Ketahui 5 Hal Penting Ini Sebelum Berkunjung ke Wisata Bromo

Ketahui 5 Hal Penting Ini Sebelum Berkunjung ke Wisata Bromo

Ketahui 5 Hal Penting Ini Sebelum Berkunjung ke Wisata Bromo

Pesona alam Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi bahkan sampai dikenal oleh turis mancanegara. Nah sobat WE+, wisata bromo menjadi salah satu destinasi yang sebaiknya tidak kamu lewatkan begitu saja. Pegunungan yang berada di wilayah Lumajang, Jawa Timur tersebut sangat populer dengan pemandangan sunset dan sunrise serta budaya lokal suku Tengger di sana.

Siapapun yang pernah berkunjung ke Bromo pastinya selalu kangen untuk datang lagi. Saking indahnya pemandangan gunung yang menjulang tinggi membuat Bromo disebut sebagai negeri di atas awan. Bagaimana tidak kalau di sana kamu bisa menyaksikan gunung yang tinggi diselimuti oleh awan putih di sekelilingnya. Nah, kalau kamu ingin ke Bromo siapkan diri mulai dari sekarang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Wisata ke Bromo

Sudah datang jauh-jauh ke Gunung Bromo tentunya kamu ingin melihat sendiri keindahan yang maksimal. Oleh sebab itu sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut ini kalau mau wisata ke Bromo.

  1. Datang Saat Musim Kemarau

Bromo terkenal dengan pemandangan cantik ketika matahari terbit (sunrise) dan juga saat tenggelam (sunset). Selain itu Bromo memiliki hamparan pasir yang sangat luas dan kawah-kawah menakjubkan. Kamu tentunya ingin bisa menikmati semua fenomena alam tersebut saat berada di Bromo.

Agar lebih maksimal menyaksikan semua pemandangan indah Bromo tersebut usahakan datang ke sana ketika musim kemarau. Terlebih lagi kalau pada awal musim kemarau karena kamu akan menemukan panorama terbaik dari Bromo di saat itu.

  1. Hindari Pergi Ketika Akhir Pekan

Memang kebanyakan orang melakukan perjalanan wisata ataupun traveling saat akhir pekan atau libur panjang. Tapi kalau kamu ingin bisa melihat dengan sepenuhnya pemandangan terbaik di Bromo sebaiknya sempatkan waktu pergi pada hari biasa di luar weekend ataupun pada masa liburan panjang.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Kalau kamu ke Bromo saat akhir pekan atau libur panjang pengunjung biasanya membludak sehingga kamu kurang bisa fokus menikmati alam. Bayangkan saja data yang pernah ada mencatat bahwa jumlah pengunjung Bromo saat weekend ataupun libur panjang bisa mencapai 27 ribu orang lebih. 

  1. Sewa Mobil Jeep

Bagi kamu yang memang sudah biasa naik gunung mungkin menikmati Bromo sambil berjalan adalah pilihan menyenangkan. Namun sebaiknya kamu sewa mobil jeep saja agar tidak kelelahan berkeliling area wisata Gunung Bromo. Apalagi kalau kamu pergi ke sana dengan rombongan berjumlah 4 orang.

Biaya penyewaan jeep sekitar Rp. 1,3 juta dan kamu sudah bisa berkeliling kawasan Bromo sepuasnya tanpa lelah. Dengan mobil jeep kamu bisa langsung melihat kawah Gunung Bromo, pasir berbisik dan padang savana yang sangat populer tersebut.

  1. Biaya Penginapan

Hal yang tidak kalah penting juga untuk kamu pikirkan adalah biaya penginapan selama di sana. Kamu memang bisa memilih tidak menginap di kawasan Bromo dengan ikut Bromo Midnight. Kamu akan berangkat pada tengah malam agar bisa menyaksikan sunrise dari Bromo. 

Kemudian setelah itu kamu bisa menyaksikan 6 spot terkenal di Bromo dan langsung turun siang harinya. Kamu bisa menginap di hotel ataupun penginapan yang berada di sekitarnya. Ada juga homestay yang disediakan oleh penduduk Tengger, pribumi di sana. Namun kalau sobat WE+ ingin perjalanan wisata yang nyaman, santai dan tidak melelahkan bisa menyewa penginapan yang ada di Malang. Tarif penginapan tidak mahal mulai dari Rp. 100 saja.

  1. Jangan Lupa Bawa Pelindung Diri

Sobat WE+ juga jangan lupa untuk membawa bekal pelindung diri seperti jaket, kacamata dan sunblock. Percayalah bahwa kamu akan sangat membutuhkan peralatan tersebut ketika berada di kawasan Gunung Bromo.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan kalau ingin pergi menikmati indahnya wisata Bromo. Baik dengan keluarga ataupun teman agar perjalanan traveling aman, lancar dan menyenangkan ya sobat WE+. 

Penulis: Raka 18 Jun 2021 196