manfaat daun sirsak yang paling terkenal dan diketahui banyak orang adalah, mampu mencegah sekaligus melawan kanker. Kandungan acetogenin yang ada di dalamnya juga mampu menghambat atau melawan sel kanker yang masuk ke dalam tubuh. Hal itu juga dibuktikan dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh Faculty of Biotechnology and Biomolecular Sciences, Universiti Putra Malaysia. Yang telah membuktikan salah satu manfaat dari daun sirsak memang mampu mencegah atau melawan kanker.

2. Mengatasi Kolesterol

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah untuk mengatasi kolesterol. Kolesterol merupakan lemak yang diperlukan oleh tubuh tapi dengan kadar di atas normal. Kelebihan kolesterol bisa menyebabkan komplikasi penyakit yang berbahaya. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi di dalam daun sirsak maka hal itu bisa mengontrol kadar kolesterol berlebih.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Mengobati Peradangan

Peradangan biasanya terjadi jika sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh sendiri. Yang seharusnya mampu melindungi tubuh. Penyebabnya bisa apa saja, misalnya luka atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Kalau Sobat WE+ mengalami hal ini bisa diatasi dengan mengoleskan rebusan daun sirsak ke bagian yang luka. Bisa juga dengan meminum air rebusannya kalau yang kamu alami adalah diare atau demam.

4. Mengatasi Asam Urat

Daun sirsak juga dipercaya bisa mengatasi kondisi asam urat. Biasanya penyakit asam urat dialami oleh orang-orang yang sering konsumsi alkohol atau minuman mengandung gula. Nah, kamu bisa menggunakan daun sirsak ini dengan meminum air rebusannya. Minum selagi hangat setiap pagi jika ingin merasakan manfaatnya secara langsung. Dalam mengatasi asam urat tersebut.

5. Mencegah Penyakit Paru-paru

Manfaat terakhir dari daun sirsak adalah untuk kesehatan paru-paru. Senyawa acetogenin yang ada di dalam daun sirsak ini juga berfungsi dalam mencegah penyakit paru-paru. Baik paru-paru kering maupun basah. Untuk mengatasi penyakit paru-paru ini bisa juga dengan air rebusan daun sirsak. Sebaiknya keringkan daun sirsak tersebut di bawah matahari. Setelah itu baru bisa direbus dan airnya dikonsumsi 3 kali sehari secara rutin.

Meski memiliki banyak manfaat, ibu hamil dan menyusui akan sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi daun sirsak. Sebab, penelitian dan informasi mengenai daun sirsak sebagai obat herbal untuk ibu hamil dan menyusui belum memadai. Maka dari itu, akan jauh lebih baik jika ibu hamil dan menyusui menghindari konsumsi daun sirsak. 

Ternyata, kandungan yang terdapat pada daun sirsak ini memang ampuh dalam mengatasi segala penyakit ya sobat WE+. Tak heran jika manfaat daun sirsak juga sangat banyak dan bisa dikonsumsi oleh siapapun. Sobat WE+ bisa mencoba konsumsi air rebusan daun sirsak juga jika mengalami salah satu gangguan kesehatan seperti di atas. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Penulis: Raka 01 Feb 2021 286